You are here
Home > Kesehatan >

Wajib Tahu, Ini 7 Cara Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan Selama Pandemi

Cara menjaga kesehatan saat musim hujan selama pandemi
Bagikan

Ketika memasuki musim penghujan biasanya penyebaran penyakit sangat mudah terjadi, mulai dari pilek, flu, diare, hingga demam berdarah. Tentu saja hal ini, disebabkan karena kelembaban udara yang membuat kuman dan bakteri lebih mudah menyebar. Hewan perantara seperti nyamuk juga berkembang pesat di musim hujan. Namun agar kondisi fisik tubuh tidak menurun, berikut ini cara menjaga kesehatan saat musim hujan selama pandemi. 

Cara menjaga kesehatan saat musim hujan selama pandemi 

Cara menjaga kesehatan saat musim hujan selama pandemi
Menjaga kesehatan saat musim hujan selama pandemi. (Gambar: http://pexels.com)

Saat masa pandemi saat ini menjaga kesehatan di musim hujan menjadi sangat penting. Selalu dalam kondisi yang prima menjadi sangat penting agar terhindar dari tertularnya virus COVID-19. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan saat musim hujan selama masa pandemi, seperti dilansir dari laman Popmama:

1. Jaga asupan makan yang bergizi

Makanan bergizi merupakan pondasi penting untuk menjaga kesehatan tubuh tetap optimal. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi, sistem organ tubuh akan terpenuhi kebutuhannya. Jika kebutuhan nutrisi untuk tubuh terpenuhi maka tubuh akan kuat melawan kuman, bakteri, maupun virus.

2. Rutin melakukan olahraga

Saat musim hujan memang paling enak tetap berada di dalam selimut ya. Suasana juga lebih teduh sehingga terkadang membuat kita malas untuk beraktivitas. Dengan melakukan olahraga maka tubuh akan mendapatkan energi untuk beraktivitas. Dalam berbagai studi juga membuktikan bahwa berolahraga dapat memperbaiki mood. Hal terpenting ada, olahraga juga berperan dalam menjaga daya tahan tubuh. Melakukan olahraga akan membuat tubuh menjadi lebih hangat.

3. Menggunakan pakaian hangat

Cara menjaga kesehatan saat musim hujan selama pandemi
Menggunakan pakaian hangat. (Gambar: http://pexels.com)

Musim hujan seringkali membuat suhu udara menjadi lebih dingin. Oleh karena itu, memakai pakaian hangat sangat dianjurkan untuk digunakan saat musim hujan. Saat tubuh berusaha menghangatkan diri maka tubuh cenderung mengurangi aliran darah ke arah kaki dan hidung. Kondisi hidung yang dingin akan membuat virus dengan mudah berkembang. Itulah mengapa menjaga tubuh tetap hangat di musim hujan sangatlah penting.

Baca Juga:  Band JAVE! Ungkapkan Parasaan Cinta Lewat Lagu ‘Katakan’

4. Sedia payung saat bepergian dan batasi aktivitas di luar rumah

Jika mengharuskan untuk beraktivitas di luar rumah saat musim hujan seperti sekarang ini, usahakan untuk selalu siap sedia payung di dalam tas. Usahakan untuk menjaga kondisi pakaian tetap kering. Sebab, baju yang basah akan membuat suhu tubuh turun dan menyebabkan tubuh lebih mudah terserang flu atau pilek.

Jika tidak ada keperluan yang penting maka tetaplah berada di rumah. Di situasi pandemi seperti saat ini akan jauh lebih mudah tetap berada di rumah untuk menjaga diri dari risiko penularan virus.

5. Rajin mencuci tangan

Cara menjaga kesehatan saat musim hujan selama pandemi
Rajin mencuci tangan. (Gambar: http://pexels.com)

Tangan menjadi sumber penularan dan penyebaran virus paling cepat. Mungkin tanpa sadar kita akan memegang benda-benda yang terpapar oleh virus. Lalu, tangan kita menyentuh wajah dan membuat virus mudah masuk ke dalam tubuh. Hal itulah yang membuat para ahli kesehatan menganjurkan untuk rutin mencuci tangan. Terutama di masa pandemi ini, aktivitas mencuci tangan sangatlah penting. Tidak hanya untuk melindungi diri sendiri tapi juga orang-orang di sekitar kita.

6. Bersihkan tempat yang memungkinkan berkembangbiaknya nyamuk

Musim hujan adalah waktu dimana nyamuk akan dengan cepat berkembang biak. Itulah mengapa banyak orang yang terserang penyakit demam berdarah. Sebab, di musim hujan akan ada banyak lokasi genangan air dimana air adalah tempat terbaik untuk nyamuk berkembang biak. Saat musim hujan tiba, rajinlah untuk membersihkan tempat yang memungkinkan nyamuk berkembang biak. Terapkan 4M, yaitu 

  1. Menguras dan menutup tempat air
  2. Mengubur barang bekas yang dapat menampung air
  3. Memantau wadah yang bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak
  4. Menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan obat anti nyamuk, memasang kelambu tidur, dan sebagainya.
Baca Juga:  Pelanggar Prokes di Tangsel Dihukum Berdoa di TPU Khusus Covid-19

7. Istirahat yang cukup

Cara menjaga kesehatan saat musim hujan selama pandemi yang tak kalah penting dalam menjaga kesehatan di musim hujan adalah istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup akan membantu tubuh dalam memulihkan kondisi. Sehingga, kondisi tubuh akan tetap terjaga. Hal ini tentu akan membuat tubuh lebih mudah menangkal virus-virus jahat.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan saat musim hujan selama pandemi yang sebaiknya kamu lakukan. Memasuki musim hujan di tengah masa pandemi membuat kita harus lebih giat lagi untuk menjaga kesehatan. Selain mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan penularan COVID-19, beberapa upaya lain juga perlu dilakukan.

Baca juga: 5 Cabang Olahraga Olimpiade Tokyo 2020 yang Membuat Imunitas Tubuh Lebih Kuat


Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top