SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan7 Tips Belanja Aman di Masa Pandemi COVID-19

7 Tips Belanja Aman di Masa Pandemi COVID-19

Melakukan belanja bahan makanan keluar rumah seperti ke supermarket atau pasar tentu masih menjadi kegiatan yang rutin dilakukan oleh banyak orang. Namun perlu kamu perhatikan bahwa kondisi saat ini sudah berbeda, agar terhindari dari virus berikut ini tips belanja aman di masa pandemi COVID-19. 

Seperti yang kita tahu bahwa, semakin dekat dirimu berinteraksi dengan orang lain dan semakin lama interaksi terjadi, tentu akan semakin tinggi risiko penyebaran COVID-19. 

Lakukan yang terbaik untuk menjaga jarak sosial saat berbelanja dan apabila sudah merasa kondisi tubuh tidak sehat sebaiknya tinggal di rumah saja.  Berikut adalah beberapa cara untuk mempraktikkan belanja yang aman di tengah pandemi COVID-19 ini.

Tips belanja aman di masa pandemi COVID-19

1. Wajib menggunakan masker

Tips Belanja Aman di Masa Pandemi COVID-19
Menggunakan masker. (Gambar: http://pixabay.com)

Virus COVID-19 menyebar dari orang ke orang lain melalui tetesan pernapasan. Tetesan pernapasan tersebut bisa menyebar ke udara saat kamu batuk, bersin, berbicara, berteriak, atau bernyanyi. Tetesan ini kemudian dapat mendarat di mulut atau hidung orang yang berada di dekatmu atau mereka mungkin menghirup tetesan ini.

Menggunakan masker adalah penghalang sederhana untuk membantu mencegah tetesan pernapasan menular ke orang lain. Studi menunjukkan bahwa masker mengurangi semprotan tetesan saat dikenakan di hidung dan mulut. 

Melansir penjelasan dari laman CDC, kamu harus memakai masker, bahkan jika tidak merasa sakit. Pastikan maskermu menutupi hidung dan mulut, idealnya masker itu memiliki dua atau lebih lapisan.

Pasalnya, beberapa penelitian menemukan bahwa pengidap COVID-19 yang tidak pernah menunjukkan gejala atau asimptomatik dan belum menunjukkan gejala masih dapat menularkan virus ke orang lain. Mengenakan masker membantu melindungi orang-orang di sekitar Anda, jika Anda terinfeksi tetapi tidak menunjukkan gejala.

Sangat penting untuk memakai masker ketika berada di dalam ruangan dengan orang-orang yang tidak tinggal bersama dan ketika berada di tempat umum yang tidak dapat menjaga jarak setidaknya 6 kaki. 

2. Cuci tangan sebelum dan sesudah berbelanja 

Tips Belanja Aman di Masa Pandemi COVID-19
Mencuci tangan. (Gambar: http://pixabay.com)

Mencuci tangan dengan cara yang benar penting untuk mengurangi kuman menempel pada tubuh. Mencuci tangan sebelum berbelanja bahan makanan akan melindungi pembeli dan karyawan lain, sementara mencuci tangan setelah berbelanja bahan makanan akan membantu menghentikan penyebaran kuman yang mungkin kamu bawa selama perjalanan. 

Disarankan untuk menggunakan pembersih tangan, yang dibuat dengan setidaknya 60% alkohol, dapat membantu mengurangi kuman hingga dirimu dapat mencuci tangan kembali.

3. Lakukan belanja selama mobilitas rendah 

Tips Belanja Aman di Masa Pandemi COVID-19
Berbelanja bahan makanan. (Gambar: http://pixabay.com)

Akan lebih baik jika menelepon toko bahan makanan lokal dan menanyakan kapan waktu yang tepat untuk datang. Jam buka dan tutup toko mungkin berbeda selama pandemi COVID-19 ini, karena toko perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk inventaris baru, protokol pembersihan dan sanitasi.

4. Usahakan untuk membayar dengan kartu kredit atau debit

Tips Belanja Aman di Masa Pandemi COVID-19
Pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit. (Gambar: http://pixabay.com)

Jika terbiasa menggunakan pembayaran dengan uang tunai, di masa pandemi COVID-19 ini akan lebih baik jika membayar dengan kartu kredit atau debit. Walaupun memang terlihat sedikit rumit dibanding dengan biasanya, tetapi ada baiknya mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk membayar dengan kartu daripada uang tunai. 

Menghilangkan kebutuhan untuk menukar uang kertas dan koin memungkinkanmu menjaga jarak dan membatasi penyebaran kuman.

5. Desinfeksi permukaan 

Tips Belanja Aman di Masa Pandemi COVID-19
Desinfeksi permukaan. (Gambar: http://pixabay.com)

Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk membersihkan semua barang di rumah dan tidak perlu mendisinfeksi bahan makanan. CDC merekomendasikan untuk mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh di rumah. Setelah pulang dari toko dan menyimpan bahan makanan, ada baiknya membersihkan meja dan mengelap gagang lemari es. Lalu, pastikan juga agar kamu tidak lupa mencuci tangan.

6. Cuci tas belanjaan yang dapat digunakan kembali

Tips Belanja Aman di Masa Pandemi COVID-19
Mencuci tas belanjaan. (Gambar: http://pixabay.com)

Dirimu harus sering mencuci tas belanjaan yang dapat digunakan kembali. Meskipun virus corona bertahan lebih lama di permukaan yang keras, virus ini masih bisa bertahan di permukaan yang lembut seperti selimut, pakaian, dan tas jinjing.

Pastikan tetap menjaga diri dengan mematuhi protokol kesehatan. Usahakan tidak keluar rumah jika tidak memiliki kepentingan yang mendesak, ya. 

7. Lebih baik untuk mempertimbangkan belanja online 

Tips Belanja Aman di Masa Pandemi COVID-19
Belanja online. (Gambar: http://pixabay.com)

Terakhir, ada baiknya mulai saat ini kamu mempertimbangkan untuk berbelanja secara online. Belanja bahan makanan secara online menjadi cara aman untuk memastikan dirimu tidak keluar dari rumah dan berinteraksi dengan banyak orang. 

Adanya layanan pengiriman atau penjemputan bahan makanan sangat bermanfaat bagi populasi berisiko tinggi, seperti orang tua dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan kronis. Kamu juga dapat menghindari kontak dengan meminta orang yang mengantarkan belanjaan dan meninggalkannya di depan pintu.

Baca juga: 7 Tips Aman yang Wajib Dilakukan Usai Belanja di Masa Pandemi COVID-19

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular