SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Friday, September 22, 2023
spot_imgspot_img
HomeKesehatan7 Tips Aman yang Wajib Dilakukan Usai Belanja di Masa Pandemi COVID-19

7 Tips Aman yang Wajib Dilakukan Usai Belanja di Masa Pandemi COVID-19

Di masa sekarang, ketika dunia sedang berjuang untuk mengatasi pandemi COVID-19, orang menjadi lebih sadar dalam hal kesehatan dan kebersihan. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah kebersihan usai belanja di masa pandemi COVID-19.

Baik itu memakai masker atau sarung tangan atau membersihkan segala sesuatu sebelum menyentuh, memang semua ini telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Selain tindakan pencegahan tersebut, hal penting lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah menangani bahan makanan dengan sangat hati-hati. 

Barang kebutuhan sehari-hari yang kita beli dari luar ditangani oleh berbagai orang dan berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya. Dengan demikian, menjadi sangat penting untuk memperhatikan kebersihan barang-barang belanjaan dengan cara yang benar. 

Tips aman usai belanja di masa pandemi COVID-19

Berikut adalah 7 hal yang harus dilakukan usai belanja bahan makanan seperti dilansir dari laman Times of India

1. Cuci tangan sebelum masuk rumah

belanja di masa pandemi COVID-19
Mencuci tangan. (Gambar: http://pixabay.com)

Saat berada di tempat umum seperti pasar atau supermarket saat berbelanja, tubuh akan terpapar banyak bakteri dan partikel asing yang dapat membahayakan kesehatan. 

Demi mencegahnya sangat disarankan kamu selalu membawa pembersih di saku saat berbelanja bahan makanan dan menggunakannya sebelum memasuki rumah. Kemudian, saat berada di tempat umum, hindari menyentuh wajah dengan tangan, ya.

2. Letakkan barang belanjaan, kunci, ponsel, dan tas di lantai terlebih dahulu 

belanja di masa pandemi COVID-19
Barang belanjaan. (Gambar: http://pixabay.com)

Barang-barang yang kamu bawa dari luar rumah seperti tas belanjaan, kunci, dompet, dan ponsel adalah tempat tinggal kuman dan dapat bertahan di dalamnya selama beberapa jam. 

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak langsung membawa barang-barang di ke dalam rumah tetapi harus melewati proses desinfektan terlebih dahulu. Tas belanjaan harus didesinfeksi secara menyeluruh sebelum disimpan di meja dapur.

3. Langsung lepaskan pakaian dan sepatu 

belanja di masa pandemi COVID-19
Pakaian kotor. (Gambar: http://pixabay.com)

Usai berbelanja dan kembali ke rumah, sebaiknya kamu langsung letakkan pakaian kotor di keranjang pakaian, lepas sepatu di luar rumah, dan langsung bersihkan diri atau mandi. Masukkan pakaian ke dalam ember berisi air panas dan sabun. Sepatu harus dibiarkan di luar selama beberapa jam. Sebelum dibawa ke dalam untuk disimpan di rak sepatu, atau bisa disemprot disinfektan.

Baca juga: Berapa Lama Virus COVID-19 Menempel Pada Pakaian?

4. Jika memakai masker kain segera dicuci

belanja di masa pandemi COVID-19
Segera cuci masker kain. (Gambar: http://pixabay.com)

Banyak orang menggunakan masker kain setiap kali mereka pergi ke luar. Ini membantu menahan tetesan pernapasan yang dihasilkan akibat batuk, bersin, atau bahkan hanya menghembuskan napas agar tidak menyebar ke orang lain. Jadi, baiknya cucilah masker kain dengan air panas dan sabun setelah digunakan.

5. Sebelum membongkar barang belanjaan, cuci tangan sampai bersih

Dianjurkan untuk mencuci dan membersihkan tangan selama 20 detik sebelum membongkar barang-barang belanjaan bahan makanan. Cara ini memastikan agar kamu tidak memindahkan bakteri ke semua permukaan yang akan disentuh di rumah.

6. Cuci atau buang tas belanjaan 

belanja di masa pandemi COVID-19
Tas belanjaan. (Gambar: http://pixabay.com)

Journal of American Medical Association (JAMA) mengatakan, “Jika menggunakan tas belanjaan sekali pakai, buanglah begitu kamu berada di rumah. Tas yang dapat digunakan kembali dapat disimpan untuk digunakan nanti.” 

Jadi, jika kamu membawa barang belanjaan menggunakan plastik atau tas sekali pakai, segera buang setelah dikosongkan. Tetapi jika menggunakan tas belanjaan yang berbahan dasar kain, kamu bisa mencucinya menggunakan air panas dan sabun untuk menghilangkan bakteri yang menempel. 

7. Disinfeksi dan cuci tangan lagi setelah membongkar dan membuang tas belanjaan

Ada kemungkinan bakteri akan menempel di permukaan barang belanjaan yang baru saja kamu buka. Jadi, setelah membuka kemasannya dan membuang tas belanjaan sekali pakai, penting untuk mendisinfeksi dan mencuci tangan secara menyeluruh.

Itulah beberapa tips yang sebaiknya kamu lakukan usai berbelanja bahan-bahan makanan dari supermarket atau pasar. Hal itu perlu dilakukan untuk menghindari penyebaran virus COVID-19. Tak hanya usai belanja, saat berbelanja pun kamu juga wajib mengikuti protokol kesehatan yang sudah diterapkan agar tidak terjadi penularan virus.

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular