SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, April 18, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanIni 17 Manfaat Minyak Zaitun, Tak Cuma untuk Masak

Ini 17 Manfaat Minyak Zaitun, Tak Cuma untuk Masak

MediaGo – Manfaat minyak zaitun memang tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang terkenal dan banyak kegunaannya selain minyak kelapa sawit. Minyak zaitun atau minyak olive adalah minyak yang didapat dari penggilingan bunga zaitun yang merupakan tanaman asli Mediterania. Selain digunakan untuk memasak, minyak yang kaya akan kandungan nutrisi dan antioksidan tinggi ini, juga dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

manfaat minyak zaitun

Karena banyak mengandung nutrisi, minyak zaitun banyak digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan, dari mulai tubuh, wajah, hingga rambut. Minyak ini mengandung senyawa baik bagi kulit, yaitu vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic dan zat besi.

Selain mengandung vitamin, minyak zaitun juga mengandung elemen kimia seperti asam oleat, asam palmitat, dan squalene. Ketiga elemen tersebut adalah emolien yang menawarkan fungsi kualitas kelembutan untuk rambut ataupun kulit.

Kandungan Nutrisi di Dalam Minyak Zaitun

Di dalam 1 sendok makan atau setara 15 ml minyak zaitun, terdapat 120 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 13,5–14 gram lemak
  • 0,1 miligram kalsium
  • 0,1 miligram kalium
  • 0,3 miligram natrium
  • 1,9 miligram vitamin E
  • 8 mikrogram vitamin K

Meski banyak mengandung lemak, tetapi lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun merupakan jenis lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, asam oleat, omega 3, dan omega 6. Minyak zaitun juga mengandung kolin dan antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol.

30 Manfaat Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak sehat dan baik untuk kesehatan. Berkat beragam kandungan nutrisi dan antioksidannya, ada banyak manfaat minyak zaitun yang bisa kamu peroleh, antara lain:

1. Memutihkan wajah

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk kecantikan wajah, salah satunya adalah berguna untuk memutihkan wajah. Kandungan zat polifenol dalam minyak zaitun akan membantu untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan paparan ultraviolet atau radikal bebas. Minyak zaitun pun akan membantu menghilangkan sel kulit mati di wajahmu biar wajah tampak lebih bersih dan bersinar.

Dengan minyak zaitun, kamu tidak perlu lagi memakai produk pemutih wajah yang harganya sangat mahal ataupun melakukan suntik wajah agar wajah berubah menjadi lebih putih. Cukup dengan rutin menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka pelan tapi pasti, kamu akan mendapatkan wajah cerah secara natural.

2. Menyembuhkan jerawat

Sudah tak asing lagi jika manfaat minyak zaitun dapat mengatasi dan menyembuhkan kulit berjerawat. Sebab dalamnya terkandung vitamin E yang tinggi dan baik bagi kesehatan kulit serta rambut. Selain itu, sifat antiinflamasinya berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya.

Kandungan antibakteri minyak zaitun pun mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri. Antioksidan dalam minyak zaitun yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi yang biasa terjadi saat jerawatan.

Cara mengatasi jerawat dengan minyak zaitun cukup dengan cara mengoleskan minyak zaitun ke wajah yang berjerawat. Lalu dipijat perlahan selama 5 menit, dan pijat dengan agak kencang dan halus selama 10 menit. Diamkan sekitar 15 menit, dan cuci muka dengan air hangat. Lap dengan handuk kering, setelah itu kamu dapat melakukan pijatan sekali lagi hingga pori-pori lebih terbuka lagi. Untuk hasil yang maksimal dapat menggunakannya dua kali sehari.

3. Mengatasi kulit kering

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga minyak zaitun bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah. Minyak zaitun dapat menggantikan fungsi lotion wajah, lho. Dengan menggunakan minyak zaitun pada wajah, kamu akan memiliki kulit dengan kelembapan yang pas dan tidak perlu khawatir terhadap serangan radikal bebas yang bisa membuat kulit menjadi kering.

Sebab antioksidan juga berguna mengatasi radikal bebas dan mampu untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit. Cara memakainya ambil secukupnya minyak zaitun kemudian oleskan pada kulit wajah yang kering. Hal ini bisa kamu lakukan sering-sering, minyak zaitun yang alami malah dipercaya lebih baik bagi kesehatan kulit.

4. Menghilangkan bibir hitam

Bibir merupakan bagian dari wajah yang juga menjadi pusat perhatian. Ketika bibir menghitam, tentunya kamu akan merasa kurang percaya diri, kan? Setiap orang pasti ingin memiliki bibir merah merona yang sehat dan segar.

Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Ada kandungan vitamin E dan vitamin K pada minyak zaitun bisa digunakan untuk menghilangkan bibir hitam secara alami. Caranya cukup olesi bibir dengan minyak zaitun setiap hari.

5. Menghilangkan mata panda

Mata panda biasanya terjadi pada sebagian orang yang doyan begadang dan kurang tidur. Mata panda ini ditandai dengan menghitamnya area kelopak mata. Penampilan ini begitu mengganggu. Namun untuk menghilngkan mata panda kamu bisa menggunakan minyak zaitun.

Caranya oleskan minyak zaitun perlahan lahan pada bagian kelopak mata. Hati-hati ketika mengoleskannya, jangan sampai mengenai mata. Lakukan rutin agar maksimal hasilnya.

6. Menghilangkan kutil di wajah

Siapa bilang kutil tak bisa tumbuh di wajah, kutil dapat tumbuh dimana saja. Kutil adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam sel kulit dan menyebabkan iritasi. Biasanya juga menimbulkan rasa gatal yang amat sangat. Sayangnya, ketika digaruk, biasanya iritasi akan semakin parah dan malah sakit. Untuk menghilangkan kutil, kamu bisa menggunakan minyak zaitun.

Caranya oleskan langsung minyak zaitun pada bagian kutil dan diamkan beberapa menit. Lakukanlah sehari 3 kali, yakni pada pagi hari, siang dan malam hari sebelum tidur. Pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu.

7. Mengencangkan kulit wajah

Minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, agar tidak timbul keriput pada usia dini. Sebab itulah penggunaan minyak zaitun merupakan cara mengencangkan kulit wajah yang efektif.

Cara mengencangkan kulit dengan minyak zaitun ini membutuhkan madu sebagai campurannya. Campurkan minyak zaitun dan madu lalu dijadikan masker, setelah mengering, lakukan pijat sebentar, lalu cuci muka dengan air hangat.

8. Mengencangkan kulit wajah

Minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, agar tidak timbul keriput pada usia dini. Sebab itulah penggunaan minyak zaitun merupakan cara mengencangkan kulit wajah yang efektif.

Cara mengencangkan kulit dengan minyak zaitun ini membutuhkan madu sebagai campurannya. Campurkan minyak zaitun dan madu lalu dijadikan masker, setelah mengering, lakukan pijat sebentar, lalu cuci muka dengan air hangat.

9. Mencegah rambut beruban

Manfaat minyak zaitun lainnya adalah dapat menjadi bahan alami yang efektif untuk menghilangkan uban. Cara pemakaiannya pun mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke seluruh rambut, pijat sebentar, dan bungkus dengan handuk kering. Setelah itu, diamkan selama semalaman dan segera cuci rambut dengan menggunakan sampo pada pagi harinya. Jadi kamu bisa mencoba menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi uban pada malam hari sebelum tidur.

10. Mengatasi rambut rontok

Salah satu masalah rambut yang dialami oleh banyak orang yakni rambut rontok. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan alami.

Cara menggunakannya sangat mudah, kamu hanya perlu mencampur 1 sendok makan minyak kelapa dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Kemudian, oleskan ke kulit kepala sembari dipijat selama 15 menit. Bungkus rambut menggunakan handuk dan diamkan semalaman. Keesokan harinya segera bersihkan rambut dengan sampo dan air bersih.

11. Menghilangkan ketombe

Ketombe adalah kulit kepala yang terkelupas, terkadang ketombe juga disertai dengan rasa gatal yang sangat menggangu. Terkadang perawatan dengan sampo saja tidak cukup untuk mengatasi ketombe. Kamu memerlukan bahan alami lain yang dapat mengatasi ketombe, yakni minyak zaitun.

Kamu hanya perlu membuat masker untuk rambut berketombe dengan mencampurkan 4 sendok makan minyak almond. Oleskan masker ke seluruh bagian rambut dan pijat-pijat selama 15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air dan sampo dengan bersih.

12. Mengembalikan kilau alami rambut

Selain kelemabapan rambut kembali, hasil akhir yang bisa kamu dapatkan adalah rambut terlihat sehat dan berkilau. Selain vitamin E dan K, minyak zaitun juga kaya akan vitamin A dan antioksidan. Kandungan tersebut dapat melindungi keratin pada rambut dan menahan kelembapannya. Kamu cukup menggunakan minyak zaitun sebagai kondisioner setelah keramas, lalu bilas dengan air bersih.

13. Bantu turunkan berat badan

Berat badan berlebih membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Nggak heran jika banyak orang berlomba-lomba mencari cara agar berat badannya bisa turun.

Kamu bisa mencampurkan minyak zaitun ke dalam makanan sehat untuk diet, ataupun meminumnya secara langsung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania yang kaya minyak zaitun, memiliki efek dapat membantu menurunkan berat badan.

14. Menghilangkan stretch mark

Manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah untuk menghilangkan stretch mark pasca melahirkan ataupun alami kenaikan berat tubuh. Kamu bisa mengatasi stretch mark dengan pijatan yang memakai minyak zaitun. Gabungan pijatan lembut serta minyak zaitun bisa tingkatkan aliran darah hingga menolong pergantian sel baru.

15. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Pola makan sehat dengan rutin menggunakan minyak zaitun saat mengolah atau sebagai campuran makanan, dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh.

Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Antioksidan juga diketahui dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

16. Mengatasi sembelit

Sembelit membuat seseorang jadi susah buang air besar. Penumpukan kotoran dalam perut biasanya akan membuat perut terlihat buncit. Untuk mengatasi sembelit, kamu bisa minum 1 sdt minyak zaitun setiap hari selama empat minggu untuk membuat tinja melunak.

Minyak zaitun ini memiliki khasiat sama dengan minyak mineral pelunak tinja pada umumnya. Maka dari itu minyak zaitun bisa mengatasi sembelit secara alami.

17. Merangsang pertumbuhan kuku

Manfaat minyak zaitun yang terakhir adalah dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan kuku. Caranya, campur minyak zaitu dengan jus tomat. Biotin dalam tomat dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan kuku secara alami.

Oleskan campuran ini pada kuku dan kutikula, atau kamu juga bisa merendam kuku dalam campuran ini selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu untuk meningkatkan pertumbuhan kuku.

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun selain digunakan untuk memasak. Beberapa manfaat di atas bisa kamu rasakan jika menggunakannya secara teratur.

CopyAMP code
Fitrianingsih
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular