You are here
Home > Kesehatan >

9 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh

Buah naga juga dikenal dengan sebutan pitaya, yang hanya tumbuh di daerah tropis. Buah ini memiliki kulit yang merah cerah dan daging buahnya yang manis berbintik-bintik. Tampilannya yang unik tentu membuatnya populer di kalangan pecinta kuliner. Selain memiliki rasa yang lezat, ternyata juga ada deretan manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh.

Manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh 

Melansir penjelasan dari laman Hello Sehat, berikut ini beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui:

1. Mengurangi risiko kanker

Senyawa antioksidan di dalam buah naga, baik dari likopen maupun hydroxycinnamates, juga memiliki khasiat untuk membantu mencegah kanker. Dilansir dari Food Insight, beberapa penelitian menemukan fakta bahwa mengonsumsi makanan mengandung likopen dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat, kanker payudara, dan kanker paru.

2. Mampu menjaga kulit agar tetap kencang dan elastis

Manfaat buah naga untuk kesehatan
Menjaga kesehatan kulit. (Gambar: http://pexels.com)

Sumber antioksidan yang terdapat dalam buah naga ternyata juga baik bagi kesehatan kulit. Antioksidan sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis, sehingga dapat membantu mengurangi tanda penuaan kulit. Selain itu tingginya kandungan vitamin C serta berbagai senyawa bioaktif di dalamnya dapat menjaga kulit.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Buah naga juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Ini bisa terjadi karena kandungan likopen, betalain, serta serat yang ada di dalam buah naga. 

Tak hanya itu, biji yang ada di daging buah naga pun kaya akan lemak omega-3 dan omega-9 yang baik untuk kesehatan jantung, sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi buah naga juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini bisa diperoleh karena vitamin C serta senyawa antioksidan lainnya yang terkandung di dalam buah naga, baik buah naga merah maupun putih. Adapun antioksidan membantu tubuh mencegah kerusakan sel, yang merupakan penyebab munculnya berbagai penyakit. 

Baca Juga:  Banyak yang Belum Tahu, Ini 5 Manfaat Buah Karsen Untuk Tubuh

5. Mengontrol kadar gula darah

Kandungan serat dalam buah naga juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Ini dilakukan dengan menekan lonjakan gula yang terjadi setelah seseorang makan makanan dengan indeks glikemik tinggi. 

Tak hanya itu, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Plos One pada tahun 2016 pun menemukan fakta bahwa, pitaya dapat melawan resistensi insulin pada tikus, yang merupakan salah satu penyebab diabetes.

6. Menurunkan berat badan

Manfaat buah naga untuk kesehatan
Menurunkan berat badan. (Gambar: http://pexels.com)

Bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan, mengonsumsi buah naga bisa menjadi pilihan camilan sehat sehari-hari. Pasalnya, buah naga kaya akan serat dan rendah kalori, sehingga aman bagi yang sedang dalam program penurunan berat badan. 

Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan rendah kalori, kamu akan merasakan kenyang lebih lama, sehingga akan makan lebih sedikit. Sejalan dengan ini, kamu pun bisa terhindar dari obesitas.

7. Meredakan batuk dan flu

Sejalan dengan khasiat di atas, buah naga juga dapat membantu meredakan batuk dan flu karena kandungan vitamin C di dalamnya. Meski ini bukan pengganti obat, tetapi buah naga dapat membantu menurunkan penderitaan yang kamu alami. 

Pasalnya, mengonsumsi makanan atau buah mengandung vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan.

8. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh
Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. (Gambar: http://hopkinsmedicine.com)

Kandungan serat dalam buah naga juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Mengonsumsi makanan berserat bisa membantu mengontrol gerakan usus, sehingga kamu bisa mencegah sembelit. Selain itu, buah naga juga mengandung oligosakarida, yaitu salah satu jenis prebiotik yang baik untuk sistem pencernaan.

9. Menjaga kesehatan tulang

Buah naga juga mengandung berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Mineral ini, termasuk magnesium, kalsium, dan fosfor. Menurut Food Revolution Network, satu cangkir potongan buah naga mengandung 80 mg magnesium, yaitu seperempat dari rekomendasi harian minuman.

Baca Juga:  4 Manfaat Push Up Untuk Wanita, Kalian Harus Tahu!

Agar mendapatkan manfaat dan khasiat yang optimal dari buah naga, sebaiknya kamu mengonsumsi langsung potongan buah ini. Apalagi, buah naga sudah memiliki rasa manis yang pas saat Anda konsumsi, sekaligus menyegarkan, serta lembut.

Tetapi kamu pun bisa mengonsumsi buah naga dalam bentuk olahan yang lain, lho. Seperti mengolah buah naga menjadi jus, smoothies, salad, atau dicampur dengan oatmeal untuk sarapan pagi.

Baca juga: Aman dan Ampuh, Ini 5 Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top