SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, April 11, 2024
spot_imgspot_img
HomeKecantikanAman dan Ampuh, Ini 5 Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

Aman dan Ampuh, Ini 5 Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

Tak hanya sekadar membuat gatal dan tidak nyaman, ketombe juga bisa menurunkan percaya diri. Kulit kepala yang gatal dan mengelupas adalah tanda khas dari ketombe, tetapi juga dapat menyebabkan gejala lain seperti bercak berminyak di kulit kepala dan kulit kesemutan. Agar tidak semakin bertambah parah, maka Anda harus tahu cara mengatasi ketombe secara alami. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan 3 Minyak Ampuh, Anda Wajib Coba!

Berikut selengkapnya tentang beberapa hal yang menyebabkan ketombe pada rambut dan cara mengatasi ketombe secara alami yang ampuh!

Penyebab ketombe pada rambut 

Apa-yang-Menyebabkan-Ketombe-di-Kulit-Kepala

Ketombe adalah kondisi umum yang menyebabkan kulit di kulit kepala mengelupas. Itu tidak menular atau serius, tetapi bisa membuat kamu tidak percaya diri dan memang sulit diobati.

Ketombe ringan dapat diobati dengan sampo harian yang lembut. Jika tetap tidak berhasil, sampo yang mengandung obat dapat mengatasinya atau bahkan dengan bahan-bahan alami. 

Ketombe dianggap sebagai bentuk ringan dari dermatitis seboroik. Pada bayi, dermatitis seboroik disebut cradle cap. Melansir penjelasan dari laman Mayo Clinic, berikut ini beberapa penyebab ketombe muncul pada rambut: 

  • Kulit iritasi dan berminyak. 
  • Tidak cukup keramas. 
  • Jamur mirip ragi (malassezia) yang memakan minyak di kulit kepala kebanyakan orang dewasa. 
  • Kulit kering. 
  • Kepekaan terhadap produk perawatan rambut (dermatitis kontak). 
  • Kondisi kulit lainnya, seperti psoriasis dan eksim. 

Cara mengatasi ketombe secara alami

Cara mengatasi ketombe secara alami
Cara mengatasi ketombe. (Gambar: http://healthline.com)

Meskipun ada banyak produk yang dijual bebas yang dirancang untuk mengobati ketombe, pengobatan alami bisa jadi lebih efektif daripada kamu harus menggunakan bahan-bahan kimia lho. Berikut adalah 5 cara mengatasi ketombe secara alami:

1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh terbukti memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang kuat, yang dapat membantu meringankan gejala ketombe. 

Minyak pohon teh efektif melawan jenis jamur tertentu yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe. Kamu dapat mengaplikasikan minyak pohon dengan meratakannya di atas rambut dan kulit kepala, diamkan selama 15-30 menit kemudian bilas.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan, yang dapat memperburuk ketombe. Sebuah penelitian kecil terhadap 34 orang menunjukkan bahwa minyak kelapa sama efektifnya dengan minyak mineral dalam meningkatkan hidrasi kulit. Minyak kelapa dapat digunakan seperti masker rambut, kemudian didiamkan dan bilas dengan sampo seperti biasa. Tidak heran kalau minyak kepala juga merupakan cara mengatasi ketombe secara alami.

3. Lidah buaya

Sifat antibakteri dan antijamur lidah buaya dapat membantu melindungi dari ketombe. Lidah buaya juga sering ditambahkan ke dalam salep kulit, kosmetik atau lotion. Cukup ambil beberapa batang lidah buaya, ambil daging dan haluskan menjadi jeli lalu oleskan pada permukaan kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air dingin. Ulangi hingga 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Cuka sari apel juga sering digunakan sebagai cara mengatasi ketombe secara alami. Keasaman cuka dipercaya dapat membantu merangsang pelepasan sel-sel kulit mati di kulit kepala. Cuka sari apel juga dikatakan menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur yang dapat melawan ketombe. Kamu bisa mengaplikasikannya seperti menggunakan masker rambut pada umumnya.

5. Soda kue

Soda kue dapat bertindak sebagai exfoliant lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi rasa gatal. Soda kue juga memiliki sifat antijamur yang bisa bermanfaat dalam pengobatan ketombe. Tambahkan soda kue dengan perasaa jeruk nipis atau sedikit air, kemudian aplikasikan di atas permukaan kepala yang terdapat ketombe, diamkan sebentar lalu bilas dengan air dingin.

Baca Juga: Aman dan Ampuh, Ini Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah yang Tepat!

Selain mengatasi ketombe dengan bahan-bahan di atas, penting untuk mencari tahu penyebab utama ketombe, yang bisa disebabkan stres, kurang nutrisi, atau ada kelainan pada kulit kepala dan sebagainya. Jadi jika akan lebih mudah untuk mengatasinya jika sudah diketahui penyebabnya.

Faktor-faktor yang meningkatkan risiko ketombe pada rambut

Cara-Menghilangkan-Ketombe-Secara-Alami-yang-Ampuh

Hampir semua orang pasti pernah mengalami ketombe pada rambut, tetapi faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami ketombe: 

1. Usia

Ketombe biasanya dimulai pada masa dewasa muda dan berlanjut hingga usia paruh baya. Itu tidak berarti orang dewasa yang lebih tua tidak mengalami ketombe. Bagi sebagian orang, masalahnya bisa seumur hidup.

2. Laki-laki

Karena lebih banyak pria yang memiliki ketombe, beberapa peneliti berpikir bahwa hormon pria mungkin berperan.

3. Penyakit tertentu

Penyakit Parkinson dan penyakit lain yang mempengaruhi sistem saraf juga tampaknya meningkatkan risiko ketombe. Begitu juga dengan HIV atau sistem kekebalan yang melemah.

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Rambut Agar Tidak Mudah Rontok

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular