You are here
Home > Kesehatan >

PeduliLindungi Bisa Diakses di 9 Aplikasi Ini, Apa Saja?

pedulilindungi

MediaGo  Aplikasi PeduliLindungi membantu masyarakat sekaligus pemerintah Indonesia, untuk melacak penyebaran covid-19. Selain itu ada fungsi lain yang sama pentingnya yaitu dapat dipakai untuk mengakses sertifikat vaksin. Beberapa tempat umum pun kini menerapkan scan QR code dengan memakai PeduliLindungi sebelum memasuki lokasinya.

Nah, sebagai langkah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam mengakses sertifikat vaksin dan juga scan QR code, PeduliLindungi mulai Oktober 2021 ini dapat dilihat lewat berbagai aplikasi. Lalu seperti apa ya PeduliLindungi di aplikasi lain? Berikut penjelasan selengkapnya.

Berbagai Fitur PeduliLindungi di Aplikasi Lain

Meskipun terdengar mudah dan dapat diakses di mana saja, nggak jarang PeduliLindungi ternyata juga menuai kendala bagi sebagian orang, ya. Salah satunya kesulitan untuk mengakses berbagai fitur yang ada di dalamnya. Buat memudahkan masyakarat, pemerintah pun memutuskan untuk menambahkan PeduliLindungi lewat aplikasi lain.
Seperti diungkap oleh Setiaji selaku Chief Digital Transformation Office Kemenkes yang dilansir dari berbagai sumber, melalui opsi adanya fitur PeduliLindungi di aplikasi lain bisa memudahkan masyarakat yang kesulitan saat mengakses atau tidak menginstal aplikasi PeduliLindungi.

Fitur yang Tersedia di Aplikasi Lain Berbeda

Meski begitu, fitur yang tersedia di aplikasi lain pun tetap berbeda dengan versi asli dari PeduliLindungi. Kalau di PeduliLindungi kamu bisa mengakses banyak fitur seperti lokasi penyebaran covid-19, pendaftaran vaksin, hingga sertifikat vaksin. Berbeda dengan peduliLindungi yang ada pada aplikasi lain, karena memiliki keterbatasan akses.

Melansir dari CNN Indonesia, PeduliLindungi di aplikasi lain adalah versi beta kedua, sehingga hanya bisa memindai scan QR code untuk masuk ke berbagai tempat umum. Seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, bank, hingga lokasi lainnya. Lalu ada aplikasi apa sajakah yang bisa mengakses fitur PeduliLindungi?

Fitur Scan QR Code PeduliLindungi di Aplikasi Lain

pedulilindungi

Buat kamu yang kesulitan mengakses PeduliLindungi atau memang tidak menginstalnya karena alasan tertentu, mulai bulan Oktober ini kamu bisa membukanya lewat aplikasi lain. Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, fitur PeduliLindungi di aplikasi lain memanglah terbatas.

Tapi tetap bisa membantu kamu saat membutuhkan akses scan QR code sebelum masuk ke area publik, lho. Kamu pun hanya perlu membuka salah satu aplikasi yang terintegrasi dengan PeduliLindungi agar bisa check-in lewat scan QR code saat masuk ke lokasi tertentu.

Nah, namun kalau kamu ingin mengakses fitur lain yang lebih lengkap seperti melihat penyebaran covid-19, mendaftar vaksinasi, hingga cek sertifikat vaksin dapat mengaksesnya secara langsung di aplikasi Pedulilindungi.

Daftar Aplikasi yang Punya Fitur PeduliLindungi

  1. Gojek
  2. Tokopedia
  3. Grab
  4. Jaki
  5. Dana
  6. Link Aja
  7. Traveloka
  8. Tiket
  9. Cinema XXI

Cara untuk dapat melakukan scan QR code di aplikasi lain bisa kamu lihat di halaman depan tiap aplikasinya. Di bagian home atau halaman depan nantinya kamu akan melihat logo PeduliLindungi, ya.

Kamu cukup menekannya, kemudian akan diarahkan untuk mengisi Nama Lengkap dan NIK sesuai KTP. Selanjutnya kamu pun bisa menekan tombol ‘Lanjut Scan QR’ untuk melakukan scan QR code sesuai yang ada di masing-masing lokasi. Lantas masih amankah PeduliLindungi yang terintegrasi di berbagai aplikasi?

Pemerintah Menjamin Data PeduliLindungi di Aplikasi Lain

Adakah di antara kamu yang bertanya-tanya, amankah data kita saat mengakses PeduliLindungi di aplikasi lain? Kemenkes pun menjamin data pengguna PeduliLindungi, tetap aman meski kini telah diintegrasikan ke berbagai aplikasi mitra. Seperti dikutip dari sumber lain, data pengguna Pedulilindungi yang dibagikan pada aplikasi mitra telah terenskripsi sekaligus terlindungi secara hukum.

Selain itu, data pengguna yang dikirimkan ke aplikasi mitra juga tidak keseluruhan berisi data pribadi, ya. Kemenkes mengungkap informasi dari mitra justru akan dikirimkan pada PeduliLindungi untuk bisa melakukan pengecekan status penggunanya.

Selanjutnya, saat melakukan scan QR code dengan aplikasi lain, pengguna pun juga akan mengetahui status dirinya akan diperbolehkan masuk atau tidak ke lokasi itu.

Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

Top