You are here
Home > Tekno >

Cara Memulihkan Chat WA yang Terhapus, Jadi Gini…

cara memulihkan chat wa yang terhapus
Bagikan

MediaGo  Ada gak sih cara memulihkan chat WA yang terhapus? Pastinya ada dong! Nah, pernah nggak sih kamu secara tidak sengaja menghapus chat WhatsApp? Padahal kamu merasa chat tersebut penting, tapi jari-jari cantikmu malah tidak sengaja menghapusnya. Aduh, panik sekaligus kesal pasti jadi satu bukan?

Nah, sekarang nggak perlu lagi panik! Berikut ini cara kembalikan chat WhatsApp yang tak sengaja ke delete. Simak selengkapnya di sini ya!

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengingatnya, apakah kamu pernah dan selalu mengaktifkan opsi cadangan pesan? Jika kamu pernah melakukannya, maka aman. Karena chat bisa kembali lagi. Tapi, jika kamu tidak pernah mengaktifkannya maka chat tersebut memang tidak bisa dipulihkan.

Cara Memulihkan Chat WA yang Terhapus di Android

  • Settings > Chats > Chat Backups

Kamu dapat mengatur mode cadangan tersebut dari tidak pernah, harian, mingguan, bulanan, atau ketika kamu menginginkan dicadangkan saja. Pilih akun Google yang ingin digunakan untuk tempat penyimpanan.

Berikut cara pulihkannya:

  1. Buka File Manager lalu masuk ke folder WhatsApp > Database. Folder Database. Folder ini berisikan semua file cadangan WhatsApp yang telah disimpan secara lokal di smartphonemu.
  2. Lalu pilih msgstore.db.crypt12 lalu ganti menjadi msgstore_BACKUP.db.crypt12. Perubahan nama ini dilakukan agar tidak tertimpa dan membingungkanmu. Jika terjadi kesalahan maka kamu masih bisa mengganti nama file ini ke nama aslinya tadi.
  3. Setelah ini akan ada banyak file di folder database ini dalam format msgstor-YYYY-MM-DS.1.db.crypt12. Ini merupakan cadangan WhatsApp lama dan kamu bisa memilih yang terbaru dan mengganti namanya menjadi msgstore.db.crypt12.
  4. Buka Google Drive di smartphone dan klik ikon hamburger lalu klik backups setelahnya. Kemudian hapus cadangan WhatsApp, hal ini akan memaksa ponsel memulihkan cadangan lokal.
  5. Hapus aplikasi WhatsApp dan download ulang. Atur dan setelah selesai akan ada pengingat untuk memulihkan chat dari cadangan lokal.
  6. Terakhir, klik Restore dan selesai. Setelah ini kamu akan mendapatkan kembali obrolan yang dihapus tadi.
Baca Juga:  5 Akun Instagram Bertopik Teknologi yang Wajib Kamu Follow!

Cara Memulihkan Chat WA yang Terhapus di iPhone

cara memulihkan chat wa yang terhapus

Untukmu pengguna iPhone, caranya mirip-mirip saja kok! Buka Settings di WhatsApp > Chats > Chat Backup. Dengan ini kamu bisa memilih frekuensi Auto Backup atau Back Up Now untuk pencadangan secara manual ke iCloud.

Berikut cara pulihkannya:

  1. Hapus WhatsApp dari smartphone.
  2. Download WhatsApp kembali dan atur dengan nomor smartphonemu.
  3. Setelah aplikasi diatur, kamu akan mendapatkan pengingat yang meminta untuk memulihkan pesan dari cadangan cloud. Cadangan tersebut berasal dari Google Drive di Android dan iCloud di iOS. Selanjutnya klik Restore.
  4. Terakhir kamu akan terbawa pada pesan yang tidak sengaja terhapus tersebut. Perhatikan saat menerima pesan setelah pencadangan cloud terbaru dan menghapus, tidak ada cara untuk memulihkannya.

Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, itu dia cara memulihkan chat WhatsApp yang terhapus. Bagaimana, menurutmu cara di atas mudah dilakukan atau justru sulit nih?

Mudah sulitnya kembali lagi pada nilai pesan tersebut. Jika memang kamu merasa pesan tersebut sangat penting dan begitu berharga, tidak ada salahnya untuk dilakukan ya. Selamat mencoba, ya!


Bagikan
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top