You are here
Home > Kesehatan >

Begini Cara Dapat Obat Covid Gratis bagi Pasien Isoman

cara dapat obat covid gratis

MediaGo – Cara dapat obat covid gratis via Telemedicine untuk pasien Covid-19 isoman atau isolasi mandiri bagaimana prosedurnya? Berikut penjelasan lengkap tentang Telemedicine termasuk cara dapat obat covid gratis.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bekerja sama dengan 11 platform telemedicine secara daring untuk bisa menyediakan obat-obatan bagi masyarakat yang positif Covid-19 dan harus isolasi mandiri di rumah. Menkes Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, Kemenkes telah bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter danpengiriman obat secara gratis.

“Obat-obatan dibantu ditanggung oleh teman-teman telemedicine, startup, dan Kemenkes. Jadi saya ucapkan terima kasih kepada 11 platform telemedicine ada Halodoc, Getwell, Gooddoctor, Alodokter, dan lainnya dan semua ini diberikan secara gratis sebagai kontribusi dari 11 platform dan obat-obatannya dari Kemenkes,” jelasnya, Senin (5/7/2021).

cara dapat obat covid gratis

Menkes menjelaskan bahwa proses tersebut akan dilakukan berbasis elektronik. Adapun, paket obat akan dikirimkan untuk yang benar-benar tanpa gejala. Dia menambahkan pasien dengan gejala ringan seperti demam juga akan diberikan juga paketnya secara gratis.

“Paket-paket ini juga diintegrasikan dengan lab-lab PCR. Kalau teman-teman ingin melakukan uji PCR bisa dilakukan lewat telemedicine ini. Kalau positif bisa langsung diteruskan,” ungkap Budi.

Dalam kesempatan itu, Menkes pun menjelaskan kriteria pasien Covid-19 yang perlu masuk rumah sakit dan yang lebih baik tinggal di rumah. Sementara, jika sudah sesak atau saturasi oksigen di bawah 95 dan komorbid, jelas Menkes, pasien harus masuk rumah sakit.

“Kalau sudah memahami isolasi di rumah, kami paham teman-teman butuh konsultasi, butuh ketenangan bahwa diperhatikan dan tahu mereka menerima pengobatan yang benar. Untuk itu kita melakukan telemedicine,” jelas Budi.

Cara Dapat Obat Covid Gratis via Telemedicine

Mulai kemarin, Selasa (6/7/2021) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI resmi melakukan uji coba layanan telemedicine. Telemedicine adalah layanan telekomunikasi untuk pemberian obat medis gratis jarak jauh bagi pasien isolasi mandiri Covid-19 bagi warga DKI Jakarta.

Layanan telemedicine ini memungkinkan pasien isolasi mandiri untuk melakukan konsultasi hingga pengiriman obat secara gratis. Dalam mewujudkan program telemedicine, pemerintah telah bekerjasama dengan 11 platform digital layanan telemedicine di Indonesia.

Dilansir dari edaran Kementerian Kesehatan berikut cara dapat obat covid gratis via telemedicine Kemenkes:

  • Pasien melakukan tes PCR / swab antigen di laboratorium yang teraliasi dengan Kementerian Kesehatan RI. Jika hasil tesnya positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.
  • Catatan: Data ini wajib dilaporkan setiap lab penyedia layanan test COVID19 ke Kementerian Kesehatan. Kasus positif adalah pasien yang memiliki hasil positif tes PCR dari 7 hari kebelakang ATAU tes Swab Antigen positif dari dua hari terakhir.
  • Untuk sementara, program ini hanya berlaku untuk area DKI Jakarta
  • Pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 11 platform layanan telemedisin secara gratis dengan klik link yang terdapat dalam pesan WA dari Kemenkes RI dan memasukan kode voucher di aplikasi yang dipilih.
  • Lakukan konsultasi dokter dengan menginformasikan Anda adalah pasien program Kementerian Kesehatan.
  • Setelah melakukan konsultasi secara daring, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman, obat dapat ditebus gratis.
  • Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien harus mengirim pesan WhatsApp ke salah satu gerai apotek Kimia Farma
  • Pasien harus mengirimkan resep digital (PDF atau screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemedisin, KTP, dan alamat pengiriman ke nomor WhatsApp Kimia Farma yang dituju.
  • Obat dan/atau vitamin akan ditanggung oleh Kementerian Kesehatan sesuai dengan ketentuan.
  • Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan jasa pengiriman dari Si Cepat untuk mengambil obat dan/atau vitamin dari Apotek Kimia Farma dan mengirimkan ke alamat pasien.
  • Catatan: Hanya pasien dengan nomor terdaftar di database Kemenkes (NAR) dan memiliki kasus aktif yang berhak mendapatkan obat dan vitamin.

Daftar obat dan Vitamin yang Ditanggung Menkes

  1. Paket A (OTG):
  • Multivitamin C, D, E, Zinc: Dosis 1 x 1, jumlah 10
  1. Paket B (Ringan):
  • Multivitamin C, D, E, Zinc: Dosis 1 x 1, jumlah 10
  • Azitromisin 500mg: Dosis 1×1, jumlah 5
  • Aseltamivir 75mg: Dosis 2×1, jumlah 14
  • Paraseramol tab 500mg: Dosis jika perlu, jumlah 10

Nomor Telepon Kimia Farma sebagai Penyedia Obat

  1. Jakarta Timur : 08112223049
  2. Jakarta Utara : 08112221832
  3. Jakarta Pusat : 087877241590
  4. Jakarta Selatan : 0895324874355
  5. Jakarta Barat : 087877241405

11 Platform Layanan Telemedicine

  1. Alodokter
  2. GetWell
  3. Good Doctor
  4. Halodoc
  5. KlikDokter
  6. KlinikGo
  7. Link Sehat
  8. Milvik Dokter
  9. ProSehat
  10. SehatQ
  11. YesDok

Demikian informasi mengenai cara dapat obat covid gratis via Telemedicine untuk pasien Covid-19 isoman atau isolasi mandiri di wilayah DKI Jakarta. Semoga layanan ini segara dapat dirasakan bagi seluruh penduduk di Indonesia.

Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

Top