You are here
Home > Kesehatan >

Wajib Tahu, Ini Dampak Buruk Menahan Bersin Bagi Kesehatan Tubuh

Dampak buruk bagi kesehatan tubuh

Umumnya, seseorang mengalami bersin secara tiba-tiba dan sering tak tertahankan, bukan? Oleh sebab itu, ketika berada di tempat umum banyak orang lebih memilih menahan bersin agar tidak mengganggu. Namun perlu kamu tahu, bahwa menahan bersin menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, lho. Berikut ini penjelasan lengkap dampak buruk menahan bersin bagi kesehatan tubuh. 

Penyebab terjadinya bersin

Melansir penjelasan dari laman Alodokter, bersin merupakan cara alami tubuh untuk mengeluarkan atau membuang benda asing yang menyebabkan gangguan di hidung dan tenggorokan. 

Benda asing tersebut bisa berupa banyak hal, contohnya seperti debu, gas kimia, hingga virus atau bakteri. Alasan tersebut yang membuat bersin sebaiknya jangan ditahan. Dan berikut ini beberapa  hal yang dapat memicu terjadinya reaksi bersin, antara lain:

1. Iritasi dan peradangan pada hidung

Bersin juga bisa terjadi karena adanya iritasi atau peradangan di hidung, misalnya infeksi. Beberapa penyakit atau kondisi yang sering menyebabkan terjadinya bersin adalah pilek, flu, dan rhinitis.

Tak hanya itu saja, bersin juga bisa terjadi ketika seseorang menghirup zat atau gas yang dapat menyebabkan iritasi hidung, misalnya serbuk cabe atau lada. Ini dikarenakan kedua benda tersebut mengandung piperin, yaitu senyawa kimia yang menghasilkan rasa pedas.

2. Alergi

Alergi terjadi karena reaksi kekebalan tubuh yang berlebihan terhadap benda atau zat tertentu, misalnya kutu, tungau, bulu hewan, serbuk sari, asap rokok, parfum, atau debu.

Saat kamu terpapar faktor pencetus alergi, hidung akan terasa gatal dan tubuh akan berusaha untuk mengeluarkan pencetus alergi tersebut. 

3. Rangsangan pada wajah

Mencabut bulu di area wajah, seperti alis atau kumis, juga bisa memicu saraf pada wajah untuk mengirimkan sinyal bersin ke otak, sehingga menghasilkan reaksi bersin tersebut.

Baca Juga:  Work-Life Balance Berpotensi Besar terhadap Kesehatan Mental

4. Olahraga

Terakhir, berolahraga juga diketahui dapat memicu bersin. Hal tersebut terjadi dikarenakan saat berolahraga, aliran darah ke hidung akan berkurang dan membuat hidung menjadi lebih kering dan mudah bersin.

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, ada juga dampak buruk menahan bersin bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui.

Dampak buruk menahan bersin bagi kesehatan tubuh

Dampak buruk menahan bersin bagi kesehatan
Dampak buruk menahan bersin bagi kesehatan. (Gambar: http://thejakartapost.com)

Beberapa dari kamu mungkin saja merasa tidak enak untuk bersin karena khawatir mengganggu orang-orang di sekitar. 

Namun perlu kamu tahu, menahan bersin bukanlah hal yang baik untuk dilakukan, lho. Apabila menahan bersin, berikut ini beberapa dampak buruk yang akan terjadi pada kesehatan: 

1. Terjadi gangguan pendengaran

Saat hendak bersin, tekanan udara di hidung, tenggorokan, dan tuba eustachius di dekat telinga akan meningkat. 

Jika tubuh tidak mengeluarkan udara tersebut melalui bersin, tekanan udara yang tinggi di dalam rongga kepala bisa tertahan dan hal ini dapat mengganggu pendengaran.

2. Terjadi infeksi

Bersin berfungsi untuk membersihkan hidung dari berbagai benda asing di dalam hidung, termasuk bakteri dan virus. Apabila bersin sering ditahan, bakteri dan virus akan berdiam di dalam hidung, sehingga bisa menimbulkan infeksi. 

3. Memicu cedera hidung, mata, atau gendang telinga

Bersin yang tertahan akan membuat tekanan udara di dalam rongga wajah meningkat. Hal ini bisa membuat pembuluh darah kecil yang terletak di mata, hidung, dan sekitar gendang telinga berisiko untuk pecah.

Cedera ini bisa menyebabkan gejala berupa muncul bintik merah pada mata, mimisan, atau keluar darah dari telinga.

4. Menyebabkan cedera diafragma

Diafragma adalah otot yang memisahkan dada dan perut. Otot ini berperan penting dalam proses pernapasan, batuk, muntah, dan bersin. Cedera di bagian ini karena menahan bersin sangat jarang terjadi. Namun, apabila terjadi, kondisi ini bisa berbahaya dan mengganggu pernapasan.

Baca Juga:  Waktu Ideal Untuk Mengganti Sikat Gigi

Itulah beberapa dampak buruk menahan bersin bagi kesehatan tubuh. Jadi ada baiknya, untuk tidak menahan bersin sekalipun di tempat umum. Asalkan kamu melakukan dengan etika bersin dan batuk yang baik sehingga tidak mengganggu orang banyak.

Etika bersin dan batuk yang baik

Karena bisa menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan, kamu disarankan untuk tidak menahan bersin. Agar tidak mengganggu kenyamanan orang di sekitar, kamu bisa melakukan beberapa etika bersin dan batuk berikut ini seperti dilansir dari laman Alodokter

  • Gunakan tisu saat bersin untuk menutupi area mulut dan hidung, kemudian buang tisu tersebut.
  • Jika tidak ada tisu, gunakanlah lipatan siku untuk menutup area mulut dan hidung ketika batuk atau bersin.
  • Segera cuci tangan atau gunakan hand sanitizer setelah bersin atau batuk.

Singkatnya adalah bersin merupakan hal yang wajar dan sebaiknya tidak ditahan. Bersin bisa menjaga tubuh agar tetap sehat, karena aktivitas ini merupakan bagian penting dari mekanisme perlindungan tubuh. Jika bersin, tubuh akan membersihkan hidung dari bakteri dan virus.

Baca juga: Hati-Hati, Ini Deretan Masalah Kulit yang Timbul Akibat Jarang Ganti Seprai

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top