SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, April 9, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan5 Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan, Mulai Mengatasi Bayi Kembung Hingga Basmi...

5 Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan, Mulai Mengatasi Bayi Kembung Hingga Basmi Ketombe

Tanaman jarak dengan nama latin Ricinus communis L. terkenal untuk pengobatan herbal, baik biji, batang hingga daunnya. Bahkan manfaat daun jarak untuk kesehatan sudah digunakan sejak jaman nenek moyang. Karena memiliki antioksidan, anti inflamasi, antimikroba, pelindung hati dan berbagai khasiat obat lainnya.

Sebenarnya tanaman jarak tumbuh liar di sekitar Anda. Di Jawa Barat dikenal dengan nama kaliki dan di Sumatera dikenal dengan nama Dulang atau Gloah. Tidak heran kalau manfaat daun jarak untuk kesehatan memang sudah dilakukan di berbagai daerah.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan yang Belum Banyak Orang Ketahui

Daun jarak bisa dimanfaatkan dengan cara direbus lalu diminum, atau ditumbuk hingga menjadi pasta dan dioleskan ke tubuh. Mau tahu apa saja manfaat daun jarak untuk kesehatan? Yuk simak pembahasannya!

5 Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan

1. Mengatasi Perut Kembung dan Sembelit

5 Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan

Ini adalah manfaat daun jarak untuk kesehatan yang sangat dikenal turun temurun. Bahkan manfaat daun jarak untuk bayi masih sering digunakan banyak orang tua hingga saat ini. Bila perut bayi kembung, campurkan daun jarak dan minyak kayu putih lalu oleskan ke perut kembung bayi.

Baca Juga: 4 Manfaat Tummy Time Untuk Bayi yang Penting Orang Tua Ketahui!

Sedangkan untuk sembelit atau konstipasi, Anda bisa merebus daunnya dan minum air rebusannya. Kesulitan air besar akan menjadi lancar.

2. Mampu Melawan Bakteri dan Menyembuhkan Luka

Daun jarak memiliki sifat anti mikroba dan anti oksidan yang dapat menyembuhkan luka dan melawan infeksi bakteri. Daun jarak ditumbuk lalu oleskan pada kulit yang luka untuk mempercepat penyembuhannya.

3. Dapat Menyembuhkan Penyakit Kuning

Gejala penyakit kuning adalah menguningnya kulit dan mata, ini disebabkan oleh bilirubin yang banyak dalam tubuh manusia. Sehingga hati, kantong empedu dan pankreas tidak berfungsi maksimal. 

Daun jarak ditumbuk menjadi pasta halus lalu dicampur dengan air kelapa, untuk dijadikan obat kepada pasien yang mengalami penyakit kuning.

4. Bisa Meredakan Pembengkakan

Manfaat daun jarak untuk bayi mulai demam, perut kembung hingga Pembengkakan

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Advanced Research, dengan anti inflamasinya bisa mengatasi masalah jerawat. Untuk mengatasi pembengkakan dalam tubuh, Anda perlu menumbuk daun jarak yang cukup tua hingga menjadi pasta halus. Lalu berikan sedikit garam lalu hangatkan sebentar. Oleskan di area tubuh yang mengalami pembengkakan. 

5. Mengatasi Ketombe

Bila Anda mengalami ketombe, gunakan beberapa helai daun jarak dan tumbuk hingga menjadi pasta halus. Kemudian oleskan merata pada seluruh rambut, lalu diamkan minimal 15 menit. Dan bilas dengan sampo biasa hingga bersih.

Di beberapa negara, banyak beredar minyak rambut dan parfum yang berasal dari tanaman jarak.

Baca Juga: Banyak yang Belum Tahu, Ternyata Daun Kelor Memiliki 3 Manfaat Baik Untuk Mata

Efek samping daun jarak memang jarang terjadi. Namun sebagai pencegahan, Anda bisa menggunakan daun jarak dengan bijak dan tidak berlebihan. Perlu Anda ketahui obat herbal mungkin bisa membantu, tapi pastikan tidak menjadikannya sebagai pengganti pengobatan medis.

Itu tadi manfaat daun jarak untuk kesehatan yang bisa digunakan mulai bayi hingga dewasa. Semoga bisa bermanfaat.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular