SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Friday, April 12, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya HidupRelationshipMengenal 5 Jenis Bahasa Cinta, Anda Sendiri yang Mana?

Mengenal 5 Jenis Bahasa Cinta, Anda Sendiri yang Mana?

Banyak orang yang mencari tahu tipe love language atau bahasa cinta apakah dirinya. Karena sebenarnya itu adalah cara untuk mengungkapkan kasih sayang dan cinta pada orang lain. Tidak heran kalau mengenal love language bisa menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam menjalin hubungan.

Baca Juga: Jangan Lupa Ucapkan 3 Kalimat Positif Pada Anak Ini!

Agar Anda dan pasangan lebih mudah mengekspresikan perasaan cinta dan kasih sayang dengan baik, tidak ada salahnya untuk mengenal bahasa cinta satu sama lain. Ini akan membuat Anda dan pasangan sama-sama merasa dicintai, dimengerti dan dihargai. 

Pasti Anda juga bertanya-tanya tipe bahasa cinta yang mana? Berikut 5 love language apa saja dan artinya yang perlu Anda ketahui!

Apa Itu Bahasa Cinta atau Love Language?

Apa Itu Bahasa Cinta atau Love Language

Sebenarnya, awal mula munculnya konsep bahasa cinta itu berasal dari Buku berjudul The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate yang ditulis oleh Dr. Gary Chapman pada tahun 1992.

Baca Juga: 30 Inspirasi Ucapan Selamat Hari Ibu Penuh Makna dan Cinta Kasih

Dalam buku tersebut, Chapman menyebutkan bahwa manusia terbagi dalam 5 dalam hal ekspresi dan menerima bahasa cinta.  Dan setiap orang memiliki satu bahasa cinta yang dominan dalam dirinya. 

Love language ini pun bukan hanya berlaku pada pasangan, tapi juga kepada anak, orang tua dan sekitarnya.

5 Jenis Bahasa Cinta atau Love Language

1. Physical Touch

apa itu bahasa cinta Physical Touch

Love language physical touch artinya menunjukkan rasa cintanya dengan sentuhan fisik atau kontak fisik dengan orang terdekat. 

Baca Juga: 4 Manfaat Tummy Time Untuk Bayi yang Penting Orang Tua Ketahui!

Apa saja physical touch? Bahasa cinta sentuhan fisik bisa dilakukan dengan cara menyentuh, membelai, menggenggam tangan, memeluk, atau mencium. Bila dirasa sentuhan fisiknya kurang, maka akan merasa ditelantarkan. Untuk bayi, seperti dilansir dari website American Pedriactrics melakukan tummy time juga menjadi salah satu cara bahasa cinta yang bisa Anda lakukan

2. Quality Time

Ciri-cirinya adalah Anda sering melakukan quality time atau menunjukkan rasa cintanya dengan menghabiskan waktu bersama orang terkasih pada kegiatan apapun. Yang penting bisa selalu bersama dan tentunya berkualitas.

Baca Juga: 7 Tips Merayakan Tahun Baru Bersama Keluarga, Dijamin Anti Garing

Biasanya melakukan quality time bisa dengan deep talk, bertukar pikiran, atau untuk curhat. Perhatian akan tercurahkan penuh, apalagi kalau Anda mematikan handphone saat bersama. Top banget pasti!

3. Acts of Service

Bahasa cinta acts of service lebih banyak diungkapkan melalui tindakan dengan membantu, menolong dan melayani pasangannya dengan baik. Jadi walau tidak diungkapkan dengan kata-kata, tapi sigap membantu tanpa diminta adalah caranya mengungkapkan perasaan cintanya.

4. Words of Affirmation

Kalau Anda termasuk yang senang diperhatikan dalam bentuk kata-kata verbal seperti pujian, semangat atau diberikan kata-kata cinta, mungkin love language termasuk dalam words of affirmation. 

Baca Juga: Dilarang Keras Katakan 5 Hal Ini ke Ibu yang Baru Lahiran

Biasanya orang yang memiliki words of affirmation senang kalau diapresiasi dalam bentuk pujian, karena dia merasa senang mendapat rasa cinta yang besar dengan memaknai kata-kata yang diterimanya.

5. Receiving Gifts

Receiving Gifts

Untuk kelompok orang receiving gifts, biasanya senang memberikan dan mendapat hadiah atau materi. Karena simbol ungkapan cinta receiving gifts adalah hadiah. Tapi ini bukan karena berarti Anda matrealistis, namun barang tersebut sangat berkesan dan berharga.

Anda akan menghargai waktu saat menyiapkan hingga memberikan hadiah yang didapatkan. Jadi lagi-lagi bukan tentang nilai ya!.

Itu tadi jenis bahasa cinta yang perlu Anda ketahui. Sudah tahu kira-kira Anda yang mana?

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular