You are here
Home > Kesehatan >

Manfaat Wortel yang Jarang Diketahui, Bisa Cegah Kanker

manfaat wortel
Bagikan

MediaGo – Manfaat wortel cukup penting untuk tubuh manusia. Wortel diketahui baik untuk memelihara kesehatan mata karena kaya akan vitamin A. Tapi khasiatnya tidak hanya itu, makanan berwarna oranye ini juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, bahkan baik untuk kecantikan kulit. Wortel bisa dikonsumsi dengan cara dikukus sebentar, dimakan mentah atau dijadikan jus dan disarankan dikonsumsi setiap hari.

Selain itu manfaat wortel juga baik untuk kecantikan wajah. Seperti vitamin B karoten yang diubah menjadi vitamin A, merupakan vitamin yang dapat membantu melawan jerawat serta memperlambat sel-sel mati untuk mengurangi tanda penuaan dan flek akibat sinar matahari. Ternyata banyak banget ya manfaat wortel bagi kehidupan manusia.

Nah kenali yuk apa saja manfaat wortel selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

12 Manfaat Wortel yang Wajib Diketahui

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat wortel
freepik.com

Sebagai bahan yang mengandung vitamin C, wortel dapat menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit. Peradangan serta kerusakan sel dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi wortel. Kekebalan tubuh pun akan meningkat dengan perawatan wortel.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan memperlambat efek penuaan.

3. Meregenerasi Sel Kulit Mati

manfaat wortel
freepik.com

Kandungan vitamin A pada wortel nggak hanya menjaga kesehatan mata lho. Vitamin A juga mampu membantu proses regenerasi sel-sel kulit mati, sehingga menjadi lebih sehat dan halus. Cara penggunaannya, kamu hanya perlu menghaluskan wortel dan melumuri wajah dengan wortel ini setiap 2 kali dalam seminggu.

4. Mencegah Penuaan Dini

Paparan polusi bisa memberikan dampak kurang baik pada kulit. Maka dari itu, untuk mencegah penuaan dini, kamu bisa menggunakan masker wortel pada wajah. Karena, wortel mampu membantu mengatasi keriput pada wajah.

Baca Juga:  Olahraga yang Dianjurkan Penderita Penyakit Jantung Selama Pandemi

5. Menjaga Kekenyalan Kulit

Vitamin C pada wortel membantu meningkatkan kolagen. Kolagen berperan untuk menjaga kekenyalan kulit. Cara menggunakannya, jadikan wortel sebagai bahan masker atau bisa juga kamu nikmati sebagai jus. Selain alami, cara ini praktis untuk dilakukan sehari-hari.

6. Membuat Kulit Menjadi Lebih Rileks

manfaat wortel
freepik.com

Berkegiatan selama satu hari dapat membuat kulit menjadi lelah, apalagi untuk kamu yang menggunakan makeup dalam waktu panjang. Nah manjakan kulitmu dengan menggunakan wortel.

Hancurkan wortel kupas menggunakan blender hingga menjadi berbentuk pasta yang kental. Kemudian campur pasta wortel itu dengan sedikit air mawar, lalu masukkan ke botol semprot. Gunakan ketika wajah terasa lelah.

7. Menyamarkan Flek Hitam

Kamu memiliki masalah dengan flek hitam? Samarkan tampilan itu dengan menggunakan masker wortel. Kamu hanya perlu mencampurkan jus wortel dengan madu dan olive oil.

Aplikasikan pada seluruh wajah dan leher secara merata. Diamkan hingga 20 menit kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

8. Melembapkan Wajah

Memiliki wajah yang lembap dan terawat akan membuat kulitmu semakin sehat. Nah untuk kamu yang ingin mendapatkan efek lembap secara alami, gunakan wortel sebagai solusinya.

Di dalam wortel terkandung kalium yang dapat mencerahkan kulit. Nggak perlu bingung untuk memanfaatkannya, kamu bisa mengonsumsi jus wortel secara rutin.

9. Mengatasi Kulit Kusam

manfaat wortel
freepik.com

Kulit kusam dapat disebabkan paparan sinar matahari yang berlebih. Kulit yang terbakar sinar matahari ini bisa diatasi dengan menggunakan wortel.

Manfaatkan sayur ini sebagai masker. Wortel akan bekerja dengan mengangkat sel kulit mati, sehingga tampilan kulit akan menjadi lebih cerah.

10. Membuat Kulit Lebih Bersinar

Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin C yang dapat membuat kulit lebih bersinar. Untuk mendapatkan manfaatnya, disarankan untuk mengonsumsi wortel secara rutin setiap harinya. Sehingga, perubahan pada kulit pun akan tampak secara bertahap.

Baca Juga:  15+ Cara Menghilangkan Bau Mulut, Mudah dan Ampuh

11. Mengatasi Kulit Berminyak

manfaat wortel
freepik.com

Wortel bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan perawatan kulit di rumah. Terutama untuk kamu pemilik kulit berminyak, wortel dapat membersihkan kulit secara mendalam.

Kulit berminyak biasanya bermasalah dengan pori-pori kulit, sehingga wortel dapat membersihkannya secara mendalam, serta mengontrol kadar minyak pada kulit. Sehingga efek kulit yang lebih lembut dan bersih pun bias didapatkan secara alami.

12. Mencegah Risiko Kanker Payudara

Wortel merupakan sayuran yang mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin K, vitamin B6, senyawa antioksidan beta karoten, alpha-karoten, lutein, likopen, sampai antosianin. Dilansir brilio.net dari liputan6.com, penelitian yang dilakukan di Harvard University menyebutkan, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak beta-karoten setiap hari dapat mengurangi risiko kanker payudara. Risiko kanker sebesar 17 persen dapat diturunkan dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan dua kali setiap harinya.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top