You are here
Home > Kesehatan >

Ini Pentingnya Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Pentingnya minum air putih bagi kesehatan

Semakin banyaknya berbagai minuman berwarna yang cukup menggugah selera tentu membuat sebagian orang melupakan minum air putih. Namun perlu kamu ketahui bahwa minum air putih setiap hari memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini pentingnya minum air putih bagi kesehatan. 

Pentingnya minum air putih bagi kesehatan 

Melansir penjelasan dari berbagai sumber berikut ini beberapa manfaat pentingnya minum air putih bagi kesehatan tubuh: 

1. Menjaga tubuh tetap bugar 

Pentingnya minum air putih bagi kesehatan
Air putih menjaga tubuh tetap bugar. (Gambar: http://pexels.com)

Menurut seorang dokter spesialis ginjal dari Stanford Medical School, dr. Stephen Guest, sel-sel otot sangat membutuhkan air agar bisa berfungsi dengan baik. Dengan sel otot yang sehat dan bekerja optimal, tubuh pun jadi lebih bebas bergerak.

Sebuah penelitian dalam British Journal of Nutrition tahun 2011 juga menguak bahwa orang yang kurang minum air cenderung merasa lemas, lesu, dan tidak bertenaga. Menjaga asupan cairan dengan minum air putih penting untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi.

Meski terlihat ringan, kondisi dehidrasi yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal, kejang, dan bahkan syok yang dapat membahayakan nyawa. Maka agar tubuh lebih bugar dan bertenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari, pastikan minum setidaknya 8 gelas air putih sehari, ya.

2. Meningkatkan fungsi otak

Masih dari penelitian yang sama dalam British Journal of Nutrition, para ahli menemukan bahwa minum air yang cukup dapat meningkatkan kemampuan berkonsentrasi serta mendorong daya ingat.

Beberapa studi lainnya bahkan membuktikan bahwa minum air putih juga dapat membantu memperbaiki suasana hati (mood). Melansir Healthline, bahwa bahkan dehidrasi ringan, seperti kehilangan 1-3 persen dari berat badan, dapat merusak banyak aspek fungsi otak. 

Dalam sebuah penelitian pada wanita muda, para peneliti menemukan bahwa kehilangan cairan sebesar 1,4% setelah berolahraga mengganggu mood dan konsentrasi. Itu juga meningkatkan frekuensi sakit kepala. 

Penelitian serupa juga dilakukan pada pria muda. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa kehilangan cairan sebesar 1,6% merusak memori kerja dan meningkatkan perasaan cemas dan lelah. Banyak penelitian lain, dengan subjek mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang lebih tua, telah menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat merusak suasana hati, memori, dan kinerja otak.

3. Membantu melancarkan sistem pencernaan

Pentingnya minum air putih bagi kesehatan
Pentingnya minum air putih bagi sistem pencernaan. (Gambar: http://pexels.com)

Seperti yang dijelaskan oleh ahli gizi dari Beverage Institute di Amerika Serikat, Joan Koelemay, RD, asupan air dan serat yang seimbang merupakan kunci pencernaan sehat. Menurutnya, kedua asupan ini bekerja layaknya sapu yang membersihkan usus dan mengeluarkan kotoran hingga tuntas.

Terlebih lagi, bila kekurangan cairan, usus akan menarik air dari feses sehingga feses akan mengeras. Hal inilah yang biasanya menyebabkan sembelit alias susah buang air besar.

4. Membantu menurunkan berat badan

Kabar baik bagi Moms yang sedang ingin menurunkan berat badan. Sebuah studi dalam jurnal Obesity (Silver Spring) tahun 2011 menguak bahwa mereka yang minum 500 mililiter air putih sebelum makan mengalami penurunan berat badan hingga sebesar 44 persen.

Akan tetapi, hal ini hanya bisa terjadi apabila kamu disiplin minum air putih sebelum makan. Pasalnya, penelitian ini menunjukkan hasil yang mencengangkan tersebut setelah peserta penelitian menjalani kebiasaan ini selama 12 minggu.

Manfaat air putih juga diketahui dapat meningkatkan metabolisme, sehingga memudahkan tubuh dalam membakar lemak serta membuang kotoran melalui keringat, urine, dan tinja. Hal ini tentunya berdampak pada menurunnya berat badan. Selain itu, minum air putih sebelum makan diketahui dapat memberikan efek kenyang, sehingga porsi makanan yang dikonsumsi pun menjadi lebih sedikit. Dengan demikian, asupan kalori ke dalam tubuh tetap terjaga dan berat badan tetap terkontrol.

5. Memaksimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh

Salah satu manfaat air putih yang jarang disadari yaitu air mengoptimalkan penyerapan nutrisi dari makan ke dalam tubuh. Berbagai vitamin dan mineral penting bersifat larut air. Minum air putih yang cukup dapat membantu zat-zat gizi tersebut agar terikat dalam air dan diteruskan ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan secara merata.

Tentu saja seluruh manfaat air putih tersebut nantinya akan berpengaruh pada massa tubuh. Bila ingin hasil lebih optimal, jadikan kebiasaan minum air putih sebagai gaya hidup harian. Melihat begitu pentingnya minum air putih bagi kesehatan tubuh, jadi pastikan kamu tidak menyepelekan air putih setiap harinya, ya. 

Baca juga: 7 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh, Menjaga Kesehatan Jantung Hingga Pencernaan

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top