You are here
Home > Kesehatan >

Moms Wajib Tahu, Ini 4 Tips Agar Anak Balita Mau Rajin Sikat Gigi

Tips agar anak balita mau rajin sikat gigi

Masa tumbuh kembang ada tentu menjadi hal yang penting, tak hanya kesehatan tubuh, gigi si Kecil juga perlu dirawat, lho. Dengan mengajarkan anak balita mau rajin sikat gigi, bekas-bekas sisa makanan tentu bisa terangkat, sehingga si Kecil terhindar dari masalah gigi. Apalagi, anak balita yang biasanya sedang suka mengonsumsi makanan manis, seperti es krim atau cokelat. Berikut ini beberapa tips agar anak balita mau rajin sikat gigi.

Tips agar anak balita mau rajin sikat gigi

Meski begitu, terkadang meminta anak balita untuk menyikat gigi bukanlah hal yang mudah. Terutama, saat memintanya menyikat gigi di malam hari. Biasanya, ada saja alasannya untuk menolak sikat gigi. Tetapi Moms tak perlu khawatir, dan jangan langsung putus asa. Berikut ada beberapa tips agar anak balita mau rajin sikat gigi, seperti penjelasan dari Hurts Pediatric Dentistry yang dilansir dari laman Kumparan:

1. Gosok gigi bergantian

Tips agar anak balita mau rajin sikat gigi
Gosok gigi bergantian dengan si Kecil. (Gambar: http://growingsmiledental.com)

Gosok gigi anak balita secara bergantian sehingga si kecil merasa lebih terlibat atau mandiri. Kamu bisa menyikat gigi anak balita terlebih dulu, kemudian biarkan ia berlatih untuk menyikat giginya sendiri. Lalu, balik lagi kamu yang sikatkan gigi anak, begitu seterusnya hingga proses gosok gigi selesai.

Kini ada banyak motif atau karakter sikat gigi untuk anak yang dijual di pasaran maupun e-commerce. Anak balita pun dapat memilih sikat gigi yang disukainya. Misalnya, sikat gigi bergambar barbie, dinosaurus, dan masih banyak lagi.

2. Bawa mainan atau boneka kesayangan si Kecil

Cara lainnya, kamu bisa meminta anak membawa boneka binatang atau boneka kesayangannya. Biarkan ia seolah-olah menyikat gigi bonekanya itu, tentunya tanpa pasta gigi. Setelah itu, mintalah si kecil untuk menggosok giginya dengan bantuanmu.

Baca Juga:  Moms Wajib Tahu, Ini Pentingnya Minum Susu Bagi Tumbuh Kembang Anak

3. Sikat gigi sambil bernyanyi

Tips agar anak balita mau rajin sikat gigi
Mengajarkan anak untuk sikat gigi. (Gambar: http://todaysparent.com)

Agar si kecil mau menyikat gigi, kamu bisa melakukannya sambil bernyanyi. Nyanyikanlah lagu kesukaan anak atau buatlah lagu tentang menyikat gigi yang kamu rangkai sendiri. Cara ini tentunya akan membuat sesi sikat gigi jadi menyenangkan bagi anak balita, Moms.

4. Pilih motif atau karakter sikat gigi kesukaan anak

Kini ada banyak motif atau karakter sikat gigi untuk anak yang dijual di pasaran maupun e-commerce. Anak balita pun dapat memilih sikat gigi yang disukainya. Misalnya, sikat gigi bergambar barbie, dinosaurus, dan masih banyak lagi.

Kapan sebaiknya anak mulai menyikat gigi?

Membersihkan gigi anak sebenarnya sudah harus dimulai sejak gigi pertamanya tumbuh, yaitu usia 6 bulan. Namun, cara membersihkannya cukup dengan mengelap gigi menggunakan sapu tangan atau handuk kecil yang lembut. Lalu, kapan bisa mulai menyikat gigi Si Kecil?

Para ahli kesehatan gigi sebenarnya berbeda pandangan dalam hal ini. Sebagian dari mereka ada yang menyarankan anak mulai menyikat gigi sejak 4 gigi pertamanya tumbuh. Namun, sebagian lainnya menyarankan untuk menunda hingga anak berusia 2–3 tahun.

Ketika menyikat gigi Si Kecil, pastikan sikat gigi yang digunakan berukuran kecil dan khusus untuk anak. Biasakan juga untuk menyikat giginya 2 kali sehari.

Saat Si Kecil berusia 3 tahun atau sudah bisa menggenggam barang ringan, seperti pensil atau sikat gigi, Bunda boleh mulai mengajaknya memegang sikat giginya sendiri. Setelah itu, bantu ia menggosokkan sikat ke giginya pelan-pelan. Bunda bisa juga diselingi dengan nyanyian agar aktivitas menyikat gigi menjadi semakin seru dan ia sukai hingga bisa menyikat gigi sendiri.

Rutinitas menyikat gigi anak harus didampingi oleh orang tua atau orang dewasa hingga anak berusia 6 tahun. Hal ini karena umumnya anak di bawah usia 6 tahun belum memiliki koordinasi yang baik saat menggosok gigi sendiri, sehingga masih butuh pendamping.

Baca Juga:  Waktu Ideal Untuk Mengganti Sikat Gigi

Setelah usianya melewati 6 tahun, barulah anak bisa dilepas untuk menggosok gigi sendiri. Namun, tetap ingatkan Si Kecil untuk rutin menyikat giginya sampai ia teratur menyikat gigi tanpa diingatkan ya. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika anak terbiasa menjaga kebersihan giginya, mulai dari mencegah kerusakan gigi, penyakit gusi, hingga gigi berlubang yang rentan dialami oleh anak-anak.

Baca juga: 11 Cara Tepat Menjaga Kesehatan Gigi

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top