You are here
Home > Kesehatan >

11 Cara Tepat Menjaga Kesehatan Gigi

menjaga kesehatan gigi
Bagikan

Menjaga kesehatan gigi itu juga penting dilakukan. Namun sayangnya banyak orang menyepelekan perawatan untuk kesehatan mulut, lho. Agar tetap sehat dan bersih tentu saja harus ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk merawat kesehatan gigi. Apa saja ya?

Cara menjaga kesehatan gigi yang benar 

Melansir penjelasan dari laman Healthline berikut ini beberapa cara yang perlu kamu lakukan untuk merawat kesehatan gigi: 

1. Gosok gigi sebelum tidur

menjaga kesehatan gigi
Gosok gigi sebelum tidur. (Gambar: http://pixabay.com)

Bukan rahasia lagi bahwa rekomendasi umum adalah menyikat setidaknya dua kali sehari. Namun, banyak dari kita terus mengabaikan menyikat gigi di malam hari. Namun menyikat gigi sebelum tidur dapat menghilangkan kuman dan plak yang menumpuk sepanjang hari. 

2. Sikat gigi dengan cara yang benar

Cara menyikat gigi yang benar tentu sangat berpengaruh pada kesehatan gigi. Menyikat gigi dengan cara yang salah hampir sama buruknya dengan tidak menyikat gigi sama sekali. 

Luangkan waktumu untuk menyikat gigi, gerakan sikat gigi secara melingkar yang lembut untuk menghilangkan plak. Plak yang tidak dibersihkan dapat mengeras, menyebabkan penumpukan kalkulus dan gingivitis yaitu penyakit gusi yang akan timbul lebih awal.

3. Jangan abaikan kebersihan lidahmu

Plak juga bisa menumpuk di lidah, lho. Hal ini tidak hanya dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, tetapi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan mulut lainnya. Selain gigi, pastikan juga kamu menyikat lidah  dengan lembut setiap kali sedang menyikat gigi, ya.

4. Gunakan pasta gigi berfluoride

menjaga kesehatan gigi
Pasta gigi. (Gambar: http://pixabay.com)

Ketika berbicara tentang pasta gigi, ada elemen yang lebih penting untuk dicari daripada kekuatan dan efek memutihkan. Apa pun versi yang kamu pilih, pastikan pasta gigi tersebut mengandung fluoride.

Baca Juga:  Makanan Sehat Saat Pandemi COVID-19 yang Baik untuk Dikonsumsi

Sementara fluoride telah diteliti oleh mereka yang khawatir tentang bagaimana hal itu berdampak pada bidang kesehatan lainnya, zat ini tetap menjadi andalan dalam kesehatan mulut. 

Hal ini karena fluoride adalah pertahanan utama terhadap kerusakan gigi. Ia bekerja dengan melawan kuman yang dapat menyebabkan pembusukan, serta memberikan penghalang pelindung untuk gigi.

5. Perlakukan flossing sama pentingnya dengan menyikat gigi

menjaga kesehatan gigi
Flossing gigi. (Gambar: http://pixabay.com)

Banyak yang menyikat gigi secara teratur, namun tidak melakukan flossing. Flossing bukan hanya untuk mendapatkan potongan kecil makanan atau brokoli yang tersangkut di sela-sela gigi saja lho, tetapi juga untuk merangsang gusi, mengurangi plak, dan membantu menurunkan peradangan. Flossing sekali sehari biasanya cukup untuk menuai manfaat ini.

6. Jangan biarkan kesulitan flossing membuat kamu malas membersihkannya 

Flossing memang bisa jadi sulit, terutama untuk anak kecil dan orang dewasa yang lebih tua dengan arthritis. Daripada menyerah, carilah alat yang dapat membantu kamu menggunakan benang gigi. 

7. Pertimbangkan untuk menggunakan obat kumur

Obat kumur membantu dalam tiga cara yaitu dengan mengurangi jumlah asam di mulut, membersihkan area yang sulit disikat, dan mengembalikan mineralisasi gigi. 

8. Minum lebih banyak air

Air terus menjadi minuman terbaik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk kesehatan mulut. Sangat direkomendasikan juga untuk minum air setelah selesai makan. Cara ini dapat membantu menghilangkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang lengket dan asam di sela-sela sikat.

9. Makan buah dan sayuran yang renyah

Makanan siap saji memang nyaman, tetapi mungkin tidak begitu nyaman untuk gigimu. Makan produk segar dan renyah tidak hanya mengandung lebih banyak serat sehat, tetapi juga merupakan pilihan terbaik untuk kesehatan gigi.

Baca Juga:  5 Pengaruh Buruk Sosial Media Terhadap Kesehatan Mental Seseorang

10. Batasi konsumsi makanan manis dan asam

Pada akhirnya, gula berubah menjadi asam di mulut, yang kemudian dapat mengikis email gigi. Asam inilah yang menyebabkan gigi berlubang. Buah-buahan asam, teh, dan kopi juga dapat mengikis email gigi. Meskipun kamu tidak harus menghindari makanan seperti itu sama sekali, tidak ada salahnya untuk berhati-hati.

11. Rutin melakukan pemeriksaan gigi setidaknya dua kali setahun

menjaga kesehatan gigi
Rutin melakukan pemeriksaan gigi. (Gambar: http://pixabay.com)

Sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi secara rutin setidaknya dua kali setahun. Dokter gigi tidak hanya dapat menghilangkan kalkulus dan mencari gigi berlubang, tetapi mereka juga dapat menemukan masalah potensial dan menawarkan solusi perawatan.

Baca juga: Begini Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi di Malam Hari


Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top