You are here
Home > Kuliner >

5 Olahan Mie Paling Populer di Indonesia, Udah Pernah Coba yang Mana?

Olahan mie paling populer di Indonesia

MediaGo – Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Terdapat banyak ragam budaya serta suku bangsa didalamnya. Selain itu Indonesia juga kaya akan ragam kulinernya. Salah satu yang paling populer adalah Mie.

Beberapa daerah di Indonesia punya olahan Mie nya masing-masing dengan cita rasa yang pastinya bikin nagih.

Olahan Mie Paling Populer di Indonesia

Apa saja jenis mie yang populer di Indonesia? Dikutip dari Popmama.com, berikut 5 olahan Mie paling populer di Indonesia yang enak rasanya. Kamu udah pernah coba yang mana?

1. Mie Kocok

mie kocok bandung
Sumber : anotherorion.com

Siapa sih yang gak tau Mie Kocok? Olahan mie khas kota Bandung ini didalamnya berisikan mie kuning gepeng, bakso, kikil, tauge, irisan daging sapi, daun seledri, daun bawang hingga bawang goreng.

Mie kocok Bandung sangat cocok disantap ketika masih hangat. Jangan lupa juga tambahkan irisan cabai rawit dan perasan jeruk nipis agar rasanya makin maknyus.

2. Mie Jawa

bakmi jawa
Sumber : cookpad.com

Olahan mie yang satu ini mudah sekali kamu temui dimana saja. Kuliner yang berasal dari Yogyakarta ini berisikan mie, kol, daun bawang, bawang goreng, serta suwiran ayam yang biasanya disajikan bersama dengan kuah yang sangat gurih.

Ada juga, lho, varian gorengnya yang dibuat sedikit basah atau biasa disebut dengan istilah nyemek. Mie jawa akan semakin nikmat apabila disajikan dengan irisan cabai rawit serta taburan bawang goreng yang melimpah.

3. Mie Ongklok

mie ongklok
Sumber : topwisata.com

Mungkin kamu pernah mendengar Mie Ongklok. Olahan mie yang satu ini berasal dari kota Wonosobo. Sajian ini terdiri dari mie kuning, irisan kol dan daun bawang kemudian disiram dengan kuah kental lezat yang terbuat dari tepung kanji. Sebagai pelengkap, mie ongklok biasanya disajikan dengan sate ayam, bawang goreng, tempe kemul, dan juga irisan cabai rawit. Bikin ngiler!

4. Mie Aceh

mie acrh
Sumber : pikiran-rakyat.com

Sajian mie yang paling populer di Indonesia selanjutnya adalah Mie Aceh. Olahan mie khas kota Aceh ini sudah terkenal seantero negeri. Mie aceh sendiri terbuat dari mie kuning dan sambal yang sangat pedas.

Ada dua varian mie aceh yang paling populer yaitu diolah dengan cara digoreng atau direbus. Kuliner khas Indonesia yang paling terkenal ini biasanya disajikan bersama dengan aneka topping seperti seafood, daging atau pun jamur. Mie aceh juga disajikan bersama dengan bawang goreng, daun bawang, emping dan juga acar.

5. Mie Cakalang

mie cakalang wenak
Sumber : Kompasiana.com

Tak kalah populer dengan Mie Aceh, Olahan Mie asal Manado ini memiliki cita rasa kuah dan aroma yang khas karena terbuat dari ikan cakalang fufu.

Semangkok mie cakalang biasanya disajikan berupa mie kuning, suwiran ikan cakalang, irisan kol, sawi, daun bawang dan juga taburan bawang goreng. Jadi laper hehe.

Nah itulah deretan olahan mie yang paling populer di Indonesia. Dari semuanya, kamu sudah pernah coba yang mana, guys? Tulis di komentar!

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top