You are here
Home > Kuliner >

Pernah Heboh, Ini 8 Makanan dan Minuman Viral selama Pandemi

makanan dan minuman viral selama pandemi

MediaGo – Ada 5 makanan dan minuman viral selama pandemi. Kira-kira apa saja? Dan pernahkah kamu mencobanya? Seperti yang diketahui, selama pandemi covid-19 melanda Indonesia sejak Maret 2020, masyarakat diimbau untuk mengurangi segala kegiatan yang dilakukan di luar rumah untuk meminimalisir penyebaran virus.

Untuk melawan rasa bosan, banyak orang melakukan kegiatan yang melatih skill pada suatu bidang, misalnya memasak. Dengan begitu, banyak makanan dan minuman viral selama pandemi covid-19 dan banyak dibuat oleh masyarakat. Kira-kira apa saja ya? Berikut ini daftarnya.

1. Dalgona Coffee

makanan dan minuman viral selama pandemi

Apakah kamu salah satu orang yang mencoba minuman viral ini? Dalgona coffee sempat viral beberapa bulan yang lalu dan banyak orang-orang yang mencoba untuk membuat minuman tersebut untuk mengisi waktu luang di rumah. Caranya cukup mudah, kamu hanya memerlukan empat bahan yakni kopi hitam, gula pasir, air panas, dan susu.

Nah, jika dalgona coffee populer baru-baru ini di Indonesia, tetapi lain halnya dengan di India. Mengutip laman India Today, di negara tersebut dalgona coffee sudah dibuat sejak bertahun-tahun yang lalu dengan nama Phenti Hui Coffee. Keduanya memiliki cara pembuatan yang sama tetapi penyajiannya yang berbeda, jika dalgona coffee menjadikan foam kopi sebagai topping untuk susu, sedangkan phenti hui coffee menuangkan foam terlebih dahulu kemudian dicampur susu.

2. Roti Tawar Topping Meses

makanan dan minuman viral selama pandemi

Pada awal pandemi, media sosial diramaikan oleh netizen yang berkreasi menyusun meses di atas roti tawar. Meski terlihat biasa saja, tetapi butuh ketekunan dan kesabaran ketika menyusunnya. Banyak orang yang mengikuti tren tersebut dengan membuat berbagai macam gambar, mulai dari bunga, gunung, logo brand, pemandangan, hingga muka dari orang terkenal, salah satunya Chef Arnold Poernomo.

3. Dessert Box

makanan dan minuman viral selama pandemi

Tak lengkap rasanya jika dessert box nggak dimasukkan ke dalam daftar makanan yang viral selama pandemi. Kudapan ini memang sangat viral hingga banyak orang-orang yang memanfaatkannya sebagai lahan bisnis di bidang kuliner. Dessert box biasanya disajikan dalam kotak bening dan diberi berbagai lapisan yang terdiri dari kue sponge, krim yang lembut, taburan atau lelehan cokelat (bisa diganti dengan selai), lalu diberi topping biskuit, cokelat batang, atau buah-buahan.

4. Minuman Boba

makanan dan minuman viral selama pandemi

Minuman dengan campuran boba masih menjadi primadona hingga saat ini. Topping minuman yang terbuat dari bahan dasar tepung tapioka ini bisa dikreasikan ke dalam berbagai macam minuman seperti boba brown sugar, boba milk tea, boba Thai milk tea, matcha boba fresh milk, hingga topping dalam es krim.

5. Korean Garlic Bread

makanan dan minuman viral selama pandemi

Sama seperti namanya, roti ini berasal dari Korea Selatan. Mengutip laman CNN Indonesia, Korean garlic bread berasal dari Kota Gangneung yang berada di Provinsi Gangwon. Dulunya roti tersebut dijajakan oleh para pedagang kaki lima, namun sekarang telah menjamur ke berbagai tempat hingga ke Indonesia. Korean garlic bread memiliki isian berupa krim keju atau bisa ditambah dengan isian daging, serta saus bawang putih yang dapat menciptakan rasa gurih dan wangi.

6. Salmon Mentai Rice

makanan dan minuman viral selama pandemi

Salmon mentai rice juga naik daun di kalangan pencinta kuliner. Daging ikan salon dipanggang, disajikan bersama nasi, disiram saus mentai, lalu dibakar dengan blow torch agar aromanya semakin sedap.

7. Meal Market Platter

makanan dan minuman viral selama pandemi

Makanan ini juga tidak kalah viral. Meal market platter belakangan juga banyak penggemarnya dari berbagai kalangan. Meal market platter diminati karena konsumen bebas mengombinasikan berbagai pilihan ayam sebagai protein dengan beragam sayuran, seperti sayuran dan lainnya sebagai makanan pendamping.

8. Odading

makanan dan minuman viral selama pandemi

Odading memang sudah ada sejak lama. Jajanan ini sebenarnya juga masih cukup mudah ditemui. Namun, jajanan ini mendadak tenar berkat video promosi yang viral di media sosial. Setelah itu, penjual odading kedatangan banyak pembeli.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang viral dan banyak dibuat oleh masyarakat untuk menghilangkan rasa bosan selama pandemi covid-19. Dari daftar tersebut, manakah yang pernah kamu coba?

Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

Top