You are here
Home > Kuliner >

Begini 4 Cara Membedakan Daging Kambing dan Sapi Mentah

cara membedakan daging kambing dan sapi mentah

MediaGo – Jangan salah, ada cara membedakan daging kambing dan sapi mentah saat kamu ingin membelinya di pasar atau swalayan. Pastinya, setelah bekerja selama weekday, ada baiknya kamu memanjakan diri saat weekend datang. Salah satu caranya adalah dengan memasak menu makanan favorit. Daging adalah salah satu jenis bahan makanan favorit banyak orang.

Tetapi, ketika kamu mempunyai dua jenis daging, yaitu daging sapi dan kambing, di kulkas pasti sedikit bingung untuk membedakannya. Daging sapi dan daging kambing ketika masih mentah terlihat hampir sama. Nggak usah bingung, simak tips di bawah ini agar kamu tahu cara membedakan daging kambing dan sapi mentah dalam keadaan mentah!

1. Aroma

cara membedakan daging kambing dan sapi mentah

Cara membedakan daging kambing dan sapi mentah yang pertama adalah dari aroma. Hal ini merupakan salah satu cara paling jitu untuk membedakan kedua jenis daging ini. Daging kambing mempunyai aroma yang khas dan cenderung kuat, atau yang biasa disebut prengus. Sedangkan daging sapi tidak mencolok dan tidak terlalu amis. Untuk daging sapi, aromanya lebih mudah hilang dibanding daging kambing ketika dimasak.

2. Tekstur dan Serat

cara membedakan daging kambing dan sapi mentah

Daging kambing mempunyai serat yang lebih tebal sehingga teksturnya lebih kasar, dan ketika dipegang terasa lebih empuk. Sedangkan daging sapi seratnya lebih kecil dan renggang, ketika dipegang pun terasa lebih kenyal dan halus.

3. Lemak

cara membedakan daging kambing dan sapi mentah

Daging sapi juga mempunyai garis putih lemak yang panjang, sedangkan daging kambing tidak. Gumpalan lemak daging kambing berkumpul di bagian tertentu saja.

4. Warna

cara membedakan daging kambing dan sapi mentah

Jika diperhatikan lebih seksama, kedua daging ini mempunyai warna yang berbeda. Daging sapi mempunyai warna pucat dan akan berubah menjadi coklat gelap saat terpapar udara. Sedangkan daging kambing warnanya merah cerah dan akan berubah agak ungu ketika terkena suhu ruangan. Tentunya saat dimasak, rasa kedua daging juga berbeda. Daging kambing mempunyai rasa lebih gurih daripada daging sapi. Rasa gurih daging kambing dipengaruhi oleh aromanya.

Daging kambing dan sapi mempunyai kandungan nutrisi yang berbeda. Daging sapi memiliki kandungan kolesterol yang lebih tinggi. Dalam 100 gram daging sapi mengandung 90 mg kolesterol sedangkan 100 gram daging kambing mengandung 75 mg kolesterol. Selain itu, daging kambing juga mengandung mineral besi, potassium, dan thiamine lebih banyak dari pada daging sapi.

Itulah beberapa tips agar kamu bisa membedakan daging sapi dan daging kambing saat masih mentah. Perlu diingat, jangan berlebihan makan kedua jenis daging ini agar tidak berpengaruh pada kesehatanmu, ya!

Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

Top