SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Monday, July 15, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanMakan 9 Buah Ini Setelah Menyantap Daging Kambing

Makan 9 Buah Ini Setelah Menyantap Daging Kambing

MediaGo – Daging kambing pastinya akan sering dihidangkan di Hari Raya Idul Adha seperti ini. Namun, terlalu banyak mengonsumsi daging kambing juga tak baik untuk tubuh dan kesehatan kita lho. Tak hanya itu, mengonsumsi berbagai hidangan olahan daging seperti sate, rendang, gulai dan makanan tinggi lemak lainnya bisa bikin kadar kolesterol jahat (LDL) menanjak drastis.

Melansir dari NDTV Food, selain perlu mengontrol jenis dan jumlah asupan makanan, mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat juga bisa kita lakukan untuk membantu menjaga kadar kolesterol tetap aman. Nah, berikut 9 buah yang dapat kamu konsumsi agar kolesterol tidak naik drastis setelah makan daging kambing!

9 Buah yang Wajib Dimakan setelah Menyantap Daging Kambing

1. Apel

daging kambing

Apel dikenal sebagai buah kaya serat yang baik untuk bantu memperlancar sistem pencernaan. Namun di samping itu, kandungan serat larut dalam buah ini juga dapat bermanfaat untuk mencegah penumpukan kolesterol jahat pada lapisan dinding pembuluh darah.

2. Jeruk

daging kambing

Kelompok buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon dan jeruk nipis juga menjadi salah satu jenis buah yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap aman setelah makan daging.

Jeruk mengandung zat pectin (serat) yang dapat memperlambat aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah, serta mengurangi kadar kolesterol jahat. Sementara kandungan vitamin C-nya termasuk antioksidan untuk membantu mencegah oksidasi kolesterol.

3. Tomat

daging kambing

Dengan kandungan vitamin A, B, K dan C, tomat memiliki sederet manfaat baik untuk kesehatan mata, kulit hingga jantung. Kandungan potassium dan likopennya juga dapat memberikan perlindungan alami dari kolesterol jahat, serta membantu menurunkan resiko darah tinggi dan stroke.

4. Pepaya

daging kambing

Pepaya termasuk jenis buah yang kaya serat. Selain untuk melancarkan sistem pencernaan, buah ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung karena memiliki kandungan lycopene and vitamin C.

Dikutip dari Healthline, kedua kandungan ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi jantung dan dan meningkatkan fungsi kolesterol baik dalam darah.

5. Strawberry

daging kambing

Strawberry dan sederet jenis buah berry lainnya merupakan buah rendah kalori yang kaya vitamin C dan pectin. Kandungan zat ini memiliki manfaat untuk menghambat aterosklerosis serta dapat mengurangi kadar kolesterol jahat.

6. Buah Beri

daging kambing

Buah beri merupakan sumber polifenol anthocyanin dan serat yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol LDL.

Sebuah studi tahun 2009 yang dimuat dalam Nutrition Journal menemukan bahwa kadar kolesterol LDL dan total wanita yang mengonsumsi bubuk kering stroberi dalam minuman turun secara signifikan dalam kurun waktu 4 minggu. Dari berbagai studi didapatkan bahwa blackberry memiliki efek menurunkan kadar kolesterol LDL yang terbesar.

Kandungan serat per 100 gram:

  • Raspberry = 7 gram
  • Blackberry = 5 gram
  • Blueberry = 2,4 gram
  • Stroberi = 2 gram
  • Ceri = 1,6 gram

7. Pir

daging kambing

Seperti apel, buah yang memiliki tekstur crunchy dan manis ini kaya akan serat pektin yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL. Pektin akan mengikat kolesterol di dalam usus dan mengeluarkannya sebelum diserap oleh tubuh.

Lebih jauh lagi, sebuah penelitian yang dipublikasi oleh American Heart Association menemukan bahwa konsumsi satu pir sehari dapat mencegah stroke hingga 52 persen. Sebaiknya konsumsi pir utuh tanpa dikupas karena kandungan serat paling banyak terdapat pada bagian kulitnya.

Kandungan serat per 100 gram pir = 3,1 gram.

8. Alpukat

daging kambing

Alpukat adalah salah satu buah yang digemari banyak orang. Buah ini dikenal sebagai superfood yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain tinggi kandungan vitamin K, C, B5, B6 dan E, serta mengandung lemak tak jenuh tunggal, alpukat juga memiliki kandungan kolesterol baik (HDL) yang dapat meluruhkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

9. Anggur

daging kambing

Terakhir, ada buah anggur yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat karena mengandung polyphenol. Zat ini bermanfaat untuk menghambat oksidasi kolesterol jahat, mencegah aterosklerosis serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Itu dia 9 buah-buahan yang dapat kamu konsumsi untuk bantu menurunkan kadar kolesterol setelah makan daging kambing. Di masa pandemi ini, mari kita jaga kesehatan tubuh dengan memerhatikan pola dan asupan makanan tetap sehat ya.

CopyAMP code
Fitrianingsih
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular