SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, July 11, 2024
spot_imgspot_img
HomeKulinerMencicipi Kuliner Bali Tertua di Bali Timbungan

Mencicipi Kuliner Bali Tertua di Bali Timbungan

MediaGo – Restoran Bali Timbungan baru saja membuka cabang baru di Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta. Ini cabang ketiga setelah dua restoran sebelumnya sukses di Bali sejak 2016. Restoran ini dahulu dikenal dengan nama Bebek Timbungan yang buka pada 2018 berlokasi di Bedugul.

Kini, menu-menu khasnya bisa dinikmati di Gedung Sarinah. Menurut founder Bali Timbungan Billy Hartono Salim, pemilihan Sarinah sebagai lokasi restoran Bali Timbungan karena sejalan dengan tema Sarinah yang mengusung kuliner sarat budaya.

Baca juga: Rekomendasi 4 Tempat Kuliner Legendaris Nan Kaya Sejarah di Indonesia
Salah satu menu andalan yang wajib dicoba adalah Bebek Timbunan
Salah satu menu andalan yang wajib dicoba adalah Bebek Timbungan.

Salah satu menu andalan yang wajib dicoba adalah Bebek Timbungan. Menu ini adalah masakan andalah yang ada sejak restoran ini dibuka di Bali. Menu ini disajikan dengan konsep Megibung. Satu set hidangan yang disajikan dalam wadah dulang Bali menggunakan alas daun pisang dalam posisi melingkar, yang penuh dengan nilai kebersamaan.

Megibung berisi lengkap yang bisa disantap oleh 3-4 orang. Ada setengah porsi bebek timbungan, sate lilit ikan karangasem, sate bawah pohon jambu, ayam suwir klungkung, kerang bumbu kedonganan, sudang lepet sisingaraja, cumi goreng tepung, urab paku, bakwan jagung, dan sup sari segara.

Baca juga: 7 Wisata Kuliner Malam di Semarang yang Wajib Kamu Coba

Menu ini dikatakan sebagai salah satu menunya merupakan makanan tertua di Bali. Ya, bebek timbungan menurut naskah kuno Dharma Caruban merupakan hidangan Bali tertua. Menu tersebut juga merupakan peninggalan kerajaan kuno Bali pada abad ke-17 masehi.

Menu menu andalan di restoran Bali Timbungan
Menu-menu andalan di restoran Bali Timbungan.

Salah satu kunci masakan ini adalah teknik memasak lambat alias slow cook, yang membuat daging hingga tulang bebeknya empuk. Bebek dimasak dalam bambu dan diasap menggunakan api kecil.

Baca juga: 5 Mi Ayam Terenak di Yogyakarta yang Harus Kamu Coba

Dari metode ini akan membuat 15 jenis rempah meresap ke dalam daging bebek secara perlahan. Menjadikan makanan matang merata sambil tetap mempertahankan saripati serta kelembapannya.

Masih banyak lagi menu-menu khas Bali Timbunan yang pastinya nikmat untuk dicicipi. Bagi kamu yang penasaran bisa langsung datang ke Bali Timbungan di Gedung Sarinah Lobi Utara yang buka mulai 08.00-20.00 WIB.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular