SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, April 16, 2024
spot_imgspot_img
HomeKulinerTernyata Ini Tips Menyimpan Roti Tawar Agar Tak Jamuran

Ternyata Ini Tips Menyimpan Roti Tawar Agar Tak Jamuran

MediaGo – Mungkin Anda kerap mendapati roti di rumah berjamur. Jika tidak mau ini terjadi, bagaimana sih tips menyimpan roti tawar agar tidak berjamur dan keras? Berikut ulasannya.

Selain nasi, roti tawar juga menjadi bahan makanan pokok yang kerap jadi alternatif pilihan buat sarapan. Sebab, makanan ini yang butuh waktu lama buat menyantapnya. Cocok banget buat yang nggak punya banyak waktu di pagi hari.

tips menyimpan roti tawar
kumparan.com

Umumnya, roti yang banyak digemari oleh orang Indonesia adalah roti tawar putih. Namun, masih banyak lagi jenis roti lainnya, lho. Ada roti gandum, roti multigrain, roti sourdough, roti ciabatta, roti challa, dan masih banyak lagi.
Roti mengandung berbagai nutrisi seperti serat. Kebanyakan orang yang senang mengonsumsi roti kerap membeli roti langsung dalam jumlah banyak untuk stok di rumah. Tetapi, ada pula yang belum tahu cara menyimpan roti yang tepat.

Sehingga, roti pun mudah berjamur dan terbuang begitu saja. Padahal, roti dapat disimpan agar bisa bertahan lama. Penasaran bagaimana caranya? Berikut empat tips menyimpan roti tawar supaya nggak cepat berjamur, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Tips Menyimpan Roti Tawar

1. Simpan roti di tempat sejuk atau kulkas

tips menyimpan roti tawar
liputan6.com

Paling utama, penting untuk memerhatikan tempat penyimpanan roti. Simpan roti di tempat sejuk atau dalam kulkas. Tetapi jangan lupa untuk menaruh roti di dalam plastik atau wadah yang tertutup rapat agar roti tidak mengeras.

2. Gunakan aluminium foil

Selain dengan wadah tertutup, kamu bisa menggunakan aluminium foil untuk membungkus roti. Cara tersebut bisa membuat roti nggak mudah berjamur. Hindari membungkus roti hanya dengan kertas, karena udara masih bisa masuk dan membuat roti mengeras.

3. Masukkan dalam plastik kedap udara.

tips menyimpan roti tawar
idntimes.com

Roti dapat dimasukkan ke dalam plastik kedap udara untuk kemudian dibekukan. Jika ingin memakannya kembali, tinggal memanaskannya.

4. Hindari tempat lembap

Hindari menaruh roti di tempat yang lembap atau berair. Hal tersebut bisa membuat jamur muncul di permukaan roti. Makanya, segera simpan roti di wadah tertutup jika sudah selesai dikonsumsi.

5. Jangan membuka kemasan roti jika tidak akan segera mengkonsumsinya

tips menyimpan roti tawar
popmama.com

Pernahkah roti tawar yang sobat beli telah berjamur sebelum tanggal expired di kemasan? Ternyata hal ini dikarenakan kontak roti dengan udara yang mengakibatkan roti menjadi lembab dan lebih mudah ditumbuhi jamur. Penyimpanan yang kurang tepat memang rawan membuat roti tawar rusak.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan dulu membuka bungkus roti ketika belum ingin memakannya dan menghabiskan roti dalam waktu relatif singkat, sebab kemasan inilah yang menjaga roti tetap segar. Jika telah membukanya, pastikan untuk menutup kembali kemasan dengan rapat agar kualitas roti tetap terjaga.

CopyAMP code
Fitrianingsih
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular