SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, April 9, 2024
spot_imgspot_img
HomeNews7 Tradisi Lebaran Masyarakat Indonesia, Mana yang Paling Kamu Nantikan?

7 Tradisi Lebaran Masyarakat Indonesia, Mana yang Paling Kamu Nantikan?

MediaGo – Lebaran tinggal menghitung hari. Banyak dari kita pasti sudah tak sabar menanti hari raya ini tiba dan melakukan beberapa tradisi lebaran yang telah turun temurun.

Masyarakat Indonesia sendiri memiliki beberapa tradisi lebaran yang unik, yang jika salah satunya tidak dilakukan maka seperti ada yang hilang. Seperti misalnya mudik yang sudah 2 tahun belakangan ini tidak bisa dilakukan akibat pandemi covid-19. Namun, Alhamdulillahnya untuk hari raya tahun ini kita sudah bisa melakukan yang namanya mudik alias pulang kampung.

Baca Juga: 10 Tradisi Unik Menyambut Ramadan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Tradisi Lebaran yang Selalu Dilakukan Masyarakat Indonesia

Jelang hari raya Idulfitri, yuk intip apa saja sih tradisi lebaran yang sering dilakukan masyarakat Indonesia seperti yang kami kutip dari laman Suara.com berikut ini.

1. Beli baju lebaran

tradisi lebaran beli baju lebaran
Sumber : pikiran-rakyat.com

Saat menjelang lebaran tiba, biasanya masyarakat membeli baju lebaran. Di hari yang suci dan fitri, rasanya ingin semuanya serba baru, hati yang lebih bersih, suci, dan diwakilkan dengan pakaian yang juga baru. Maka dari itu, momen lebaran pasti menjadi momen tersibuk di pusat perbelanjaan.

2. Mudik (Pulang Kampung)

mudik tradisi lebaran Indonesia
Sumber : detik.com

Salah satu hal yang dinantikan menjelang lebaran adalah mudik. Banyak masyarakat di Indonesia yang merantau ke ibu kota, dan karena kesibukannya, mereka tidak bisa terlalu sering pulang ke kampung halamannya.

Itu sebabnya, lebaran menjadi momen bagi mereka untuk kembali ke kampung halaman, dengan mengandalkan cuti tahunan. Momen pulang kampung ke halaman ini dimanfaatkan untuk bertemu orangtua dan sanak saudara. Maka wajar, momen mudik lebaran menjadi waktu tersibuk di segala jenis transportasi, karena semua orang melakukan perjalanan secara serentak.

Baca Juga: 7 Tradisi Maulid Nabi di Indonesia yang Unik dan Penuh Makna

3. Halal bi Halal

halal bi halal
Sumber : travel blog

Saat hari lebaran tiba, halal bi halal menjadi momen yang tepat untuk bermaaf-maafan dan menjaga silaturahmi. Kita akan berkunjung ke ruman orangtua, om, tante, nenek, kakek, hingga tetangga. Meski dua tahun belakangan kita tak bisa melakukan silaturahmi karena kondisi pandemi, masyarakat tetap punya cara untuk melakukan halal bi halal secara virtual melalui video call.

4. Menyantap makanan khas lebaran

makanan lebaran 1
suara.com

Tak akan lengkap rasanya jika lebaran tanpa makanan khas lebaran yang tersaji di meja makan. Biasanya saat lebaran tiba, kita akan menemukan sajian ketupat dengan sayur godok, rendang, sambal goreng kentang, aneka soto, opor, hingga gulai. Wah, menggoda banget deh!

Baca Juga: 12 Makanan Tradisional Indonesia yang Wajib Dicoba

5. Berbagi THR

berbagi thr
Sumber : kumparan.com

THR atau Tunjangan Hari Raya adalah sejumlah uang yang biasanya diterima saat lebaran tiba. Biasanya didapatkan dari perusahaan tempat seseorang bekerja.

Nah, di rumah, uang THR ini juga akan dibagi-bagikan kepada para sepupu kecil, keponakan, hingga cucu. Seru melihat mereka semua ikut antri untuk menerima THR dari orang-orang yang lebih tua!

6. Mengantar hantaran ke sanak saudara

Mengantar hantaran ke sanak saudara kini semakin mudah dilakukan dengan adanya kurir paket. Kamu bisa mengirimkan hantaran melalui mereka ke mana pun. Selain membantu memudahkan kamu untuk mengurangi kontak fisik, juga membantu para kurir mencari nafkah, lho.

Baca Juga: 7 Tradisi Lebaran di Indonesia Paling Ditunggu, Ada Mudik dan THR

7. Menyediakan kue khas lebaran

Menyediakan kue khas lebaran tradisi  lebaran
Sumber : MNEWS.co.id

Selain ketupat, ada berbagai macam kue kering juga tersaji saat lebaran. Misalnya kue Putri Salju, Kastengel, Sagu Keju, hingga Lapis Legit. Kue ini juga selalu tertata cantik di meja tamu. Kalau nggak ada kue-kue ini rasanya lebaran jadi kurang berkesan.

Nah itulah beberapa tradisi lebaran masyarakat Indonesia. Pasti semuanya sudah kamu nantikan, kan? Tulis di kolom komentar ya kesan tentang lebaran tahun ini!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular