SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Wednesday, May 22, 2024
spot_imgspot_img
HomeNews7 Tradisi Lebaran di Indonesia Paling Ditunggu, Ada Mudik dan THR

7 Tradisi Lebaran di Indonesia Paling Ditunggu, Ada Mudik dan THR

MediaGo – Tanpa terasa idul fitri akan datang sebentar lagi. Di Indonesia sendiri perayaan idul fitri juga dikenal dengan sebutan Lebaran. Tidak hanya sekedar ucapan hari kemenangan, pada hari ini pula umat muslim akan merasakan kebahagiaan karena ada berbagai tradisi Lebaran di Indonesia yang tentunya sudah mereka tunggu-tunggu.

Tradisi Lebaran di Indonesia pada setiap wilayahh atau daerah mungkin berbeda-beda. Namun beberapa diantaranya, seperti halal bi halal, takbir keliling, sampai mudik tidak terdengar asing di sebagian besar penduduk Indonesia.

Baca juga: Terbitkan Surat Edaran THR 2023, Menaker: THR Wajib Dibayar Penuh dan Tidak Dicicil

Ingin tahu tradisi Lebaran di Indonesia yang selama ini telah dirindukan karena adanya pandemi? Yuk simak artikel berikut!

7 Tradisi Lebaran di Indonesia

1. Mudik

Tradisi Lebaran di Indonesia yang sampai saat ini masih ramai dilakukan adalah mudik alias pulang kampung. Perantau akan menggunakan libur panjang di musim Lebaran untuk kembali ke kampung halaman.

Selain digunakan sebagai momen saling memaafkan, bagi para pemudik Lebaran juga menjadi saat di mana mereka bisa menumpahkan rasa rindu.

Baca Juga: 7 Tradisi Lebaran Masyarakat Indonesia, Mana yang Paling Kamu Nantikan?

2. Halal Bi Halal

halal-bi-halal tradisi lebaran

Halal bi halal adalah kegiatan berkunjung ke rumah keluarga, saudara, atau bahkan tetangga untuk saling bermaaf-maafan.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini halal bi halal juga diadakan secara online, seperti melalui video call. Meski begitu, halal bi halal akan terasa lebih afdol jika dilakukan secara langsung karena biasanya juga akan disertai dengan makan bersama.

Baca juga: Syarat Mudik Lebaran Naik Pesawat 2022 Pastikan Sebelum Membeli Tiket

3. Salam Tempel atau THR

besaran thr 2023

Tradisi Lebaran satu ini mungkin menjadi salah satu yang disukai khususnya oleh anak-anak atau seseorang yang belum bekerja. Salam tempel adalah tradisi membagi-bagian amplop berisi sejumlah uang. Biasanya sudah dipersiapkan sejak Ramadan THRnya.

Disebut salam tempel karena biasanya THR ini akan diberikan saat sedang bersalaman. 

4. Takbir Keliling

Salah satu cara menyambut kemenangan di hari yang fitri adalah dengan pelaksanaan takbir keliling. Kegiatan ini dilakukan dengan menyerukan takbir secara keliling baik jalan kaki maupun naik kendaraan.

Kegiatan takbir keliling menjadi salah satu momen yang dinanti anak-anak saat musim Lebaran karena biasanya disertai dengan membawa lampion yang cantik-cantik.

5. Ziarah Makam

Tradisi ziarah makam saat Lebaran biasanya dilakukan setelah salat Idul FItri. Salah satu hal yang istimewa di sini adalah dilakukan bersama dengan keluarga besar yang sedang mudik. Orang-orang yang datang ke makam akan berdoa dan nyekar atau menabur bunga untuk mempercantik makam keluarga.

Baca juga: Prediksi Ramadan 2022: Belanja Konsumsi Dan Mudik Lebaran Mendekati Normal

6. Liburan Bersama Keluarga Besar

Karena waktu libur Lebaran yang cukup panjang, sisa waktu yang ada selama di kampung halaman biasanya akan dihabiskan dengan berlibur bersama keluarga besar. Momen ini akan menjadi hal yang berharga karena kemungkinan hanya terjadi sekali waktu dalam satu tahun.

7. Ketupat

resep ketupat enak dan tidak cepat basi

Tradisi Lebaran selanjutnya adalah makan ketupat. Makanan khas Lebaran ini biasanya disantap dengan opor ayam, rendang, semur, dan kerupuk udang. Lebih istimewanya lagi, alih-alih membeli ketupat ini biasanya dibuat sendiri satu hari sebelum hari raya idul fitri. Makan ketupat terasa semakin nikmat karena dilakukan bersama keluarga.

Baca Juga: Moms Harus Tahu! Ini Resep Membuat Ketupat yang Enak dan Tidak Cepat Basi

Itu tadi tradisi lebaran di Indonesia. Selamat lebaran!

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular