SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, April 16, 2024
spot_imgspot_img
HomeNewsGerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021: Cuma 3 Menit!

Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021: Cuma 3 Menit!

MediaGo – Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang akan terjadi pada 10 Juni diperkirakan berlangsung selama 100 menit, sedangkan tahap puncaknya, yang disebut cincin api (ring of fire) hanya berlangsung maksimal 3 menit 51 detik.

Pada GMC pertama tahun ini, bulan hampir seluruhnya akan menghalangi matahari dan hanya akan menyisakan cincin api dari bintang Bumi yang terlihat Kamis 10 Juni 2021 pagi.

Mengutip laman Live Science, Rabu (9/6/2021), fenomena sains ini dapat disaksikan di beberapa bagian Kanada, Greenland dan Rusia utara dan akan dapat melihat cincin berapi-api ini, yang juga dikenal sebagai gerhana cincin, menurut NASA.

gerhana matahari
cnnindonesia.com

Namun, gerhana matahari parsial – ketika bulan mengambil bagian melingkar dari matahari – akan terlihat di lebih banyak wilayah di Belahan Bumi Utara, termasuk bagian timur Amerika Serikat dan Alaska utara, sebagian besar Kanada, dan sebagian Karibia, Eropa, Asia dan Afrika utara, NASA melaporkan.

GMC terjadi ketika bulan bergeser di antara Bumi dan matahari, menghalangi sebagian atau hampir semua cahaya matahari.

Selama gerhana annular, Bulan cukup jauh dari Bumi sehingga terlalu kecil untuk menghalangi seluruh matahari. Sebaliknya, saat bulan meluncur melintasi matahari, tepi luar matahari masih terlihat dari Bumi sebagai anulus, atau cincin.

Menurut LAPAN, GMC hanya dapat disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin (Kanada) serta Kawasan Siberia (Rusia) dengan ketampakan maksimum terjadi pada pukul 17.43.05 WIB / 18.43.05 WITA / 19.43.05 WIT.

Sementara itu, wilayah seperti Greenland, Islandia, Eropa, Rusia, negara-negara Asia Tengah dan Tiongkok bagian Barat dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian.

Fenomena GMC akan dimulai saat Matahari terbit di Ontario, kemudian proses gerhana melintasi bagian utara Bumi. Di tengah jalan, puncak gerhana terjadi pada siang hari setempat di utara Greenland.

Setelah itu jalur gerhana cincin memapar Kutub Utara Bumi, lalu berakhir saat matahari terbenam di timur laut Siberia.

BMKG menyebut terdapat dua macam bayangan Bulan yang terbentuk saat GMC, yaitu antumbra dan penumbra. Di wilayah yang terlewati antumbra, gerhana yang teramati akan berupa GMC, sementara di wilayah yang terkena penumbra, gerhana yang teramatinya berupa Gerhana Matahari Sebagian.

GMC Berlangsung 100 Menit

Seluruh gerhana matahari cincin akan berlangsung sekitar 100 menit, dimulai saat matahari terbit di Ontario, Kanada, dan bergerak ke utara hingga saat gerhana terbesar, sekitar pukul 08:41 waktu setempat di Greenland utara dan berakhir saat matahari terbenam di timur laut Siberia, menurut EarthSky.

Fase “cincin api”, ketika bulan menutupi 89% matahari, akan berlangsung hingga 3 menit dan 51 detik di setiap titik di sepanjang jalur ini.

Daerah-daerah yang tidak berada di sepanjang jalur gerhana matahari akan melihat gerhana sebagian, jika cuaca memungkinkan.

gerhana matahari
suara.com

Di daerah ini, bagian luar bulan, bayangan lebih terang, yang dikenal sebagai penumbra, menghalangi matahari. Saat bulan lewat di depan matahari, akan terlihat seperti bayangan ini mengambil sebagian dari bintang yang terang.

Karena gerhana yang terjadi ini tidak akan mencakup totalitas, Anda tidak boleh melihat gerhana secara langsung, meskipun Anda mengenakan kacamata hitam.

Sebagai gantinya, Anda memerlukan kacamata gerhana khusus atau alat lain, seperti penampil gerhana matahari buatan sendiri atau bahkan saringan yang akan menunjukkan bayangan gerhana parsial jika Anda membiarkan matahari bersinar melalui lubangnya dan ke tanah atau permukaan lain.

Jika Anda melewatkan gerhana matahari ini, Anda masih memiliki satu kesempatan lagi tahun ini. Gerhana matahari kedua dan terakhir tahun 2021 akan berlangsung pada 4 Desember.

Meskipun gerhana matahari total hanya akan terlihat dari Antartika, orang-orang di Afrika selatan, termasuk Namibia dan Afrika Selatan, dapat melihat sekilas gerhana matahari sebagian.

Daerah yang Dilintasi Gerhana Matahari Cincin

Fenomena alam yang langka ini terjadi di wilayah yang dilintasi Umbara, seperti Kanada, Greenland, dan Rusia timur jauh. Tepatnya, Gerhana Matahari Cincin hanya dapat disaksikan di Pulau Ellesmere dan Bafin (Kanada) serta kawasan Siberia (Rusia).

gerhana matahari
tempo.co

Sementara itu, sebagian besar wilayah di Eropa, Rusia, Asia Tengah, dan Asia Timur hanya dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian pada puncak gerhana.

Menurut laman LAPAN, fenomena gerhana matahari cincin 10 Juni 2021 tidak dapat disaksikan di wilayah Indonesia. Hal ini karena bayangan penumbra bulan yang jatuh di permukaan bumi tidak melintasi Indonesia. Sehingga bulan tidak akan menutupi matahari.

CopyAMP code
Fitrianingsih
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular