SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, April 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeNewsJelang Iduladha, PKM Resahkan Warga

Jelang Iduladha, PKM Resahkan Warga

Menjelang hari raya Iduladha 2022, masyarakat digegerkan dengan adanya isu PKM ( Penyakit Kuku dan Mulut) yang marak di idap hewan kambing dan juga sapi.

Kekhawatiran masyarakat tersebut diakibatkan karena kabar dari penyakit PKM sendiri menyerang hewan kurban. Hal tersebut membuat masyarakat yang berencana ingin melakukan kurban dan juga mengkonsumsi daging kurban menjadi takut akibat adanya penyakit Kuku dan Mulut (PKM) yang menyerang hewan sapi dan kambing tersebut.

Pemprov Jawa Barat memastikan keamanan dan kesehatan hewan kurban jelang Hari Raya Iduladha 1443 H. Terkait hal tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membagikan postingan di akun instagram resminya pada hari Kamis 9 Juni 2022 dengan isinya “permasalahan Penyakit Mulut dan Kuku (PKM) sejauh ini sudah ditangani secara komprehensif”.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengatakan bahwa hewan khususnya sapi dan kambing yang dinyatakan sehat dan terbebas dari penyakit secara hukum dan syariat akan diberi tanda berupa sertifikat sehat dengan bentuk kepingan kuning.

“Sebanyak 800 ribuan ekor hewan kurban yang sehat secara hukum dan juga syariat akan ditandai dengan sebuah sertifikat sehat yang berbentuk kepingan kuning dan dipasang pada telinga hewan kurban. Itulah rumus untuk menentukan hewan kurban”, ujar Pemprov Jawa Barat.

“Di samping itu, program vaksinasi dan pemberian obat bagi hewan yang sakit masih terus dilakukan guna mencegah penyebaran Penyakit Kuku dan Mulut (PKM). Hal tersebut juga termasuk dari gugus tugas penanganan di level kecamatan,” ujar pemprov Jawa Barat menambahkan.

Selain pengamanan terhadap kesehatan hewan kurban, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga turut mempersiapkan proses ibadah sholat Iduladha di berbagai tempat yang sudah disediakan. Tidak lupa juga Pemprov Jawa Barat juga mengutamakan upaya antisipatif dalam meredanya pandemi Covid-19.

Gubernur Jawa Barat menjelaskan, bahwa kondisi pandemi Covid-19 sudah mulai membaik sehingga pelaksanaan sholat Iduladha dikabarkan akan lebih aman dan terkendali mengingat ketika pelaksanaan Idul Fitri lalu juga berjalan sangat baik.

“Warga Jawa Barat, Insya Allah pelaksanaan Hari Raya Iduladha tahun ini akan berlangsung aman dan juga nyaman”, tutur Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga meminta warga Jawa Barat untuk tetap tenang dan santai dalam menghadapi Iduladha yang Insya Allah akan lebih aman dari sebelumnya.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular