You are here
Home > Otomotif >

Mengenal Rara Isti, ‘Artis’ Pawang Hujan di Mandalika

rara isti

MediaGo – Rara Isti Wulandari tengah menjadi perbincangan hangat warganet di seluruh media sosial karena aksinya yang menjadi pawang hujan dalam ajang MotoGP Mandalika, pada Minggu, 20 Maret 2022 kemarin. Pada Minggu sore, arena sirkuit ini diguyur hujan deras dan balapan motor pun sempat ditunda lantaran hal tersebut. Ketika itu, Rara langsung turun ke area tengah balapan, sembari merapalkan beberapa ajian untuk menghentikan guyuran hujan di Mandalika.

Rara Isti Wulandari tidak gentar berjalan di bawah guyuran hujan di tengah lintasan sirkuit Mandalika. Ia dibayar mahal untuk menjadi seorang ‘pengusir’ hujan di tengah-tengah gelaran ajang balap paling bergengsi di dunia itu. Aksi dari Rara Isti Wulandari ini viral di media sosial dan seperti biasa menuai pro dan kontra di kalangan warganet. Bahkan ia juga menjadi sorotan dari para pembalap dan tim serta media asing yang menyoroti perempuan pawang hujan tersebut. Nah, berikut adalah fakta menarik tentang Rara Isti Wulandari yang disadur dari berbagai sumber.

1. Profil Rara Isti Wulandari

Pemilik nama Rara Isti Wulandari ini adalah seorang perempuan yang lahir di Jayapura, Papua pada 22 Oktober 1983 dan saat ini ia sudah berusia 39 tahun. Walaupun lahir di Jayapura, Rara mempunyai darah Jawa yang mana ia keturunan Solo dan Yogyakarta. Rara senang bermain media sosial. Ia mempunyai akun Facebook yang diberi nama Cahaya Tarot.

rara isti

Pekerjaannya menjadi seorang pawang hujan sudah dijalankan Rara saat ini berhubungan erat dengan dunia spiritual. Tidak heran bila ia mempunyai kemampuan tersebut, sebab dirinya sudah dekat dengan hal-hal yang berbau mistis sejak masih kecil. Hal ini karena sang ayah dekat dengan keraton Solo. Ia kerap ditugaskan untuk mengatasi berbagai acara di keraton itu.

2. Rara Isti Diberikan Gaji dengan Menyentuh Angka 3 Digit

Rara pernah memberikan honor yang diterimanya selama menjadi pawang hujan di sirkuit Mandalika. Lewat akun Facebook pribadi miliknya yang bernama Cahaya Tarot, Rara membagikan tangkapan layar yang berupa pesan notifikasi transfer.

“Alhamdulillah. Maturnuwun. Terima kasih. Rejeki Hoki All Universe Mandalika Street Circuit,” tulis Rara dalam akun Facebook miliknya.

Diketahui bahwa Rara mengaku memang secara resmi dipekerjakan oleh Indonesia Tourism Development Corporation selaku perusahaan BUMN pemilik Sirkuit Mandalika yang juga menaungi MGPA selaku panitia penyelenggara gelaran tersebut.

3. Gaya Pawang Hujan Rara Isti Ditiru Pembalap

Hujan lebat mengguyur Sirkuit Mandalika jelang dimulainya balapan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia, Minggu (20/3/2022). Di tengah hujan, pawang hujan yang dikenal sebagai Mbak Rara muncul di jalur pitstop dan memasuki tengah sirkuit.

Aksinya mengundang perhatian penonton dan juga para pembalap yang menunggu hujan reda. Terlihat wanita bernama lengkap Rara Istiati Wulandari ini melakukan ritual untuk menyetop hujan deras.

Sang pawang sempat keliling sirkuit dengan panjang 4.31 kilometer itu. Aksi pawan hujan mengundang reaksi dari para penonton MotoGP Mandalika 2022. Mereka pun heboh dan meneriakkan sang pawang.

Tak hanya itu, para jurnalis MotoGP luar negeri pun dibuat terkejut. Mereka yang sedang duduk mengetik di media center kemudian berdiri. Para jurnalis luar negeri ini meninggalkan media center untuk mengabadikan apa yang dilakukan sang pawang agar hujan segera berhenti.

Balap MotoGP sendiri sedianya akan dilaksanakan pada 14.00 WIB, setelah itu diundur menjadi 14.10 WIB. Namun, huja belum juga reda. Tak lama setelah ritual dilakukan Mbak Rara, hujan mulai reda sekitar pukul 15.00 WIB. Balapan MotoGP pun akhirnya diputuskan untuk digelar pada pukul 15.15 WIB.

Aksi pawang hujan Rara Isti Wulandari ini juga menarik perhatian salah satu pembalap yaitu Fabio Quartararo. Ia menirukan ketika Rara Isti memutar tongkat di atas mangkuknya. Sambil menunggu hujan reda, pembalap dari Yamaha MotoGP ini menirukan gaya pawang hujan yang tengah berada di Sirkuit Mandalika lewat paddock.

Dengan memakai sebuah mangkuk plastik dan sendok, Fabio Quartararo dengan senyumnya menirukan gaya sang pawang hujan. Bahkan, mangkuk yang dibawanya itu sempat terjatuh pada saat membuat video parodi pawang hujan di paddock Yamaha tersebut.

4. Rara Isti Menjadi Sorotan Media Asing

Rara langsung menjadi sorotan media asing saat dirinya melaksanakan ritual untuk mengendalikan hujan di tengah gelaran ajang MotoGP Mandalika pada Minggu 20 Maret 2022. Aksi yang dilakukan di depan ribuan pasang mata dan sorotan kamera para jurnalis, termasuk dari media asing.

rara isti

Di tengah derasnya air hujan, ia melaksanakan ritual, sembari memegang beberapa alat dan tidak lupa mengucapkan sejumlah ajian. Tidak disangka, aksi ini berbuah keberhasilan. Usai Rara melaksanakan ritual ini, perlahan hujan di area sirkuit mereda dan balapan pun dapat dilanjutkan kembali.

5. Rara Isti Mendapatkan Julukan dan Pujian dari MotoGP

Cuplikan video ketika sang pawang hujan berkeliling di sirkuit Mandalika viral di media sosial. Bahkan, akun Twitter resmi dari MotoGP juga ikut takjub dan mengunggah momen ini. Akun tersebut menjuluki Rara Isti Wulandari dalam cuitannya “The Master #IndonesianGP” dikutip dari unggahan Twitter @MotoGP Minggu, 20 Maret 2022.

Karena keberhasilan yang dilakukan oleh Rara, MotoGP pun takjub dengan aksinya tersebut yang dinilai berhasil untuk menghentikan hujan. Akun Twitter @MotoGP menulis “IT WORKED” beberapa menit setelah mengunggah video yang menunjukkan aksi pawang hujan berkeliling di sirkuit sekaligus ketika hujan mulai reda.

Atas aksi yang dilakukan oleh Rara dalam mengusir hujan dengan berkeliling di Sirkuit Mandalika sampai ditonton oleh para pembalap tersebut menuai pro dan kontra. Bahkan, karena kejadian tersebut, kata “memalukan” masuk ke dalam salah satu trending topik di Twitter. Salah satu warganet menulis “”Mempertontonkan kebodohan ke dunia internasional, kelakuan dukun yang bener-bener memalukan.”

Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

Top