You are here
Home > Gaya Hidup >

Bikin Konten Gratis Cuma di 7 Website Ini, Mau Coba?

konten gratis

MediaGo – Untuk membuat konten gratis saat ini nampaknya terdengar tak mungkin. Namun, hal ini bisa kamu lakukan kalau kamu membuatnya di beberapa website konten gratis berikut ini.

Kamu sebagai generasi milenial pasti nggak jauh dari yang namanya media sosial. Dalam satu hari pasti kamu melihat beberapa video berseliweran baik di media sosial maupun platform video seperti Youtube.

Banyak jenis video yang pasti kamu tonton mulai dari informasi tentang kesehatan, resep dan cara membuat masakan bahkan video harian atau vlog seorang figur publik. Buat kamu yang tertarik untuk membuat video seperti mereka atau untuk keperluan tugas kuliah, coba cek sejumlah situs berikut yang menyediakan video gratis yang bisa kamu gunakan untuk pembuka, ilustrasi maupun penutup konten kamu.

1. Pexels

konten gratis

Untuk kamu yang terbiasa mencari foto-foto untuk keperluan konten artikel kamu, pasti sering mendengar nama website konten gratis ini. Ya, Pexels adalah situs penyedia foto gratis yang bisa kamu unduh tanpa perlu membayar sepeserpun.

Seiring berkembangnya Pexels, sekarang tidak hanya foto, namun kamu juga bisa mencari dan mengunduh video High Definition dengan resolusi 4K. Dilansir TechRadar, resolusi 4K adalah sebutan untuk kualitas gambar Ultra HD dengan resolusi 3840 x 2160 pixels atau kadang ditulis 2160p. Itu artinya kamu nggak perlu takut video nantinya pecah.

Mengutip dari G2, para pengguna merasakan kepuasan dari mengunduh foto dan video dari pexels. Pasalnya, tidak hanya gratis tapi juga bebas dari hak cipta. Bahkan salah satu pengguna merasa pexels memudahkannya membangun kanal Youtube. Kualitas video dan fotonya dia gunakan untuk thumbnail dan juga cover Short di kanal Youtubenya.

2. SplitShire

Dilansir CabinetM, Splitshire ditemukan oleh Daniel Nanescu seorang fotografer asal Itali. Perusahaan yang berbasis di Albiano d’Ivrea, Turin, Italy ini telah berdiri sejak tahun 2014. Menawarkan berbagai macam foto dan video yang bisa diunduh gratis dan dipakai tanpa perlu memikirkan hak cipta.

Video-video yang disediakan oleh Splitshire sendiri dibuat oleh Daniel Nanescu yang membuatnya khusus untuk siapa saja yang ingin mengunakan untuk keperluan komersil maupun pribadi. Namun, ada larangan untuk tidak menggunakan video untuk keperluan seperti proyek diskriminasi, kekerasan dan juga rasisme.

3. ClipStill

Website konten gratis berikutnya yang patut kamu coba adalah Clipstill. Clipstill merupakan situs yang menyediakan sinematografi yang bervariasi.

Kelebihan yang didapatkan dari mengunduh template video gratis di Clipstill adalah ukuran filenya yang tergolong kecil namun dengan kualitas 4K. Hal ini cocok untuk kamu yang membutuhkannya untuk keperluan desain situs.

Setiap bulannya, template video-video di Clipstill akan diperbaharui. Namun, kalau kamu tidak ingin menunggu, kamu bisa coba sign in dan membayar sebesar US$49 sekali untuk mendapatkan akses mengunduh template video premium tanpa perlu menunggu sebulan.

4. Coverr

konten gratis

Dilihat dari review di Product Hunt, Sebanyak 20 orang memvoting Coverr dan mendapatkan rating 5 dari 5 oleh para penggunanya. Rating tersebut diperoleh karena Coverr menawarkan banyak fitur seperti video dalam resolusi High Definition, bebas dari hak cipta, dapat diunduh gratis dalam format MP4.

Satu lagi yang terpenting, kamu tidak perlu sign up untuk bisa mengunduh video-videonya. Video tersebut bisa kamu gunakan tidak hanya untuk keperluan pribadi namun juga untuk proyek komersial. Selanjutnya, kamu bebas mengedit video tersebut sesuka hati.

5. Dareful

Website ke lima yang bisa kamu coba untuk mendapatkan template video secara gratis adalah Dareful. Mengutip dari Hootsuite, website ini dulunya bernama Stock Footage For Free.

Kamu dapat dengan mudah mengunduh template video dan juga membagikannya. Semua video dan gambar yang disediakan adalah hasil karya Joel Holland, pendiri VideoBlocks yang juga merupakan layanan penyedia gambar dan video.

Menurut Motion Cue, website konten gratis yang satu ini lebih mengedepankan kualitas video yang bagus ketimbang jumlah video yang banyak. Video yang disajikan berkualitas 4K berbentuk landscape dan juga backdrop. Dareful juga memberikan deskripsi di setiap videonya,

6. Vidsplay

Website konten gratis berikutnya yang patut kamu kunjungi untuk mencari video adalah Vidsplay. Website ini menyediakan video dan gambar yang diperbaharui setiap minggunya sehingga kamu nggak perlu takut kekurangan template video untuk konten kamu. Mengutip Motion Cue, kelebihan mencari video di Vidsplay adalah adanya kolom kategori yang memudahkan kamu untuk mencari video sesuai dengan keperluan kamu tanpa ribet.

Berdiri sejak tahun 2010, Vidsplay membebaskan kamu menggunakan dan mengunduh video tanpa ketakutan mengenai hak cipta. Namun, kamu perlu mencantumkan nama penyedia video di dalam produksi videomu, kutip Hootsuite.

7. Pixabay

Dilansir Hootsuite, Pixabay memiliki lebih dari 2.3 juta viedo dan foto di databasenya. Gambar dan video juga memiliki High Definition.Video yang disuguhkan memiliki rata-rata durasi satu menit.

Mengutip MotionCue, situs ini berada di bawah lisensi Creative Common Zero (CC0) yang berarti semua gambar dan video yang diunduh bebas untuk disalin ulang, dimodifikasi dan juga dan distribusikan, karena bebas dari hak cipta dan tidak perlu persetujuan dari pihak pemilik atau penyedia foto. Meskipun bebas dari hak cipta, ada baiknya kamu memberikan kredit dengan cara mencantumkan nama penyedia gambar maupun video.

Deretan website konten gratis tadi patut dicoba untuk kamu yang butuh template video untuk keperluan tugas kuliah atau kamu yang tertarik untuk mulai menjadi vlogger. Selain keren-keren, kamu masih bisa berkreasi dengan template-template video gratis tadi dan menunjukkan kreativitasmu.

Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

Top