You are here
Home > Pendidikan >

5 Tips Parenting Islami dari Syekh Ali Jaber

Syekh Ali Jaber
Bagikan

Mediago.id – Berita Syekh Ali Jaber meninggal di Januari 2021 ini tentu membawa duka mendalam bagi umat muslim di Indonesia. Pendakwah yang selama masa hidupnya menebar kebaikan dengan ceramah-ceramah yang menenangkan ini juga mengajarkan ilmu dan tips parenting untuk menciptakan anak-anak yang membanggakan dan berbakti keypada orangtua.

Sebelum kepergiannya, Januari 2020 Syekh asal Madinah ini menyampaikan dakwah sekaligus pesan untuk para orang tua di kanal Youtube miliknya. Dalam dakwahnya ini, Beliau berpesan bahwa setiap orang tua harus menjadi tempat berkeluh kesah, apalagi sampai anak lalai dengan ajaran agamanya.

5 Tips Parenting Islami dari Syekh Ali Jaber
Tips Parenting Islami dari Syekh Ali Jaber/ Foto: Instagram/@syekh.alijaber

Tips Parenting Islami untuk Mendidik Anak

Selain memberikan dakwah dan pasen-pesan, Syekh Ali Jaber juga menyelipkan ilmu dan tips parenting dalam ajaran Islam yang bisa menyesuaikan dengan zaman dan keadaan saat ini. Berikut ini tips parenting islami dari Syekh Ali Jaber:

1. Orang tua harus senantiasa bisa menjadi tempat curhat anak-anaknya

Pendakwah yang memiliki cita-cita menjadikan Indonesia sebagai 1000 hafidz atau penghafal Al-Qur’an memberikan tips parenting yang mengatakan bahwa sebagai orang tua harus bisa menjadi tempat curhat ana-anaknya. Jangan sampai justru anak takut cerita atau bahkan lebih percaya kepada orang lain dibandingkan orang tua. 

Jika anak lebih percaya kepada orang lain, ini akan menyebabkan aib keluarga kepada orang lain. Ditambah jika aib tersebut jatuh ke tangan orang jahat, sehingga aib keluarga akan tersebar ke mana-mana.

Istri dan anak Syekh Ali Jaber
Keluarga Syekh Ali Jaber saat ditemui di kediamannya, Taman Berdikari Sentosa, Polugadong, Jakarta Timur. [Foto: Moh Ramli/TIMES Indonesia]

2. Bijak dalam penggunaan gadget, supaya anak terhindari dari godaan fitnah

Tips parenting islami dari Syekh Ali Jaber juga berisi peringatan kepada orang tua, bahwa zaman sekarang ini banyak sekli godan fitnah. Oleh arena itu, orang tua harus berhati-hati dalam menggunakan gadget baik untuk dirinya dan anak-anaknya. Apalagi saat ini sudan banyak orang tua yang memberikan akses penggunaan gadget kepada anak-anak, sebaiknya perhatikan dalam penggunaannya.

Baca Juga:  Rayakan Ultah ke-50, Suzuki Donasikan 5 Mobil untuk Pendidikan

Syekh Ali Jaber juga mengingatkan para orang tua untuk jangan terlalu mengandalkan gadget sebagai cara cepat atau cara untuk membuat anak tenang ketika rewel.

3. Mendidik anak untuk lebih mencintai agama

Syekh Ali Jaber menegaskan bahwa setiap tugas setiap orang tua, khususnya untuk beragama muslim adalah berusaha dengan maksimal dan mengutamakan untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak untuk cinta kepada agama. Mulai dari mencitain Allah SWT, Nabi Muhammad SWA, dan Al-Qur’an.

Syekh Ali Jaber dengan anak-anak.
Syekh Ali Jaber dengan anak-anak. (Sumber: HaiBunda)

4. Ajari anak untuk menghormati Ibu

Syekh Ali Jaber merupakan sosok yang sangat berbakti kepada orang tua, khususnya Ibu. Bahkan, dirinya tidak bosan untuk mengajarkan anak-anaknya untuk selalu menghormati sosok Ibu. Apalagi kewajiban untuk menghormati Ibu ada di dalam ayat suci Al-Qu’ran, surah QS. Luqman ayat 14 yang berbunyi;

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.” (terjemah QS. Luqman ayat 14)

Bahkan tidak tanya dalam Al-Qur’an, perintah untuk menghormati Ibu ini diwajibkan. Disebutkan dalam Hadist Nabi Muhammad SAW. Dalam hadist riwayat Abu Hurairah Radiyallahu’annhu, Rosulullah menyuruh kita untuk berbuat baik sampai tiga kali lebih besar kepada Ibu dibandingkan Bapak.

“Seseorang datang kepada Rosullah SAW dan berkata,’Wahai Rosulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’. Nabi SAW menjawab, ‘ibumu’. Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi SAW menjawab, ‘Ibumu’.

Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu’. Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi menjawab ‘Kemudian ayahmu” (HR. BUkhari dan Muslim)

Baca Juga:  SGU Dukung Program Beasiswa Rp8 Miliar dari Algoritma

5. Doakan selalu supaya menjadi anak yang soleh

Sebagai orang tua, tentu mengharapkan agar anak menjadi yang soleh dan mendoakan orang tua  kita sudah meninggal. Syekh Ali Jaber menegaskan ini harus selalu dilakukan dan hangman pernah putus asa ketika berdoa kepada Allah SWT. Berdoalah setiap waktu dan setiap saat nutuk berharap Allah SWT mengabulkan.

Itulah 5 tips parenting dalam mendidik anak dari Almarhum Syekh Ali Jaber yang bisa diikuti dan dipraktekkan di kehidupan sehari-hari.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top