You are here
Home > Pendidikan >

5 Tips Pembelajaran Tatap Muka Agar Anak Mudah Beradaptasi

5 Tips Pembelajaran Tatap Muka Agar Anak Mudah Beradaptasi

MediaGo – Pemerintah telah menentukan kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Hal ini mengharuskan para orang tua untuk kembali melatih anak untuk bersosialisasi langsung dengan lingkungan sekitar setelah setahun lebih beraktivitas dari rumah.

Aktivitas sekolah tatap muka yang mulai digelar menuntut bukan hanya anak yang harus beradaptasi, tetapi juga orangtuanya. Orangtua juga harus kembali belajar dan menyesuaikan kembali dengan aktivitas sekolah anak.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka Akan Dimulai, Apa Syaratnya?

Hal itu disampaikan Strategic Initiatives Senior Lead Mom Baby & Home Living Category Tokopedia Rizki Widyastuti. Melalui kanal Tokopedia Parents melalui Rizki pun membagikan tips parenting untuk membantu agar anak mudah beradaptasi saat bersosialisasi di sekolah dan lingkungan sehari-hari.

1. Lakukan Bermain Peran

Anak akan menemui banyak situasi baru dalam hidupnya. Bermain peran bersama orang tua atau dengan mainan yang dimiliki dapat membantu proses sosialisasi anak nantinya, misalnya dengan orang tua menjadi guru atau teman bermain seumurannya.

2. Validasi Emosi

Jangan ragu untuk memberikan validasi terhadap emosi apapun yang ditunjukkan oleh anak. Salah satunya bisa dilakukan dengan mengatakan bahwa orang tua juga sangat memahami emosi yang sedang dirasakan oleh anak. Ini ditujukan agar anak tidak merasa sendiri saat menghadapi situasi yang baru.

Baca juga: 2 Pengaruh Parenting Untuk Pendidikan Anak Di Masa Pandemi

Menurut Psikolog Anak, Fathya Artha Utami, “Orang tua perlu mendampingi anak mengelola emosi melalui metode HADIR: Hadapi dengan tenang, Anggap semua perasaannya penting, Dengarkan tanpa distraksi, Ingat untuk bantu menamai emosi anak dan Rembukan opsi, batasan serta solusi masalah.”

3. Jangan Memberi Label Pemalu

Percaya pada anak, serta berikan ruang dan waktu untuk anak mengobservasi lingkungan sebelum mereka bersosialisasi dengan orang lain.

4. Berikan Instruksi

Mungkin anak akan menghadapi kebingungan terhadap situasi baru, namun itu adalah sesuatu yang wajar. Orang tua dapat memberikan pengertian dan instruksi secukupnya kepada anak untuk membantu mereka beradaptasi.

Baca juga: LIKEit Lite Galang Dukungan Bagi Anak Putus Sekolah

5. Datang Lebih Awal

Dengan datang lebih awal, Ibu dan Ayah memberikan waktu bagi anak untuk melakukan observasi terlebih dulu terhadap lingkungan barunya. Hal ini juga bisa membantu anak untuk belajar disiplin terhadap waktu dan mendorong anak untuk bisa menyesuaikan dengan lingkungan barunya.

“Mempersiapkan segala kebutuhan sekolah lebih awal juga dapat membantu kesiapan anak. Tokopedia pun mencatat penjualan Seragam Sekolah, Sepatu Anak Laki-laki, dan Pakaian Adat Anak menjadi beberapa produk paling dicari di kategori Ibu dan Bayi pada kuartal III 2021,” ungkap Rizki.

Leave a Reply

Top