You are here
Home > Pendidikan >

Ini Sekolah Termahal di Dunia, Biaya Pertahun Mencapai 1,7 Miliar

Sekolah Termahal di Dunia, Biaya Pertahun Mencapai 1,7 Miliar
Bagikan

MediaGo – Tahukah kalian kalau di salah satu negara bagian di Swiss, ada sebuah sekolah termahal di dunia yang biayanya hingga miliaran rupiah. Sekolah ini bernama Institut Le Rosey! Kenapa bisa dikatakan sekolah termahal di dunia? Apa alasannya? Simak penjelasannya di sini ya!

Dikutip dari ArchDaily, Institut Le Rosey menawarkan sekolah berfasilitas sangat mewah dengan dua lokasi berbeda khusus untuk para siswanya.

Pintu Gerbang Institut Le Rosey, Sekolah Termahal di Dunia

Jika musim semi dan panas, para siswa akan belajar di kawasan kastil Château du Rosey yang dibangun sejak abad ke-14. Dan ketika musim dingin tiba, proses belajar mengajar akan berpindah ke villa ski Gstaad.

Dengan fasilitas mewah yang ditawarkan tersebut, biaya sekolah disana terbilang cukup fantastis. Kamu harus membayar iuran sekolah sebesar 87.300 poundsterling atai setara Rp 1,7 miliar per tahunnya. Itu belum termasuk biaya agenda keluar kota yang sering diadakan pihak sekolah. Wah gila sih!

Sekolah Termahal Di Dunia, Insitut Le Rosey Didirikan 1880

Institut Le Rosey ini didirikan pada tahun 1880 dan dulunya para sultan pernah mengenyam pendidikan di sekolah tersebut, termasuk Raja Albert II dari Belgia, Pangeran Rainier dari Maroko, Raja Farouk dari Mesir, dan yang terakhir Mohammad Reza Pahlevi raja dari negara Iran.

Pihak sekolah mengaku jika 30 persen lulusan dari institut mereka berhasil masuk ke perguruan tinggi ternama di dunia, seperti MIT dan Harvard, hingga Oxbridge di Inggris, yang mengacu pada Oxford dan Cambridge.

Institut Le Rosey

“Kami adalah sekolah asrama internasional yang tertua di Swiss. Siswa yang bersekolah di sini telah melewati saringan khusus. Mereka yang lolos rata-rata memiliki anggota keluarga yang sebelumnya bersekolah di sini,” kata Felipe Laurent, juru bicara dan alumni Le Rosey, seperti dikutip Business Insider.

Baca Juga:  Kurikulum 2013, Keunikan Anak di Kelas Bukan Masalah

“Beberapa keluarga memang menginginkan anaknya bisa bersekolah di sini, karena mereka ingin anaknya itu meneruskan warisan yang sudah turun-temurun yang ada di keluarga mereka,” lanjutnya.

Institut Le Rosey ini mempunyai kampus utama yang terletak di jalan antara Jenewa dan Lausanne dengan bangunan seluas 28 hektare.

Beragam Fasilitas Mewah Ada Di Institut Le Rosey

Namanya juga sekolah termahal di dunia, pihak sekolah sudah menyediakan berbagai fasilitas mewah untuk menunjang pendidikan para siswa, salah satunya adalah kolam renang indoor dan outdoor.

Proses belajar mengajar di kampus utama biasanya dilakukan pada bulan September. Siswa akan mendapatkan liburan di bulan Oktober dan Desember.

Salah Satu Ruangan di Insitut Le Rosey
Ruangan seminar

Setelah Natal berakhir, mereka akan dibawa ke kampus kota kuno Gstaad di daerah pegunungan Alpen Swiss untuk belajar di musim dingin. Para siswa akan diberi kesempatan untuk bermain ski empat kali seminggu dan belajar pada Sabtu pagi.

Di bulan Maret, siswa akan kembali istirahat dan menuju ke kampus utama pada April sampai Juni. Akhir bulan Juni, mereka akan mendapatkan libur musim panas.

Fasilitas Ruang Belajar dan Perpustakaan - Insitut Le Rosey
Perpustakaan

Pada 2017 lalu, ada total 400 siswa berusia antara 8 hingga 18 tahun yang sekolah di Le Rosey. Mereka berasal dari 67 negara dan bisa belajar dalam empat bahasa sekaligus, termasuk bahasa Dzongkha atau Swahili.

Jadi siapa dari kalian yang ingin merasakan sensasi belajar di sekolah termahal di dunia ini? Siapin aja dananya yang banyak ya hehe


Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top