Sunday, November 27, 2022
HomePendidikan4 Tips Menjadi Orangtua Pintar di Masa Anak Belajar dari Rumah

4 Tips Menjadi Orangtua Pintar di Masa Anak Belajar dari Rumah

MediaGo – Sejak pandemi melanda, sistem pendidikan di Indonesia telah mengalami perubahan besar, dari belajar-mengajar tatap muka ke belajar dari rumah (learning from home). semua pelajar di segala tingkat harus beradaptasi dengan gaya baru sistem belajar mengajar.

Banyak orangtua merasakan berbagai masalah yang terjadi saat sistem baru ini. Misalnya saja seperti belajar memahami proses baru, memastikan koneksi internet yang lancar, manajemen waktu, bahkan belajar menggunakan laptop atau smartphone.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka Akan Dimulai, Apa Syaratnya?

Tidak hanya pelajar, orangtua juga harus beradaptasi dengan gaya baru sistem belajar mengajar. Berikut ini 4 tips menjadi orangtua pintar dalam mempersiapkan kegiatan belajar di rumah.

1. Menciptakan Ruang Belajar Sendiri

Memberikan anak ruangan khusus untuk belajar dapat membantu sang anak untuk fokus dan tidak terganggu dengan hal-hal lain. Pastikan ruangan tersebut rapi, tidak berisik, dan cukup terang. Tanyakan kepada anak apa yang ia inginkan di ruang belajarnya sehingga sang anak lebih betah di ruangan belajarnya.

Baca juga: Sistem Belajar Hybrid Yang Sesuai Kebutuhan Guru Dan Murid

2. Siapkan Jadwal

Menjadi orangtua pintar bisa dengan menciptakan jadwal akan membantu menciptakan sifat disiplin. Sesuaikan jadwal secara spesifik (terutama jika punya anak lebih dari satu) setelah menilai ritme dan cara belajar masing-masing anak.

Ajak mereka untuk memberikan pendapat untuk semakin meningkatkan keberanian mereka mengungkapkan pendapat. Saat anak sudah disiplin mengikuti jadwal secara teratur, Anda bisa menjadi lebih tenang dan bahkan bisa tidak selalu berada di samping anak.

Baca juga: Fenomena Fatherless Di Indonesia Dan Dampaknya Bagi Anak

3. Pilih Perangkat Pendukung Belajar Anak

Untuk kelancaran belajar dari rumah, tentu diperlukan perangkat yang menunjang. Hal penting untuk menunjang kegiatan belajar anak adalah perangkat yang tepat dengan fitur-fitur yang bisa mendukung Anda.

4. Hubungi Guru untuk Bertukar Pikiran

Kondisi belajar mengajar jarak jauh ini, Anda harus memiliki hubungan yang lebih erat dengan wali kelas sang anak. Hubungi guru untuk berdiskusi tentang apa yang Anda hadapi dan saling bertukar pikiran untuk memastikan pembelajaran anak tetap efektif.

Nah, itu 4 tips menjadi orangtua pintar agar bisa membimbing dan mengotimalkan belajar anak di rumah. Bagaimana sudah siap menjadi orangtua pintar?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular