SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Friday, April 12, 2024
spot_imgspot_img
HomeTekno5 Smartphone Buatan Indonesia. Ternyata Nggak Kalah Keren!

5 Smartphone Buatan Indonesia. Ternyata Nggak Kalah Keren!

MediaGo – Berbicara soal dunia teknologi khususnya smartphone atau gadget, mungkin sebagian orang lebih familiar untuk merek-merek seperti Samsung, Oppo, Vivo, iPhone, dan lainnya. Tak heran, karena merek-merek diatas memang sudah mendominasi pasar. Namun, tahukah Anda ternyata ada juga lho, beberapa merek smartphone buatan Indonesia yang juga ikut eksis malang melintang di pasaran.

Produk Smartphone Buatan Indonesia
Ilustrasi produk smartphone. (Gambar: Dok. Digital Dealer)

Produk Smartphone Buatan Indonesia

Apa saja sih merek smartphone lokal buatan Tanah Air yang selama ini sudah malang melintang di pasaran dan sebenarnya cukup eksis? Yuk, simak langsung daftar lengkapnya!

1. Advan

Advan merupakan perusahaan elektronik asal Indonesia yang juga kerap memproduksi hp atau smartphone. Perusahaan ini mulai berdiri sejak tahun 2007 di Jakarta dan berfokus pada produksi barang elektronik seperti smartphone, ponsel 2G dan juga tablet.

Advan G5 Elite 2021
Advan G5 Elite 2021

Salah satu keunggulan dari smartphone buatan Advan ini adalah harganya yang sangat terjangkau untuk semua kalangan dengan spesifikasi yang tidak kalah canggih. Salah satu produk smartphone Advan yang sangat populer waktu itu adalah Advan G1, Advan i5 dan tablet T3H yang bentuknya hampir mirip dengan iPad.

2. Evercoss

Nggak kalah sama merek HP ternama, Evercoss juga begitu eksis di pasaran Indonesia. Harganya yang murah membuat Video bokeh produk smartphone ini banyak dikenal masyarakat.

Walaupun harganya sangat miring, namun tetap memberikan kualitas yang begitu baik, tidak heran kalau HP ini menjadi incaran.

Evercross Tera S6
Evercross Tera S6

Perusahaan yang sudah berdiri sejak 2008 di Jakarta ini telah memproduksi banyak produk ponsel android, tablet, hingga smartphone untuk kalangan menengah ke bawah. Produk smartphone-nya yang terkenal pada masanya antara lain adalah Evercoss Winter Series dan Evercoss Elevate Series.

3. Mito Mobile

Mito Mobile merupakan perusahaan ponsel lokal yang berhasil meraih Top 3 vendor ponsel terbesar se-Indonesia. Berpusat di Jakarta sejak 2004, Mito memang salah satu pabrikan ponsel pertama dan tertua di Indonesia.

Mito W1 Gaming
Mito W1 Gaming

Perusahaan elektronik terbesar ketiga ini dikenal dengan produk ponsel dan smartphone untuk kelas menengah ke bawah. Salah satu produk smartphone paling populer dari pabrikan satu ini adalah Mito Fantasy Note A30 yang dirilis tahun 2015.

4. Polytron

Sejak tahun 70-an, Polytron sudah banyak dikenal sebagai pabrik pembuat barang-barang elektronik ternama asal Indonesia.

Didirikan sejak 18 Mei 1975 di Kudus, Polytron telah banyak memproduksi barang elektronik untuk masyarakat Indonesia yang salah satunya adalah produk smartphone.

Polytron Rocket T7
Polytron Rocket T7

Keunggulan dari smartphone buatan lokal ini salah satunya karena harganya yang sangat terjangkau, meskipun murah, namun spesifikasi yang ditawarkan sudah sangat memadai. Salah satu produk smarpthone Polytron yang terkenal dan terbaik adalah P520 yang ditujukan untuk kalangan menengah ke atas.

5. Digicoop By ITB

Smartphone buatan Indonesia yang terkahir adalah Digicoop. Diciptakan oleh tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB), ponsel ini diklaim sudah mengusung TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) sesuai anjuran Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Digicoop Smartphone by ITB
Digicoop Smartphone by ITB

Smartphone besutan universitas dari Bandung itu sudah mengusung konektivitas 4G dan cuma dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni 1,2 jutaan.  Untuk spesifikasinya sendiri, Smartphone ini mengusung RAM 1GB, dengan ROM 8GB, kamera 5MP dan 2MP, serta baterai 1.800mAh.

Itulah 5 merek hp buatan lokal yang tidak kalah saing dengan produk luar. Walaupun kualitasnya masih sangat jauh, namun produk smartphone asal Indonesia ini masih keren untuk kita gunakan sehari-hari!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular