You are here
Home > Tekno >

Cara Mendaftar dan Menggunakan Aplikasi Clubhouse

Clubhouse
Bagikan

Mediago – Teknologi – Clubhouse, aplikasi media sosial berbasis audio diluncurkan Paul Davidson dan Rohan Seth pada April 2020. Awalnya, aplikasi ini hanya 3.500 pengguna saja. Namun, penggunanya meroket ketika CEO Tesla Elon Musk dan CEO Facebook ikut nimbrung dalam aplikasi ini.

Di Tanah Air, banyak artis sampai influencer di Tanah Air juga ‘ketularan’ menggunakan aplikasi Clubhouse. Lalu, apa sebenarnya aplikasi Clubhouse?

Clubhouse adalah platform media sosial yang berbasis audio-chat. Dari segi penggunaannya, aplikasi ini memang terasa mirip seperti Zoom dan Podcast, bahkan mirip dengan tayangan TED Talks, namun lebih eksklusif karena disiarkan secara live oleh pengguna-pengguna tertentu tanpa adanya pengulangan atau siaran ulang.

Baca juga: 10 Fitur Unggulan Android 10 Yang Wajib Kamu Coba

Di dalam tiap room atau ruang siaran langsung, nantinya akan ada moderator, pembicara, serta pendengar. Para pendengar pun bisa turut berpartisipasi dalam obrolan apabila mendapat persetujuan atau perizinan dari moderator.

Tokoh yang bisa menjadi pembicaraan dalam obrolan datang dari berbagai ahli, tokoh-tokoh besar yang inspiratif, selebriti, jurnalis, dan masih banyak lagi.

Cara Mendaftar Clubhouse

Aplikasi Clubhouse

Salah satu keunikan dari aplikasi ini adalah pengguna tidak bisa langsung membuat akun Clubhouse begitu saja.Aplikasi yang dikembangkan perusahaan Alpha Exploration ini tersedia eksklusif melalui undangan.

Apabila ingin menggunakan Clubhouse, pengguna harus mendapat undangan terlebih dulu dari pengguna yang telah memiliki akun Clubhouse. Undangan ini berbentuk link (tautan) yang dikirim langsung via SMS ke nomor telepon.

Orang yang mengundang hanya membutuhkan nomor telepon. Setelah itu, pengguna akan mendapatkan tautan dan memberitahukan untuk mengunjungi joinclubhouse.com/app dan masuk dengan nomor itu.

Ketika tautan tersebut di-klik, pengguna akan diarahkan menuju toko aplikasi untuk mengunduh Clubhouse dan membuat akun baru. Setelah memiliki akun, para pengguna bisa mengakses Clubhouse dan memilih topik obrolan sesuai minat yang telah tersedia dalam berbagai daftar room, termasuk daftar partisipan yang terlibat di tiap room tersebut.

Baca Juga:  5 Akun Instagram Bertopik Teknologi yang Wajib Kamu Follow!

Para pengguna juga bisa bebas keluar dari obrolan yang sedang berlangsung, dan masuk ke obrolan lain sesuai minat dan keinginan.

Cara Menggunakan Clubhouse

Aplikasi Clubhouse 1
Ilustrasi cara menggunakan Clubhouse.

Apabila telah memiliki akses, aplikasi ini menawarkan halaman yang penuh dengan topik percakapan untuk diikuti, dari olahraga hingga teknologi. Di masing-masing topik, pengguna akan menemukan orang-orang yang tertarik pada hal yang sama dan dapat mengikuti mereka.

Baca juga: 5 Rekomendasi Smartwatch Di Tahun 2021, Mana Pilihanmu?

Semakin banyak topik dan orang yang diikuti, semakin besar kemungkinan mendapatkan saran untuk room yang sesuai dengan keinginan. Ruang percakapan datang dan pergi saat orang memulai atau mengakhirinya. Tidak ada yang direkam oleh Clubhouse dan anggota dalam satu room adalah 5.000.

Clubhouse Hanya untuk Perangkat iOS

Untuk saat ini, Clubhouse hanya bisa dinikmati atau digunakan oleh para pengguna perangkat berbasis iOS saja. Di mana hanya perangkat Apple iPhone dan dan iPhone Touch dengan versi iOS 13 ke atas yang bisa join.


Bagikan
GP

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top