SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, July 11, 2024
spot_imgspot_img
HomeTravel7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa, Indonesia yang Menakjubkan

7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa, Indonesia yang Menakjubkan

MediaGo – Pada artikel sebelumnya kami telah mengulas 6 gunung terpendek di Indonesia yang cocok untuk kamu para pendaki pemula, Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas kebalikannya. Yakni tujuh gunung tertinggi yang ada di pulau Jawa, Indonesia.

Letaknya yang berada tepat di garis cincin api bumi membuat pulau Jawa banyak di huni gunung-gunung berapi aktif. Tak heran jika di daerah ini terdapat banyak sekali gunung tinggi nan indah yang sering jadi sasaran para pendaki dan petualang.

Daftar Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Gunung Semeru
Gambar Gunung Semeru

Indonesia sendiri mempunyai sebuah istilah “seven summits of indonesia” yang artinya “tujuh puncak tertinggi di Indonesia, di mana gunung-gunung tersebut diambil dari berbagai kepulauan di Indonesia.

Gunung apa saja itu? Yuk langsung saja simak daftar lengkapnya berikut ini!

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru
Gambar dari Tempo.com

Gunung tertinggi yang pertama adalah Gunung Semeru. Terletak di Malang, Jawa Timur, Semeru termasuk Gunung Merapi yang masih aktif. Untuk ketinggiannya sendiri adalah 3676 meter di atas permukaan laut.

Ini membuat puncaknya yang disebut Mahameru menjadi puncak atau tanah tertinggi di pulau Jawa.

Gunung ini memiliki ragam panorama yang sangat luar biasa. Disana, kamu juga akan menemukan sebuah danau yang bernama ranukumbolo. Danau ini menjadi salah satu tempat paling romantis di gunung tertinggi itu.

2. Gunung Slamet

images 17 1
Gunung Slamet Tribunnews

Gunung Slamet merupakan gunung berapi aktif yang terletak di antara 5 kabupaten yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah.

Gunung yang satu ini memiliki ketinggian 3428 mdpl dan menjadi gunung tertinggi kedua yang ada di pulau jawa. Disana terdapat pemandangan indah yang bisa bikin kamu betah. Sekedar info, jika kamu ingin kesana harus tetap hati-hati dan dibutuhkan persiapan yang matang karena cukup melelahkan.

3. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing
Ilustrasi Gunung Sumbing yang indah

Gunung tertinggi berikutnya adalah Gunung Sumbing yang terletak antara Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo.

Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3.372 meter di atas permukaan laut dan termasuk ke dalam Gunung Api aktif hingga sekarang.

4. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno
Gambar dari Tribunnews

Gunung yang terkadang juga disebut dengan Gunung Arjuna ini adalah gunung berapi kerucut yang terletak di Jawa Timur, Indonesia.

Memiliki ketinggian 3.339 mdpl, Gunung yang letaknya bersebelahan dengan Gunung Welirang ini tidak memiliki kawah. Puncak Arjuno dikenal dengan nama puncak Ogal Agil.

5. Gunung Raung

Gunung Rawung
Gambar dari gurupendidikan.com

Gunung berapi kerucut ini terletak di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia dengan ketinggian mencapai 3332 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini berada di antara tiga kabupaten Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

Gunung ini menjadi salah satu destinasi pendakian, karena jalur treknya yang dianggap menantang.

Gunung raung mempunyai sebuah puncak yang sangat terkenal yaitu puncak sejati. Gunung api ini menjadi gunung tertinggi kelima yang ada di pulau Jawa, Indonesia.

6. Gunung Lawu

Gunung Lawu
Pemandangan Gunung Lawu di sore hari

Gunung Lawu yang berlokasi tepat di perbatasan Jawa Tengah (Kabupaten Wonogiri) dan Jawa Timur (Kabupaten Magetan), ini menjadi gunung tertinggi berikutnya yang ada di pulau Jawa.

Gunung ini memiliki tiga puncak, antara lain: Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumling dan Puncak Hargo Dumilah.

Di antara ketiga puncak itu, Puncak Hargo Dumilah yang menjadi puncak paling tinggi dengan ketinggian mencapai 3,265 mdpl.

7. Gunung Welirang

Gunung Welirang
Gambar Gunung Welirang oleh Setapak Kecil

Gunung terakhir yang masuk ke dalam daftar gunung paling tinggi di pulau Jawa ini memiliki ketinggian mencapai 3.156 mdpl. Meski tingginya tidak sama, namun karena letaknya yang berdekatan dengan Gunung Arjuna membuat Gunung api ini mendapatkan julukan sebagai saudara kembar Gunung Arjuna.

Dalam bahasa Jawa, “Welirang” berarti belerang. Hal ini dapat dibuktikan pada puncak Welirang yang banyak diselimuti oleh asap putih dari kawahnya yang menyemburkan belerang.

Nah Itulah deretan gunung tertinggi yang ada di pulau Jawa, Indonesia. Buat kamu yang gemar aktivitas pendakian gunung. Gunung paling tinggi mana yang akan jadi destinasi pertama pendakianmu? Semoga bermanfaat ya!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular