SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, April 16, 2024
spot_imgspot_img
HomeTravel6 Gunung Terpendek Di Indonesia, Cocok Buat Pemula yang Baru Belajar Mendaki

6 Gunung Terpendek Di Indonesia, Cocok Buat Pemula yang Baru Belajar Mendaki

MediaGo – Memang ada gunung terpendek di Indonesia? Menikmati pemandangan indah dari puncak gunung tertinggi memang sangat menyenangkan, apalagi saat waktu sunrise tiba, kamu bisa melihat keindahan terbit atau terbenamnya matahari dengan sangat jelas.

Menikmati panorama yang luar biasa ini pasti akan membuat kamu nagih dan ingin merasakannya kembali.

Namun, tidak semua orang bisa naik gunung, apalagi untuk kamu yang minimal pengalaman, pasti akan kesusahan saat berhadapan dengan medan yang sulit.

Gunung Terpendek di Indonesia

Nah, untuk kamu yang ingin merasakan pemandangan cantik nan indah tapi belum punya pengalaman sama sekali soal mendaki, cobalah dimulai dengan mendaki beberapa gunung kecil dan pendek serta medannya ringan berikut ini.

Agar kamu tidak bingung, MediaGo telah merangkum beberapa gunung terpendek di Indonesia yang cocok untuk pemula untuk dijadikan ‘sasaran’ latihan dan belajar para pendaki, silahkan simak daftar lengkapnya berikut ini.

1. Gunung Andong

Gunung Andong
Gambar dari Hello Semarang

Gunung terpendek di Indonesia yang pertama adalah Gunung Andong. Untuk kamu yang masih pemula, dibutuhkan waktu 2 jam saja untuk mencapai gunung yang berada di Magelang, Jawa Tengah ini.

Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 mdpl. Dan yang lebih pentingnya lagi, jalur yang akan kamu lalui tidak membahayakan.

2. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol
Gambar oleh Karisma Fans Club

Jika kamu sedang traveling ke Bogor atau memang tinggal dekat dengan kota hujan tersebut dan ingin mencoba mendaki gunung yang terhitung pendek, Kamu bisa langsung datang ke Gunung Batu Jonggol.

Pasalnya, Gunung untuk pemula ini hanya memiliki ketinggian sekitar 875 mdpl dengan medan yang begitu bersahabat. Walaupun pendek, Dijamin kamu akan terkagum-kagum dengan pemandangan yang disuguhkan disana.

Baca Juga: 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

3. Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran
Gambar oleh Liputan 6

Gunung yang pas untuk pendaki pemula selanjutnya adalah Gunung Nglanggeran. Terletak di Desa Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta, Gunung ini merupakan gunung berapi purba yang terbentuk dari bebatuan karst.

Gunung berapi? Apa gak berbahaya?

Jangan khawatir guys! Meskipun termasuk ke dalam jenis gunung berapi, Gunung Nglanggeran ini sudah lama tidak aktif dan tetap aman untuk didaki.

Asyiknya lagi, Gunung Nglanggeran ini sangat ramah untuk para pendaki newbie. Sebab, gunung ini hanya memiliki ketinggian sekitar 700 mdpl saja dan medan yang akan kamu lalui pun tidak terlalu sulit, lho. Wah harus dicoba nih guys..

4. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan
Gambar oleh Travellingyuk.com

Gunung pendek yang keempat adalah Gunung Penanggungan yang terletak di Mojokerto, Jawa Timur. Gunung yang satu ini memiliki ketinggian 1.653 mdpl.

Sebagai info, untuk bisa mencapai puncak gunung tersebut, kamu membutuhkan waktu sekitar 4 jam dengan melalui jalur Trawas dan Tamiajeng yang aman dan bersahabat.

Info lainnya adalah, Gunung ini juga disebut sebagai miniatur Gunung Semeru, karena memiliki puncak yang tandus dan kering layaknya Gunung Semeru. Yuk buruan langsung coba!

Baca Juga: Tips Naik Gunung dari Tim Kembara Sunyi

5. Gunung Pulosari

Gunung Pulosari
Gambar dari Banten News

Gunung Pulosari terletak di daerah Pandeglang, Banten. Gunung yang satu ini termasuk ke dalam tipe merapi yang masih aktif dan sebelumnya sudah pernah meletus.

Gunung ini termasuk gunung terpendek di Indonesia karena memiliki ketinggian yang hanya 1.346 mdpl. 

Untuk bisa menuju puncak, kamu membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Tidak akan terasa karena diperjalanan kamu akan disuguhi oleh panorama hutan dengan berbagai vegetasi di dalamnya.

Sekedar info, meskipun gunung ini pendek, namun kamu harus tetap berhati-hati karena jalur untuk menuju puncak masih terhitung menantang.

6. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran
Gambar Gunung Ungaran Tribun Travel

Gunung terpendek yang terakhir adalah Gunung Ungaran. Terletak di kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Gunung ini memiliki ketinggian paling tinggi dari kelima gunung diatas. Yakni 2.050 mdpl dan membutuhkan waktu 4 jam untuk mencapai puncaknya.

Dijamin rasa lelah kamu akan terbayarkan jika sudah berhasil mencapai puncak Gunung Ungaran ini. Dari atas puncak kamu akan melihat pemandangan yang cukup berbeda namun sangat menyegarkan mata.

Pemandangan apa itu? Hamparan kebun teh hijau yang sangat luas. Namun, kamu juga harus tetap berhati-hati karena jalur untuk mencapai puncak gunung ini cukup ekstrem.

Baca Juga: 7 Hidden Gem di Pulau Jawa untuk Staycation

Nah, itulah enam gunung terpendek di Indonesia yang cocok buat pendaki pemula. Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya? Yuk langsung saja isi liburanmu dengan mendatanginya satu per satu. Semoga bermanfaat dan stay safe terus ya!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular