You are here
Home > Travel >

7 Tips Staycation Saat Pandemi yang Wajib Dilakukan

Tips staycation saat pandemi

Di tengah masa pandemi seperti ini, staycation menjadi salah satu cara untuk menyegarkan pikiran paling mudah karena tak perlu pergi jauh-jauh ke luar kota. Namun, agar kamu dan keluarga tetap aman di situasi pandemi seperti sekarang ini, yuk ikuti beberapa tips staycation saat pandemi.

Tips staycation saat pandemi

Melansir penjelasan dari laman Bobobox berikut ini beberapa tips staycation saat pandemi yang penting untuk kamu lakukan:

1. Pastikan kondisi kesehatan tubuhmu sehat

Tips staycation saat pandemi yang paling utama adalah memastikan terlebih dahulu kondisi sebelum keberangkatan. Alangkah baiknya jika kamu hanya berlibur atau staycation di saat kondisi tubuh sehat. Tak hanya dirimu sendiri, kamu pun wajib memastikan semua anggota keluarga dalam keadaan sehat. Pasalnya, staycation dalam kondisi kurang fit di saat seperti ini bukanlah ide yang baik.

Bukannya menyegarkan pikiran, kemungkinan terburuk yang dapat terjadi justru bisa terinfeksi penyakit. Kondisi tubuh tidak fit membuat daya tahan tubuh menurun sehingga kamu pun lebih mudah tertular berbagai jenis penyakit termasuk COVID-19.

Selain itu, tips staycation saat pandemi ini merekomendasikan kamu dan keluarga untuk menjalani rapid test atau PCR. Selain sebagai syarat perjalanan, tes tersebut mastikanmu bepergian dalam kondisi fit.

2. Sebelum staycation pastikan sudah menerima vaksin dosis lengkap

Tips staycation saat pandemi
Vaksin COVID-19. (Gambar: http://pexels.com)

Selanjutnya, tips staycation saat pandemi yang juga penting untuk dilakukan adalah memastikan kamu beserta keluarga sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap, ya. Vaksinasi sendiri sekarang menjadi syarat penting yang harus dipenuhi.

Pasalnya, banyak tempat liburan seperti mal, penginapan, dan lainnya yang mewajibkan para pengunjung sudah divaksin. Untuk itu, jika kamu sudah mendapatkan jadwal vaksin, alangkah baiknya untuk segera dipenuhi.

Baca Juga:  4 Fakta Bunga Edelweis, Tumbuhan Abadi yang Tidak Boleh Dipetik

Tak hanya sekadar sebagai syarat perjalanan, dengan mendapatkan dosis pertama dan juga kedua vaksin, kamu akan berisiko lebih rendah untuk alami gejala berat COVID-19. Tak hanya itu, kemungkinan menularkan virus corona ke orang lain pun terbilang rendah.

3. Pastikan zona staycation aman

Tips staycation saat pandemi
(Gambar: pexels.com)

Tips staycation saat pandemi berikutnya adalah memilih lokasi zona kotamu benar-benar sudah aman. Biasanya, kamu bisa memantau berita terkini yang memberi perkembangan terkini soal status kotamu.

Jika kotamu berada dalam level 3 atau 4 (atau zona merah), tak ada salahnya untuk membatalkan sementara waktu rencana staycation. Hal ini demi menghindarkan keluarga kecilmu dari kemungkinan terburuk.

Setelah dirasa aman misalkan kotamu sudah berada pada level 1 atau 2, barulah kamu diperbolehkan untuk staycation. Walaupun begitu, jangan lupa untuk tetap berhati-hati selama staycation.

4. Konsumsi makanan dan minuman sehat bergizi

Tips staycation saat pandemi
Konsumsi makanan dan minuman bergizi. (Gambar: http://pexels.com)

Menjaga pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan dan minuman sehat adalah tips staycation saat pandemi lainnya. Hal ini demi menjaga daya tahan tubuh agar tetap dalam kondisi prima.

Di samping itu, walaupun kamu sedang akan liburan, kamu wajib ingat jika virus COVID-19 tidak mengenal istilah libur. Untuk itu, menjaga pola hidup sehat memberikan proteksi lebih dan meminimalkan risiko tertular.

Kamu pun disarankan untuk menambah konsumsi vitamin untuk mendukung pola hidup sehat. Hal tersebut agar tubuh selalu fit dan juga tidak mudah untuk terpapar beragam penyakit termasuk COVID-19.

5. Bawa perlengkapan new normal

Tips staycation saat pandemi
Perlengkapan new normal. (Gambar: http://pexels.com)

Selama pandemi ini berlangsung, kebiasaan setiap hari pun berubah. Salah satu yang terlihat sangat berbeda dibanding sebelum pandemi adalah mencuci tangan yang kini sudah menjadi kebiasaan banyak orang.

Untuk itu, tips staycation saat pandemi lainnya adalah membawa perlengkapan new normal. Walaupun penginapan telah menyediakan hand sanitizer atau sabun cuci tangan, menggunakan milik pribadi tentu lebih aman.

Baca Juga:  Ini Sanksi Jika Menolak Vaksinasi COVID-19 di DKI Jakarta

Perlengkapan new normal sendiri tak hanya masker dan hand sanitizer. Beberapa barang lainnya yang mesti kamu bawa antara lain alat makan pribadi, perlengkapan beribadah, dan juga tisu basah.

6. Pastikan tidak makan dan minum dari buffet

Tips staycation saat pandemi
Makan dan minum di kamar hotel. (Gambar: http://pexels.com)

Tips staycation saat pandemi lainnya adalah tidak makan dan minum di buffet. Penginapan seperti hotel biasanya akan menerapkan sistem buffet bagi para tamu yang menginap di hotel tersebut saat waktu makan tiba.

Biasanya, buffet akan disediakan pada jadwal sarapan, makan siang, atau makan malam. Namun, guna menghindarkan risiko penularan, ada baiknya jika kamu memilih hotel yang tidak menerapkan sistem ini.

7. Pilih penginapan yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat

Tips staycation saat pandemi
Hotel wajib menerapkan protokol kesehatan. (Gambar: http://pexels.com)

Terakhir, memilih penginapan yang menerapkan protokol kesehatan ketat sangatlah penting. Kamu bisa mengecek baik tidaknya penginapanmu dari ulasan orang-orang yang sudah menginap di sana.

Penginapan yang menerapkan protokol kesehatan ketat bakal meminimalisir kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi. Hal ini tentu menjadi pertimbangan penting yang wajib kamu perhatikan dalam memilih penginapan.

Baca juga: Staycation di Masa PPKM, Santika Premiere Bintaro Hadirkan Promo SafeCation

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top