SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, July 16, 2024
spot_imgspot_img
HomeTravelInvestasi Uni Emirat Arab Kembangkan Sektor Pariwisata Aceh

Investasi Uni Emirat Arab Kembangkan Sektor Pariwisata Aceh

MediaGo – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Nanggroe Aceh Darusslama (NAD), Sabtu (1/5/2021). Kegiatan kunjungan kerjanya diawali dengan menemui Gubernur Aceh Nova Iriansyah membahas rencana investasi Uni Emirat Arab untuk pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan nilai sekitar 500 juta dolar AS atau sekitar Rp7 triliun.

“Kita secara rinci membahas tahapan dan rencana kesiapan kita atas rencana investasi dari Uni Emirat Arab di sektor pariwisata,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan resminya.

Sebelumnya, perusahaan asal UEA, Murban Energy Ltd, telah menyatakan komitmennya untuk melakukan investasi di Aceh. Hal itu ditandai dengan penandatangan Letter of Intent antara Pemerintah Aceh dengan Murban Energy di sela-sela kegiatan forum bisnis “Indonesia-Emirates Amainv Week (IEAW) 2021.

Baca juga: Menparekraf Luncurkan Program Kartu Prakerja Bagi Pelaku Parekaf Di Toba

Pengembangan kawasan dengan menggandeng investor dari Uni Emirat Arab itu rencananya akan dipusatkan di Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil. Menparekraf Sandiaga mengatakan, Aceh memiliki potensi wisata dan ekonomi kretif yang kaya, sehingga patut dikembangkan agar potensi tersebut dikenal luas oleh wisatawan Nusantara dan mancanegara.

“Aceh ini punya beberapa produk kreatif unggulan seperti batik dan juga kopi. Ini akan kita pasarkan dengan taraf dunia untuk membangkitkan dan memulihkan ekonomi serta membuka peluang kerja,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Aceh Nova Iriansyah menjelaskan pihaknya mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam rangka merealisasikan rencana investasi dari Uni Emirat Arab. Seperti halnya hibah lahan milik pemprov yang dihibahkan ke pemerintah pusat.

Baca juga 10 Masjid Unik Paling Indah Se-Asia, Indonesia Juga Ada, Lho!

Dengan adanya invesatasi ini, Nova berharap akan lebih banyak lagi investasi dari negara sahabat lain yang masuk ke Aceh. “Sebenarnya dari UEA itu sudah masuk (investasi) Mubadala Oil and Gas di Blok Andaman, mudah-mudahan pariwisata yang berikutnya,” ujar Nova.

Dalam kunjungan ini, menparekraf Sandiaga didampingin oleh Deputi Bidang Industri dan Investari Kemenparekraf/Baparekraf Fadjar hutomo; Ketua Bidang Promosi dan Humas dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Nur Aisa Uno; dan Anggota Komisi X DPRI RI Illiza Sa’aduddin Djamal.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular