Saturday, January 28, 2023
HomeTravelSambut Imlek, Ini Rekomendasi Liburan Terjangkau Bernuansa Pecinan

Sambut Imlek, Ini Rekomendasi Liburan Terjangkau Bernuansa Pecinan

MediaGo – Memasuki tahun 2023 sederet tanggal merah hari raya akan kembali menanti, salah satunya adalah perayaan Tahun Baru Imlek 2574 yang jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023. Diketahui berdasarkan surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023 cuti bersama perayaan tahun baru imlek jatuh pada keesokan harinya yaitu Senin, 23 Januari 2023.

Momentum ini dapat dimanfaatkan untuk menikmati perayaan Imlek dengan berkumpul bersama keluarga maupun kerabat atau sekedar menikmati suasana dekorasi dan kuliner bertemakan Imlek. Bisa juga dengan merencanakan perjalanan dengan manfaatkan cuti bersama untuk nikmati suasana imlek ke berbagai destinasi yang sarat dengan suasana Imlek.

Baca juga: 5 Makanan Khas Imlek yang Wajib Disajikan

Ada beberapa destinasi wisata bernuansa pecinan yang patut dikunjungi saat perayaan Imlek. Berikut ini rekomendasi destinasi wisata pecinan di Indonesia yang ramah di kantong untuk sambut dan rayakan liburan Imlek tahun 2023.

1. Jakarta, DKI Jakarta

Klenteng Jin De Yuan di kawasan Petak Sembilan Glodok Jakarta.
Klenteng Jin De Yuan di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta.

Masyarakat Jakarta yang menikmati weekend, baik yang merayakan Imlek maupun tidak, dapat memanfaatkan aneka ragam keseruan di dalam kota dan dekat rumah masing-masing. Jajaran kegiatan wisata menelusuri area pecinan seperti eksplor Kawasan Klenteng dan Pasar Petak Sembilan di area Glodok Jakarta Barat. Adapula Pantjoran PIK di Jakarta Utara yang fotogenik.

2. Bogor, Jawa Barat

Gerbang kawasan pecinan di Jalan Suryakencana Kota Bogor Jawa Barat.
Gerbang kawasan pecinan di Jalan Suryakencana, Kota Bogor, Jawa Barat.

Menelusuri kawasan komunitas Tionghoa di area Suryakencana bisa menjadi tujuan untuk berwisata bertemakan Imlek di Bogor. Memiliki area yang uniknya, “Pecinan Bogor” ini amat berbaur dengan budaya lokal terutama suku Sunda sehingga menghasilkan ragam budaya dan kuliner yang khas.

Baca juga: 4 Dekorasi Rumah untuk Meriahkan Imlek

Berwisata di Suryakencana Bogor ini bisa dengan cara menelusuri jalan utamanya sepanjang satu kilometer. Pada bagian di sisi-kanan kirinya terdapat destinasi wisata religi, budaya, dan kuliner yang bisa dikunjungi.

3. Semarang, Jawa Tengah

Kelenteng Sam Poo Kong yang berada di daerah Simongan Kota Semarang Jawa Tengah. 1
Kelenteng Sam Poo Kong yang berada di daerah Simongan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kota Semarang mempunyai salah satu kelenteng wisata yang terkenal, yakni Kelenteng Sam Poo Kong yang berada di daerah Simongan, sebelah barat daya kota Semarang. Pilihan aktivitas ke taman hiburan juga dapat menjadi rekomendasi mengisi Imlek dengan mengunjungi Saloka Theme Park.

4. Surabaya, Jawa Timur

Kelenteng Hong Tiek Hian di Surabaya Jawa Timur dapat jadi salah satu pilihan destinasi untuk berwisata.
Kelenteng Hong Tiek Hian di Surabaya, Jawa Timur dapat jadi salah satu pilihan destinasi untuk berwisata.

Berwisata ke Surabaya di saat Imlek, Kelenteng Hong Tiek Hian dapat jadi salah satu pilihan destinasi untuk berwisata. Kelenteng ini terkenal akan pusat kemeriahan perayaan dan penyandang status kelenteng tertua di kota ini.

Baca juga: 5 Ornamen Imlek untuk Meriahkan Suasana Rumah

Tidak hanya merayakan di kelenteng, warga kota Surabaya juga merayakan Imlek dengan beragam aktivitas yang semarak di berbagai pusat perbelanjaan. Anda dapat mengunjungi Kya-Kya di Jalan Kembang Jepun untuk menikmati surga wisata kuliner khas etnis Tionghoa maupun jajaran kelezatan kuliner mancanegara penuh cita rasa.

Itulah beberapa beberapa rekomendasi destinasi wisata pecinan di Indonesia yang ramah di kantong untuk sambut dan rayakan liburan Imlek tahun 2023. Jadi, saat Imlek nanti, Anda ingin liburan ke daerah mana?

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular