You are here
Home > Properti >

4 Dekorasi Rumah untuk Meriahkan Imlek

4 Dekorasi Rumah untuk Meriahkan Imlek

Mediago – Properti – Dekorasi rumah yang seperti apa untuk perayaan Imlek tahun ini? Tahun baru Imlek merupakan perayaan yang sangat ditunggu oleh orang Tionghoa. Perayaan setahun sekali dari budaya Tiongkok ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Sebut saja, tradisi pemberian angpao yang menyenangkan atau momen bertemu sanak keluarga yang menyentuh hati, hingga menikmati kelezatan makanan khas Imlek.

Dengan pengalaman yang sangat menyenangkan tersebut, ada baiknya jika Kamu harus menyempurnakan suasana dengan menghadirkan nuansa Imlek di rumah mulai dari sekarang.

Rumah dengan Stiker Imlek
Rumah yang dihiasi Stiker Imlek pada Dindingnya, (Gambar: Dok. Cultureguru.my)

Ide Dekorasi Rumah untuk Perayaan Imlek

Untuk mewujudkan itu semua, berikut ini beberapa ide dekorasi rumah untuk merayakan tahun baru imlek yang bisa kalian coba.

1. Bait tahun baru atau untaian kata-kata bermakna pada pintu utama

Bait Tahun Baru merupakan salah satu ornamen Imlek yang biasanya ditempel di pintu utama dengan harapan baik atau ekspresi kebahagiaan. Secara tradisional, keinginan Tahun Baru Imlek dipasang berpasangan karena keberuntungan dan kemakmuran dikaitkan dengan angka.

Bait Tahun Baru Imlek
Bait Tahun Baru Imlek yang ditempel di pintu masuk rumah

Keinginan ini dilukis dengan tinta hitam di atas kertas merah dalam bentuk bait. Anda bisa membiarkan bait-bait ini tetap ada sampai Tahun Baru berikutnya.

Selain itu, Anda juga dapat menorehkan keyakinan Anda dan meletakkannya di dinding sebagai bagian dari dekorasi.

2. Dekorasi ruangan dengan Zodiak

Tak harus dengan lentera, bait, dan lampu, Kamu juga bisa bersenang-senang dengan dekorasi rumah biasa dan menambahkan ornamen menarik yang melambangkan kegembiraan.

Contohnya, memanfaatkan binatang Zodiak di tempat tidur yang terlihat sangat lucu. Hewan Zodiak di tahun ini adalah Kerbau, jadi Anda dapat menggunakan variasi yang sama dengan berbagai bentuk.

3. Lentera merah terang untuk sambutan yang megah

Ada satu dekorasi tradisional Tahun Baru Imlek yang tidak boleh anda lewatkan, yakni lampion. Tentunya hal itu kamu dapat menempelkan lentera kertas buatan sendiri. 

Lampu Lampion

Lampu merah terang ini sangat cocok untuk meramaikan setiap sudut rumah Anda, seperti foyer. Menurut kepercayaan orang Tionghoa, jika anda menggantung lentera di rumah atau di kantor bisa mengusir kesialan dan menjaga ruangan dari energi negatif.

Baca Juga:  Progres Pembangunan Maritime Tower Mencapai 50,67 Persen

4. Pajang tanaman hijau untuk keberuntungan

Jika kamu suka menghias rumah dengan tanaman hijau segar, maka Tahun Baru Imlek 2021 ini adalah festival yang cocok. Hiasi teras atau balkon rumah kamu dengan tanaman yang menguntungkan seperti Bambu Keberuntungan, Pohon Uang, dan pohon Kumquat.

Tanaman hias berwarna hijau
Tanaman bambu rejeki (Gambar: Dok. Proflowers)

Sebagian besar tanaman merupakan tanaman indoor dan biasanya mewakili kesehatan, kelimpahan, dan ketahanan. Kamu juga bisa menambahkan bunga yang mengulangi esensi Musim Semi. Misalnya, Bunga sakura, bunga plum, dan cabang willow vagina.

Itulah beberapa ide dekorasi tahun baru imlek yang bisa kamu coba demi memeriahkan hari raya dengan keluarga. Yuk mulai dekorasi rumahmu dari sekarang!

Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top