Saturday, January 28, 2023
HomeKecantikanCara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan 3 Minyak Ampuh, Anda Wajib Coba!

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan 3 Minyak Ampuh, Anda Wajib Coba!

Anda resah karena kulit kepala gatal dan banyak ketombe? Tidak perlu khawatir lagi sekarang. Karena sangat mudah ternyata cara menghilangkan ketombe membandel secara alami dan ampuh yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Berikut selengkapnya tentang penyebab ketombe dan tiga minyak alami yang bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan ketombe membandel pada kulit kepala!

Apa yang Menyebabkan Ketombe di Kulit Kepala?

Apa yang Menyebabkan Ketombe di Kulit Kepala

Ada dua jenis ketombe yang sering dialami, yaitu ketombe kering dan ketombe basah. Keduanya memiliki penyebab dan ciri yang berbeda satu sama lain. 

Pada ketombe kering biasanya berwarna putih dengan ukuran kecil. Serpihan ketombe kering sangat mudah rontok dan jatuh pada bahu atau ujung rambut. Ketombe kering rasanya gatal dan biasanya muncul pada kulit kepala yang sangat kering.

Sedangkan ketombe basah ukuran serpihannya berukuran besar dan berwarna kekuningan. Biasanya sangat berminyak dan menempel di kulit kepala atau rambut.

Baca Juga: Aman dan Ampuh, Ini 5 Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

Pada umumnya yang menyebabkan ketombe adalah kulit kepala kering, iritasi dan berminyak. Hal ini terjadi kalau Anda kurang memperhatikan kebersihan rambut alias jarang keramas. Kurang bersih saat keramas sehingga ada residu yang tertinggal juga bisa menyebabkan ketombe.

Bisa juga karena dermatitis karena sensitif atau tidak cocok dengan produk perawatan rambut tertentu. Kadang juga terjadi pada orang yang menderita penyakit kulit dan parkinson. 

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan 3 Minyak Alami yang Ampuh

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan 3 Minyak Alami yang Ampuh

Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan ketombe membandel secara alami dan permanen yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Dengan minyak-minyak berikut ini sangat mudah ditemui di rumah. Simak lengkapnya ya!

1. Minyak Kelapa

Dilansir dari Medical News Today, Minyak kelapa akan membantu melembabkan kulit kepala yang kering. Ini merupakan cara menghilangkan ketombe secara alami dengan cepat, karena bila kulit kepala lembab maka hidrasi kulit kepala akan lancar. Senyawa aktif antimikroba akan membuat ketombe hilang dengan mudah.

Baca Juga: Mengenal Kelapa Genjah dan Jenisnya, Bisa Ditanam di Rumah!

Bahkan ada yang bilang salah satu cara menghilangkan ketombe dengan baby oil bisa dilakukan. Karena kandungan baby oil juga ada minyak kelapanya.

2. Minyak Kemiri

Salah satu minyak yang banyak manfaatnya sebagai penyubur rambut adalah minyak kemiri yang juga ampuh untuk menghilangkan ketombe tanpa merusak rambut. Anda bisa gunakan minyak kemiri sebelum keramas, lalu diamkan hingga 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih dan lakukan teratur hingga ketombe hilang.

3. Minyak Serai 

Untuk pencegahan ketombe, gunakan minyak serai yang dapat membantu mengurangi gejala ketombe membandel. Sifat anti mikroba dan anti inflamasi pada minyak serai ini akan membantu Anda menghilangkan ketombe membandel dan berkerak di kulit kepala. 

Ada sebuah penelitian tahun 2015 yang membuktikan kalau tonik rambut yang mengandung 10 persen minyak serai mengurangi ketombe hingga 81 persen setelah dua minggu.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Ini Tiga Cara Kelola Minyak Jelantah

Cara menggunakannya tidak boleh langsung dioleskan pada kulit, karena dapat menyebabkan iritasi. Tapi Anda dapat mengencerkan minyak serai dengan air atau ke dalam sampo atau kondisioner. 

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara menghilangkan ketombe membandel dengan benar, ampuh dan alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Cukup gunakan minyak alami di atas, ketombe pun hilang. Lakukan teratur dan ucapkan selamat tinggal pada ketombe.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular