You are here
Home > Bisnis >

5 Anggaran yang Harus Kamu Siapkan Selama Ramadan

5 Anggaran yang Harus Kamu Siapkan Selama Ramadan
Bagikan

MediaGo – Banyak orang yang beranggapan kalau anggaran di bulan Ramadan itu lebih banyak dari hari biasanya. Padahal, seharusnya pengeluaran kita jadi menurun karena porsi makan berkurang satu kali. Namun sebenarnya, ada banyak hal yang membuat pengeluaranmu jadi lebih boros di bulan Ramadan.

Agar tidak kewalahan, kamu bisa mengatasinya dengan mempersiapkan beberapa anggaran khusus selama Ramadan 2021 yang tentu saja akan lebih banyak dari bulan-bulan lainnya. Lantas, anggaran apa saja yang harus kita persiapkan dalam menyambut bulan Ramadan kali ini? Yuk, Simak jawaban lengkapnya di bawah ini.

1. Anggaran untuk Kebutuhan Pokok

Selama bulan Ramadan, biasanya harga barang akan naik. Hal ini sudah tidak aneh lagi mengingat permintaan masyarakat yang juga meningkat, padahal persediaan barang-barang itu tidak semuanya mengalami peningkatan. Untuk mengantisipasi hal seperti ini, silahkan kamu siapkan sebelum masuk Ramadhan anggaran yang lebih besar daripada pada bulan-bulan lainnya.

2. Anggaran untuk Santapan Selama Ramadan

Bulan Ramadan identik dengan banyaknya jajanan takjil yang dijual di pinggir jalan. Akan sulit sekali rasanya untuk menghindari godaan yang satu ini. Terlebih, jika banyak menu yang hanya bisa ditemukan di bulan Ramadan saja, jadi rasanya sayang banget untuk dilewatkan.

Baca juga: Kenapa Pengeluaran Ramadan Lebih Boros?

Tidak ada salahnya membeli makanan di luar. Namun, jangan sampai kamu jadi lapar mata karena melihat banyaknya jajanan yang lezat dan murah. Hal seperti itu akan membuatmu jadi boros dan membuang-buang makanan. Jangan lupa, pastikan kamu sudah menyiapkan anggaran ekstra untuk kamu jajan selama bulan Ramadan ya.

3. Anggaran untuk Menunjang Protokol Kesehatan

Seperti tahun sebelumnya, di tahun ini kita masih harus melewati bulan yang penuh berkah ini ditengah pandemi Covid -19. Namun, yang berbeda dengan tahun kemarin adalah, di tahun ini ibadah salat tarawih di luar rumah sudah dibolehkan. Walaupun begitu, kamu harus tetap menjalankan protokol kesehatan demi menghindari penularan virus corona yang mematikan.

Baca Juga:  Ada Diskon Besar-besaran di Ulang Tahun ACE ke-25

Karenanya, kamu harus menyiapkan perlengkapan untuk mencegah penularan virus ini saat salat tarawih atau menjalani ibadah lainnya. Beberapa perlengkapan yang wajib kamu miliki demi terjaga dari COVID -19 ini adalah masker, hand sanitizer, dan desinfektan. Jadi, pastikan kamu menyediakan anggaran yang cukup untuk membeli beberapa perlengkapan tersebut.

4. Anggaran untuk Kesehatan

Agar kamu bisa menjalankan ibadah puasa dengan maksimal, tubuhmu juga harus selalu dalam keadaan sehat dan bugar. Untuk menunjang kesehatan, kamu juga perlu mempersiapkan anggaran khusus.

Baca juga: Cara Cerdas Mengelola Uang THR

Beberapa hal yang kamu perlukan untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan ini adalah makanan yang bergizi, perlengkapan kesehatan, perlengkapan untuk menjaga kebersihan, dan suplemen penunjang kesehatan.

5. Anggaran untuk Ibadah

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, semua amalan yang kita lakukan akan di lipat gandakan oleh Allah SWT. Maka dari itu, kita perlu memaksimalkan ibadah kita di bulan suci ini. Kamu juga harus mempersiapkan anggaran lebih untuk memaksimalkan ibadahmu.

Selain puasa dan sholat, ibadah lain yang biasa dilakukan selama bulan Ramadan adalah memberikan takjil untuk mereka yang berpuasa, memperbanyak sedekah, memberikan uang THR kepada kerabat, hingga membayar zakat fitrah. Agar kamu tidak keberatan dalam melakukan ibadah tersebut, sebaiknya persiapkan anggaran tersebut sebelum memasuki bulan Ramadan.

Baca juga: Cara Mengelola Keuangan Bisnis Untuk UKM

Dengan mempersiapkan dana untuk menyambut Ramadan, harapannya kamu bisa menjalani ibadah selama Ramadan dengan lancar dan maksimal. Juga, jika kamu menemui masalah kecil yang berkaitan dengan finansial selama Ramadan, kamu akan bisa menghadapinya dengan lebih tenang karena sudah mempersiapkan dana.


Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top