You are here
Home > Kuliner >

5 Resep Olahan Selai Kacang untuk Menu Buka Puasa

5 Resep Olahan Selai Kacang untuk Menu Buka Puasa
Bagikan

MediaGo – Selai kacang bukan lagi menjadi makanan yang asing di telinga masyarakat Indonesia. Dengan rasa yang gurih dan sedikit manis, selai kacang banyak digunakan untuk olahan sandwich saat sarapan.

Nyatanya, selai kacang juga dapat diolah menjadi berbagai makanan, mulai dari kudapan hingga makanan berat. Tahukah kamu bahwa terdapat berbagai resep selai kacang yang cocok untuk dinikmati di waktu berbuka puasa selama bulan Ramadan ini?

Baca juga: 5 Minuman Segar Yang Paling Banyak Diburu Saat Buka Puasa

Walaupun Ramadan kali ini terasa berbeda dalam situasi pandemi, tetapi kita bisa tetap bersenang-senang saat berada di rumah bersama keluarga dengan ditemani resep-resep lezat di bawah ini. Yuk, simak apa saja sih resepnya!

1. NY-Style Cheesecake with Peanutty Crust

NY Style Cheesecake
NY-Style Cheesecake with Peanutty Crust.

Tentu kamu sudah tidak asing dengan anjuran untuk berbuka dengan yang manis, bukan? Buat kamu pencinta cheesecake dan ingin menikmatinya di waktu berbuka, kamu bisa membuat cheesecake-mu lebih spesial dengan sentuhan lapisan luar kacang. Untuk menambahkan lapisan luarnya, kamu hanya membutuhkan remahan Graham cracker, selai kacang, dan telur.

Sebelum menuangkan adonan cheesecake ke dalam loyang, tekan adonan lapisan luar tadi di bagian bawah dan samping loyang. Lalu, panggang deh selama satu jam. Sebelum dimakan, jangan lupa simpan dulu di kulkas selama tiga jam. Dijamin jadi favorit keluarga! 

2. Chicken with Savory Peanut-Sesame BBQ Sauce

Chicken with Savory Peanut Sesame BBQ Sauce
Chicken with Savory Peanut-Sesame BBQ Sauce.

Setelah makan hidangan berbuka puasa, keluarga pasti lapar dan ingin makanan berat. Jika bosan dengan olahan ayam yang biasa, kamu bisa membuat ayam panggang dan disajikan dengan saus kacang ini.

Baca juga: Boleh Dicoba! 2 Takjil Kekinian Yang Bisa Kamu Buat Sendiri Di Rumah

Baca Juga:  Inilah 5 Jenis Kurma Termahal Beserta Harganya

Cara membuatnya juga mudah sekali. Kamu hanya membutuhkan sebuah panci untuk mencampurkan selai kacang, air, cuka apel, gula aren, kecap asin, minyak, jahe yang telah dihaluskan, dan biji wijen. Masak hingga mendidih, kira-kira satu menit, lalu kecilkan api dan aduk hingga satu menit.

3. Chocolate Peanut Butter Mug Cake

Chocolate Peanut Butter Mug Cake
Chocolate Peanut Butter Mug Cake.

Percaya nggak sih kamu bisa bikin dessert lezat ini dalam 10 menit? Kamu hanya perlu mencampurkan selai kacang, tepung, bubuk coklat, gula, baking powder, garam, susu hangat, mentega, dan vanili ke dalam mug yang aman untuk microwave.

Lalu, masukan ke dalam microwave dan atur waktu selama 1 menit 30 detik. Setelah selesai, kamu bisa taburkan chocolate chip atau sirup coklat sesuai selera. Cocok banget nih buat yang nggak punya waktu bikin menu buka puasa atau saat anak tiba-tiba mendambakan kue coklat. 

4. Peanut Butter BBQ Chicken Melt

Peanut Butter BBQ Chicken Melt
Peanut Butter BBQ Chicken Melt.

Masih ada sisa makanan seperti ayam atau daging sisa sahur? Jangan sampai mubazir! Kamu bisa kreasikan sisa makananmu untuk jadi menu buka puasa, lho. Kamu hanya perlu siapkan roti dan letakkan di tray pemanggang. Di mangkok terpisah, campurkan selai kacang, saus BBQ, dan jus jeruk. Sisakan setengah dari campuran saus tersebut di mangkok lain.

Baca juga: 10 Jenis Makanan Sahur Yang Sebaiknya Hindari, Bisa Bikin Lapar

Lalu, masukan ayam atau dagingnya ke saus dan letakkan di atas roti. Lengkapi dengan taburan keju mozarella di atasnya dan dipanggang selama 5 menit saja! Sensasi makan di restoran dengan bahan-bahan yang mudah, buka puasa jadi lebih nikmat, deh.

5. Quick Flourless Peanut Butter Muffins

Quick Flourless Peanut Butter Muffin
Quick Flourless Peanut Butter Muffins.

Muffin tanpa tepung ini cocok untuk kamu yang ingin buka puasa dengan yang manis-manis dan rendah kalori. Kamu hanya perlu campurkan selai kacang, telur, pisang, baking soda, vanili, dan madu di blender.

Baca Juga:  5 Aturan Ramadan di Tengah Pandemi Covid-19

Jika sudah halus, tuangkan adonan tersebut ke cetakan muffin atau cupcake yang kamu punya. Kamu juga bisa tambahkan topping kesukaanmu, seperti kismis, kacang almond, atau coklat. Panggang hingga 12 menit dan muffin tanpa tepungmu sudah jadi.

Itulah inspirasi olahan selai kacang yang bisa menjadi menu buka puasa kamu. Selain lebih sehat mungkin lebih hemat, membuat menu buka puasa sendiri bisa menjadi pengisi waktu yang menyenangkan dan mengasyikan meski di tengah pandemi.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top