You are here
Home > Kuliner >

Inilah 5 Jenis Kurma Termahal Beserta Harganya

Bagikan

MediaGo – Kurma adalah buah yang paling identik dengan bulan suci ramadan. Tiap kali memasuki bulan ramadan, rasanya bukan hal sulit untuk bisa menemukan berbagai macam jenis kurma yang kita inginkan. Bahkan, beberapa diantaranya adalah jenis kurma termahal, yang harganya akan membuat kita tercengang.

Kurma yang beredar di Indonesia memiliki jenis yang sangat beragam, karena didatangkan dari negara yang beragam pula, misalnya dari Madinah, Mekah, Iran, Irak, dan lain sebagainya. Selain negara export yang berbeda, kurma juga memiliki ragam jenis karena harganya yang berbeda-beda.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Sahur Agar Kuat Puasa Seharian

Salah satu yang paling menentukan harga kurma adalah berdasarkan jenis, bentuk, serta ukurannya. Selain itu, harga mahal kurma juga sangat dipengaruhi oleh tingkat kesulitan budidayanya. Beberapa kurma memang memerlukan kondisi khusus untuk bisa mengembangkan bibit, hingga menghasilkan buah.

Ketahui Berbagai Jenis Kurma Termahal di Dunia

Ketahui Berbagai Jenis Kurma Termahal di Dunia

Berikut ini kami bagikan berbagai jenis kurma termahal di dunia, beserta informasi harganya, sebagai acuan untuk Anda  yang ingin mencicipi kurma mahal, dan tidak biasa Anda temui di pasar-pasar atau mini market.

1.    Kurma Barhi

Kurma Barhi
Kurma Barhi.

Jenis kurma pertama yang masuk dalam kategori kurma mahal adalah Bahri. Jenis yang satu memiliki tampilan yang terbilang sangat jauh berbeda dari kurma pada umumnya. Bahri memiliki warna kuning, dan tampilan seperti buah langsat atau duku. Lalu, tekstur dari Bahri adalah renyah saat dimakan, dan memiliki cita rasa seperti karamel.

Kurma yang dibudidayakan di Arab Saudi, namun banyak dijual di Iran ini, kaya akan kandungan Vitamin B, kalium, serta zat besi. Jika Anda ingin membeli kurma yang bisanya selalu dijual lengkap dengan tangkainya ini, maka Anda harus merogoh kocek sebesar Rp193.673 per kg.

Baca Juga:  4 Persiapan Puasa Yang Penting Dilakukan Saat Masa Corona

2.    Kurma Medjool

Kurma Medjool
Kurma Medjool.

Dikalangan pecinta kurma, tentunya Medjool bukan lagi jenis kurma yang asing. Ura yang satu ini juga memiliki julukan sebagai ratu kurma, hal ini dikarenakan cita rasanya yang sangat manis, dan ukurannya yang cukup besar. Medjool memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang cukup tinggi, sehingga dalam satu porsi konsumsi Medjool, Anda dipastikan sudah mampu memenuhi 20 persen kebutuhan serat makan harian. Harga jual Medjool per kg biasanya mencapai Rp271.092.

Baca juga: 5 Gorengan Korea Yang Miliki Citarasa Nikmat

3.    Kurma Sukkari

Kurma Sukkari
Kurma Sukkari.

Jenis kurma termahal yang ke tiga adalah Sukkari. Kurma ini memiliki asal usul nama dari kata Sukkur, yang mana dalam bahasa arab, kata ini berarti gula. Umumnya Sukkari memiliki bentuk bulat, dan warna kuning agak keemasan. Selain itu, teksturnya yang renyah, dan tentu saja rasannya yang manis, membuat Sukari sangat cocok jika disajikan sebagai menu penutup makan. Bagi Anda yang ingin mencicipi cita rasa kurma Sukkari, maka harus merogoh kocek cukup besar, yakni sekitar Rp309.820 per kg.

4.    Kurma Ajwa

Kurma Ajwa
Kurma Ajwa.

Jika Anda menanyakan, manakah jenis kurma terbaik dari banyaknya varietas kurma yang ada, maka jawabannya adalah Ajwa. Kurma ini memiliki tekstur yang sangat lembut, dan legit apabila dinikmati. Warnanya juga sangat khas, yakni cokelat kehitaman.

Baca juga: 3 Ragam Olahan Buah Kurma Untuk Sahur Dan Buka Puasa

Bukan hanya memiliki cita rasa lezat, namun jenis kurma termahal satu ini juga mampu memberikan efek menyehatkan untuk beberapa organ tubuh seperti, gigi, tulang, dan jantung. Selain itu, Kurma Ajwa juga mampu membantu meningkatkan imunitas tubuh. Harga yang dibandrol untuk satu kg kurma Ajwa adalah sebesar Rp387.275,.

Baca Juga:  Tiga Perbedaan Kurma Basah dan Kurma Kering Serta Manfaatnya
Kurma Amber

5.    Kurma Amber

Meskipun kurma Amber memiliki tekstur yang jika dilihat sekilas mirip dengan kurma Ajwa, namun Amber memiliki perbedaan dalam hal bentuk yang lebih lonjong, serta warna kulit yang sedikit lebih terang jika dibandingkan dengan Ajwa. Kandungan yang dimiliki oleh kurma Amber adalah, protein, serat baik, dan mineral. Jenis kurma termahal di dunia ini, memiliki harga yang sangat tinggi, yakni sebesar Rp387.275 per kilogram.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top