You are here
Home > Bisnis >

5 Tips Belanja Aman Jelang Lebaran, Agar Tidak Kalap

Bagikan

Menjalang waktu lebaran seperti saat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa berbagai toko, juga berbagai brand, akan beramai-ramai memberikan diskon untuk produk-produk mereka, guna menarik perhatian para pembeli. Nah, Anda membutuhkan tips belanja aman, agar nantinya tidak kalap saat melihat berbagai diskon yang menggoda tersebut.

Banyak sekali orang tidak bisa mengendalikan diri ketika melihat papan diskon, terlebih saat harga diskon tersebut diberikan untuk barang-barang yang memang sudah lama menjadi incaran, Namun, harus diketahui bahwa mengincar barang impian juga harus disertai perhitungan. Takutnya, setelah asyik berbelanja, uang tabungan Anda yang seharusnya digunakan untuk hal lain malah justru terpakai untuk berbelanjan yang tidak seharusnya.

Baca juga: Cara Mengelola Keuangan Bisnis Untuk UKM

Agar Anda tidak kalap, berikut ini telah kami siapkan tips berbelanja aman untuk Anda, tips ini bisa digunakan pedoman sebelum berburu baju lebaran atau keperluan lebaran lainnya.

Tentukan Anggaran

Tentukan anggaran belanja
Tentukan anggaran belanja.

Cara pertama untuk bisa menentukan anggaran berbelanja adalah, membuat sebuah sekala prioritas. Skala ini berisi tentang daftar-daftar kebutuhan dan keinginan. Tentu saja, agar tidak kalap saat berbelanja, Anda harus lebih dulu membuat daftar kebutuhan.

Jika semua kebutuhan tersebut telah terbeli dengan anggaran yang ada, namun ternyata masih ada sisa, barulah Anda boleh membeli hal-hal yang menjadi keinginan. Dari skala prioritas yang ada, akan lebih mudah mengetahui berapa anggaran yang dibutuhkan untuk berbelanja.

Pilih Berbelanja Online

Belanja online
Aman dengan belanja online.

Tips berbelanja aman yang berikutnya adalah memilih belanja online. Bisanya, jika dibandingkan dengan berbelanja secara offline, belanja online menawarkan lebih banyak keuntungan. Salah satunya adalah, banyaknya diskon yang ada.

Baca juga: 5 Anggaran Yang Harus Kamu Siapkan Selama Ramadan

Baca Juga:  5 Tradisi Unik Menyambut Lebaran yang Hanya Ada di Indonesia

Selain itu, dengan berbelanja online, Anda bisa lebih mudah melihat dan membandingkan diskon satu dengan yang lainnya. Dengan cara perbandingan ini, akan didapatkan harga yang lebih murah. Jadi, Anda bisa lebih hemat.

Cek Promo Alat Pembayaran

Cek promo pembayaran
Cek promo alat pembayaran.

Sebelum melakukan pembayaran, lihat baik-baka apakah akan ada potongan harga apabila Anda melakukan pembayaran dengan metode tertentu? Hal ini kerap menjadi tips berbelanja aman pilihan banyak orang.

Jadi, Anda harus cermat, apakah jika membayar dengan cash Anda akan mendapatkan potongan harga? Atau jika membayar menggunakan debit akan lebih murah?

Cek Tempat Grosir

Pasar grosir
Mengecek tempat grosir.

Banyak orang mengira bahwa barang-barang bagus hanya ada di mall. Tentu saja nggapan tersebut adalah salah. Karena nyatanya, ada banyak pula lho tempat grosir yang mampu menyediakan berbagai barang bagus dan sangat layak untuk dibeli.

Karena itu, untuk berbelanja kebutuhan lebaran, baiknya Anda terlebih dulu mencoba mampir ke tempat grosir, mana tahu disana ada banyak barang yang memang Anda butuhkan.

Baca juga: Kenapa Pengeluaran Ramadan Lebih Boros?

Di Jakarta sendiri, salah satu tempat grosir yang cukup terkenal adalah pasar Tanah Abang, dan Cipulir. Sedangkan di Bandung, kalian bisa mencoba berbelanja ke Andir, atau Pasar Baru. Jika Anda dari daerah lain, namun ingin menggunakan tips berbelanja aman satu ini, silahkan searching di mesin pencarian, untuk melihat informasi pasar grosir sekitar Anda.

Nah, itulah beberapa tips berbelanja aman ala kami. Ingat, ada banyak kebutuhan setelah lebaran, yang dananya tetap harus dipersiapkan. Karena itu, berbelanjalah dengan bijak dan baik, agar nantinya tidak menyesal. Mungkin salah satu tips di atas bisa coba Anda gunakan untuk melakukan belanja aman dan bijak.

Baca Juga:  Kenapa Pengeluaran Ramadan Lebih Boros?

Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top