You are here
Home > Bisnis >

Tidak Mudik, Inilah 4 Cara Alokasikan Dana THR

Bagikan

Dana THR sudah turun dan Lebaran sudah dekat. Namun, karena saat ini pandemi Covid 19 masih menimpa Indonesia, untuk kedua kalinya pihak pemerintah akhirnya menghimbau pada masyarakat untuk kembali tidak melakukan kegiatan mudik. Hal ini tentu saja merupakan hal yang disesali oleh banyak pihak.

Untuk setiap pekerja, momen Lebaran kadang kala memang menjadi satu hal yang sangat dinanti-nantikan, karena di momen ini mereka bisa mendapatkan bonus THR. Bonus tahunan ini wajar dinantikan, karena jumlahnya juga lumayan besar. Biasanya, minimal jumlah yang didapatkan oleh para pegawai adalah, satu kali gaji mereka.

Baca juga: Cara Cerdas Mengelola Uang THR

Umumnya, orang-orang menggunakan dana THR ini, untuk kepentingan pulang kampung. Tapi, berhubung saat ini kegiatan pulang kampung dilarang, maka uang THR tersebut seharusnya bisa dialokasikan untuk hal-hal yang lebih berguna.

Pada artikel kali ini kali kami akan memberikan beberapa cara alokasikan dana THR yang tidak terpakai, agar lebih bermanfaat. Nah, berikut ini adalah beberapa cara alokasikan dana THR dengan tepat. Yuk langsung simak!

Alokasikan untuk Penambahan Dana Darurat

Alokasikan Untuk Penambahan Dana Darurat
Penambahan Dana Darurat.

Dana darurat meru[akan hal yang sangat penting, dan sudah seharusnya menjadi satu hal yang selalu dipikirkan serta dipersiapkan oleh setiap orang. Hal ini, guna berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu nanti terjadi hal tidak terduga, dan kita diharuskan untuk mencukupi kebutuhan tersebut menggunakan uang.

Baca juga: Cara Mengelola Keuangan Bisnis Untuk UKM

Dana THR yang tidak terpakai bisa Anda gunakan untuk menambah dana darurat tersebut. Salah satu caranya mungkin bisa dengan melakukan investasi jangka pendek, seperti deposito, ataupun reksa dana pasar uang. Kedua investasi ini, terbilang aman dan minim risiko”

Baca Juga:  5 Tradisi Unik Menyambut Lebaran yang Hanya Ada di Indonesia

Gunakan untuk Investasi Jangka Panjang

Dana THR
Investasi Jangka Panjang.

Akan tetapi, apabila Anda memang sudah merasa, bahwa tabungan dana darurat milik Anda telah tercukupi, maka Anda bisa mengalokasikan dana tersebut untuk melakukan investasi jangka panjang. Misalnya, membeli saham, yang akan menghasilkan profit tahunan

Gunakan untuk Kegiatan Beramal

Dana THR
Kegiatan Beramal.

Melakukan investasi untuk akhirat juga merupakan cara alokasikan dana THR yang bijak. Di bulan ramadan seperti saat ini, ada banyak sekali pihak yang membuka saluran donasi untuk orang-orang yang membutuhkan, nah mungkin Anda bisa bergabung dengan salah satu dari mereka, untuk menyalurkan sebagian uang yang Anda miliki.

Gunakan untuk Asuransi Kesehatan

Asuransi dana kesehatan
Asuransi Kesehatan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kesehatan merupakan hal yang harus sangat dijaga oleh siapapun. Nah, cara alokasikan dana kesehatan yang lainnya adalah dengan membeli asuransi kesehatan. Baiknya, jika Anda belum memiliki tanggungan apapun, alias masih single, belilah asuransi kesehatan. Hal ini sebagai bentuk jaga-jaga agar nantinya kalian tidak akan kebingungan saat tiba-tiba harus masuk rumah sakit.

Baca juga: 5 Anggaran Yang Harus Kamu Siapkan Selama Ramadan

Apalagi, di masa pandemi seperti ini, kesehatan harus benar-benar dijaga. Sayangnya kebanyakan orang baru sadar betapa pentingnya asuransi rumah sakit, ketika mereka telah merasakan betapa mahalnya tagihan biaya rumah sakit. Nah, Anda jangan sampai mengalami hal demikian ya.

Ke 4 cara alokasikan dana THR diatas sangat layak untuk Anda coba. Hal ini penting, daripada menggunakan dana THR yang nganggur untuk berfoya-foya, atau membeli hal-hal yang tidak diperlukan. Biasanya, setelah menghabiskan uang untuk hal-hal tidak diperlukan seperti itu, orang-orang akan merasa menyesal, karena ternyata uang mereka harus habis dengan sia-sia.

Nah, Anda tidak boleh melakukan kesalahan seperti mereka ya. Pastikan untuk memilih cara alokasikan dana THR dengan bijak, dan tepat.

Baca Juga:  Suzuki Marine Ciptakan Alat Pengumpul Plastik Mikro Pertama Di Dunia

Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top