SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, April 16, 2024
spot_imgspot_img
HomeBisnis3 Metode Kalender Saku, Cara Menabung Oppa dan Eonni Korea

3 Metode Kalender Saku, Cara Menabung Oppa dan Eonni Korea

MediaGo – Banyak metode yang bisa dilakukan untuk menabung. Ada metode Kakeibo dari Jepang atau metode umum yakni 50-30-20. Nah, ada juga cara lain dari negara para Oppa dan Eonni, Korea yaitu metode Kalender Saku.

Metode Kalender Saku merupakan cara mengatur pengeluaran uang yang dilakukan oleh orang Korea. Cara ini terbilang unik karena diterapkan dengan menggunakan kalender dinding yang dimodifikasi dengan menambahkan saku kecil atau kantung mini pada tiap tanggal di kalender tersebut. Uang kemudian dimasukkan ke dalam saku-saku tersebut.

Baca juga: Belajar 2 Tips Menabung Ala Korea Melalui Drakor

Bagaimana caranya? Ada tiga metode Kalender Saku yang dapat digunakan ketika Anda meniru tradisi menabung ala Oppa dan Eonni Koren ini.

3 Metode Menabung dengan Kalender Saku Ala Korea

3 Metode Menabung dengan Kalender Saku Ala Korea

1. Bagi Alokasi Uang ke Saku Kecil

Alokasikan sejumlah uang untuk pengeluaran selama satu bulan, kemudian uang tersebut dibagi dan disimpan kedalam saku kecil pada kalender yang sudah Anda buat sebagai dana harian. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah menyisihkan 10% hingga 20% pendapatan untuk tabungan.

Baca juga : 5 Tips Menabung Untuk Liburan Bersama Keluarga

2. Wajib Menyisihkan Untuk Tabungan

Anda wajib menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung ke dalam saku kecil sebelum berkegiatan atau beraktifitas keluar rumah.

3. Sesuaikan Uang Tabungan dengan Tanggal Kalender

Sesuaikan Uang Tabungan dengan Tanggal Kalender

Sesuaikan uang yang akan ditabung dengan angka tanggal yang tertera pada kalender atau kelipatannya. Misalnya, jika hari ini tanggal 1, maka jumlah uang yang wajib ditabung adalah sebesar Rp10.000, tanggal 2 menjadi Rp20.000, dan begitu seterusnya. Tabungan juga makin lama akan makin besar.

Baca juga: 4 Tips Mengatur Keuangan Bagi Pasangan Yang Baru Menikah

Cara ini cukup efektif untuk melatih kedisplinan dalam mengelola atau menekan pengeluaran setiap harinya. Semakin banyak yang kita sisihkan maka semakin banyak uang yang dapat kita alokasikan untuk hal-hal penting di masa yang akan datang.

Pastikan Uang Tabungan Bebas dari Gangguan kebutuhan

Terpenting dalam metode Kalender Saku ini dibutuhkan kedisiplinan, tanggung jawab, dan kewajiban untuk bisa menabung setiap hari. Anda harus pintar-pintar mengatur pengeluaran sehingga kantung-kantung pada Kalender Saku terisi penuh.

Baca Juga : Terbitkan Surat Edaran THR 2023, Menaker: THR Wajib Dibayar Penuh dan Tidak Dicicil

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular