SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, July 14, 2024
spot_imgspot_img
HomeTravel5 Tips Menabung Untuk Liburan Bersama Keluarga

5 Tips Menabung Untuk Liburan Bersama Keluarga

Setiap orang memiliki kebutuhan rekreasi dalam dirinya, jadi tidak ada salahnya jika Anda berlibur beberapa waktu melepas lelah. Karena itulah Anda dapat melakukan beberapa tips menabung untuk liburan bersama keluarga, agar nanti liburan yang dikehendaki bisa terwujud. Sebab liburan itu pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit, apalagi untuk sekeluarga.

Dilansir dari CDV, ternyata liburan itu sendiri memberikan dampak yang positif bagi seluruh anggota keluarga, mulai dari kesehatan mental dan bisa menambah pengalaman banyak hal. Agar dana tercukupi, lakukan tips menabung untuk liburan bersama keluarga berikut ini! Cek di sini cara lengkap mempersiapkannya!

5 Tips Menabung Untuk Liburan Bersama Keluarga

Tips Menabung Untuk Liburan Bersama Keluarga

1. Pisahkan Dana Liburan dengan Dana Lainnya

Liburan merupakan kebutuhan tersier, karena itu tips menabung untuk liburan bersama keluarga yang pertama adalah Anda bisa mulai memisahkan dana yang akan digunakan untuk liburan dengan dana kebutuhan sehari-hari lainnya. Anda bisa memisahkan menabung di rekening yang berbeda agar tidak diambil. Jangan sampai tabungannya bersamaan dengan rekening yang biasa digunakan, karena biasanya akan keambil terus. 

Baca Juga: 8 Tips Menabung di Tahun Kelinci Air

2. Lakukan Setoran Rutin

Ini bisa Anda lakukan setiap kali mendapatkan gaji atau penghasilan. Sisihkan budget untuk menabung sebagai dana liburan. Anda bisa melakukan setoran rutin bulanan, mingguan bahkan harian sesuai pendapatan yang Anda peroleh. Yang pasti, dana tersebut haruslah yang tidak akan digunakan untuk kebutuhan harian. 

Tips menabung untuk liburan bersama keluarga ini merupakan suatu komitmen tinggi yang harus dipegang teguh, agar tabungan untuk berlibur tetap utuh dan Anda sekeluarga bisa jalan-jalan liburan nantinya. 

3. Tentukan Tujuan dan Waktu Berlibur

Tentukan Tujuan dan Waktu Berlibur

Ajak seluruh anggota keluarga berdiskusi ingin pergi kemana dan kapan untuk liburan. Apakah akan berlibur di Indonesia atau mau ke luar negeri? Ini sangat penting, agar Anda bisa menentukan budget yang dibutuhkan selama berlibur bersama keluarga. 

Semakin lama Anda berangkat, berarti tiket akan semakin murah dan semakin lama Anda akan menabung. Jadi Anda sudah memiliki pandangan, kira-kira total dana yang dibutuhkan sekeluarga untuk berlibur berapa. 

Baca Juga: Kenali 2 Tipe Traveler Ketika Memilih Hotel, Kamu Tipe yang Mana?

Selain itu, kalau Anda sudah tahu kapan mau pergi juga bisa disesuaikan dengan jadwal kantor orang tua dan sekolah anak. Jadi liburan pun senang tanpa bingung tugas kantor atau sekolah.

4. Buat Rencana Jadwal Liburan Lengkap

Buat Rencana Jadwal Liburan Lengkap

Selain itu, jangan lupa susun jadwal liburan ke mana saja. Karena kalau mengajak keluarga liburan haruslah tempat yang seluruh anggota keluarga sukai. Cek berapa biaya ke tempat rekreasi yang dikehendaki sekaligus biaya makan, transportasi, hotel, dll yang sekiranya harus Anda bayar selama liburan.

Tips menabung untuk liburan bersama keluarga juga bisa dengan membuat rencana perjalanan yang disusun dengan baik, Anda juga bisa estimasi berapa kira-kira biaya yang harus dikeluarkan nanti. 

Baca Juga: 7 Tips Mengelola Keuangan Agar Tetap Stabil di Masa Pandemi

Dengan tips menabung untuk liburan keluarga di atas, Anda dapat membuat anggaran liburan yang cermat. Dan juga akan lebih disiplin dalam mengelola pengeluaran dan mencegah agar tidak boros pada hal yang kurang diperlukan. 

5. Siapkan Diri Untuk Rencana yang Berubah

Rencana memang sudah jauh-jauh hari, namun ternyata ketika akan berangkat terjadi halangan. Bila Anda sudah mempersiapkan hati untuk tidak kecewa, maka liburan bersama keluarga bisa dilakukan secara fleksibel. Yang pasti jangan lupa untuk mendiskusikan pada pasangan dan anggota keluarga lain kalau rencana liburan yang sudah dirancang sedemikian rupa berubah. Ini agar mereka mengerti dan tidak terlalu bersedih dengan liburan yang sedikit berbeda dari yang direncanakan.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Liburan Akhir Tahun Bersama Sekeluarga

Terlihat sangat mudah kan tips menabung untuk liburan bersama keluarga di atas? Jangan lupa lakukan dan komitmen untuk digunakan sebagai dana berlibur ya. Ini harus dilakukan agar liburan seluruh anggota keluarga bisa terwujud!

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular