You are here
Home > Gaya Hidup >

5 Kebiasaan yang Bikin Laptop Cepat Rusak, Apa Saja?

Kebiasaan yang bikin laptop cepat rusak

Tak hanya bagi pekerja kantoran, para pelajar pun juga membutuhkan laptop. Tentu saja penggunaan laptop ini hampir dibutuhkan pada setiap aktivitas yang dilakukan keduanya. Walaupun seringkali dilakukan tanpa sadar, tetapi kebanyakan dari pelajar dan pekerja kantor kerap melakukan kebiasaan yang bikin laptop cepat rusak, lho.

Padahal, menjaga laptop agar tetap awet adalah hal yang wajib dilakukan agar uang tabungan tidak selalu habis akibat harus sering ganti atau servis laptop. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa kebiasaan yang bikin laptop cepat rusak dan sebaiknya kamu hindari agar tetap awet, ya. 

Kebiasaan yang bikin laptop cepat rusak

Berikut ini beberapa kebiasaan yang bikin laptop cepat rusak seperti dilansir dari laman Bobobox

1. Menutup layar dalam keadaan menyala  

kebiasaan yang bikin laptop cepat rusak
Menutup laptop dalam keadaan menyala. (Gambar: http://pixabay.com)

Tanpa disadari kamu pasti sering menutup layar dalam keadaan hidup baik ketika beristirahat saat jam kerja maupun sekolah. Kebiasaan ini juga bisa terjadi saat kamu sedang buru-buru dan tak sempat mematikan laptop dengan benar.

Jika dilakukan hanya sesekali saja mungkin tidak berdampak besar bagi laptop. Namun, apabila sudah dilakukan terus menerus, hal tersebut justru tak baik untuk kesehatan laptop di mana bisa cepat rusak, lho.

Perlu kamu tahu bahwa saat laptop dimatikan, suhu panas akibat pemakaian belum hilang sepenuhnya. Untuk itu, jika kamu menutup layar tanpa jeda, hal tersebut justru menjadi salah satu kebiasaan bikin laptop cepat rusak.

Oleh karena itu, ada baiknya jika selesai pemakaian, ikuti prosedur mematikan laptop yang baik. Setelah melakukan shut down, diamkan beberapa saat agar hawa panasnya sudah benar-benar hilang.

2. Charging laptop saat momen tertentu

kebiasaan yang bikin laptop cepat rusak
Charging laptop. (Gambar: http://pixabay.com)

Charging merupakan hal penting yang dilakukan guna mengisi kembali daya laptop agar bisa tetap digunakan. Namun, ada baiknya kamu harus mengetahui momen yang tepat untuk charge laptopmu, ya.

Baca Juga:  Hadirkan Lini Baru, Razer untuk Dukung Produktivitas Kerja

Pasalnya, ada beberapa momen charging laptop yang justru bakal membuat laptop cepat rusak. Momen tersebut adalah charge laptop saat persentase di atas 30 dan saat benar-benar habis.

Kebiasaan bikin laptop cepat rusak saat masih 30 persen ini membuat kemampuan baterai berkurang. Hal tersebut juga terjadi saat kamu melakukan charging laptop saat daya baterai menunjukkan 0 persen.

Salah satu cara yang direkomendasikan untuk pengisian daya adalah saat indikator baterai berada pada angka 20 persen. Hal tersebut sangat baik untuk mulai kamu aplikasikan pada penggunaan laptop harian.

3. Menaruh benda di atas laptop

Kebiasaan bikin laptop cepat rusak lainnya adalah menaruh benda berat di atas laptop. Kebiasaan ini mungkin jarang dilakukan oleh banyak orang namun tak sedikit yang kerap melakukan hal ini sehari-hari.

Setelah mematikan laptop, jangan sesekali untuk menaruh buku tebal ataupun benda berat lainnya. Hal tersebut justru bakal membuat laptopmu cepat rusak karena laptop tersebut harus menahan beban berat.

Salah satu risiko yang bisa muncul adalah munculnya garis vertikal atau horizontal. Jika sudah seperti ini, kemungkinan besar layar laptop akan rusak secara permanen jika dibiarkan terus menerus.

Untuk itu, hindarilah kebiasaan bikin laptop cepat rusak ini. Dengan menghindari kebiasaan ini, kamu tentu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam jika sewaktu-waktu layar rusak akibat benda berat tersebut.

4. Tidak memasang baterai laptop saat digunakan 

kebiasaan yang bikin laptop cepat rusak
Baterai laptop. (Gambar: http://pixabay.com)

Beberapa orang mungkin pernah melepas baterai laptop dan menggunakan laptop dengan langsung tersambung ke listrik. Ada alasan dibalik keputusan beberapa orang tersebut dalam melakukan hal ini.

Niatan mereka melakukan harus tersebut adalah agar baterai laptop tahan lama. Maksud hati adalah karena baterai laptop jarang digunakan, hal inilah yang membuat baterai laptop akan tahan lebih lama.

Baca Juga:  Cara Memulihkan Chat WA yang Terhapus, Jadi Gini...

Namun, hal tersebut justru menjadi kebiasaan bikin laptop cepat rusak. Tindakan tersebut justru mampu merusak mainboard laptop karena loncatan daya listrik yang tidak teratur. Selain itu, jika mati listrik terjadi di daerah rumahmu, hal tersebut bakal semakin mempercepat rusaknya laptopmu. Jadinya, bukannya bikin awet dan tahan lama laptop malah bikin cepat rusak.

5. Menyambung kabel charge ke laptop sebelum ke listrik

Kebiasaan yang satu ini pasti paling sering tidak disadari oleh sebagian orang. Mana yang harus dilakukan terlebih dahulu? Apakah menyambungkan kabel charge ke laptop atau ke listrik terlebih dahulu.

Nyatanya, hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah menyambungkan kabel charge ke arus listrik. Setelah itu barulah kamu menyambungkan kabel charge tersebut ke laptop.

Saat kamu melakukan sebaliknya, loncatan daya pada colokan masih tidak stabil. Jika terjadi berkali-kali, hal tersebut justru bakal membuat motherboard laptopmu mengalami kerusakan dengan cepat.

Oleh karenanya, usahakanlah untuk menghindari kebiasaan bikin laptop cepat rusak ini. Kamu tentu tak ingin laptop yang menemanimu bekerja cepat rusak akibat kebiasaan buruk yang bisa kamu hindari.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga 3 Laptop Baru Acer yang Ditenagai AMD Ryzen 5000

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top