You are here
Home > Kesehatan >

5 Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan yang Tak Boleh Disepelekan

Bahaya duduk terlalu lama

Umumnya pekerja kantoran akan duduk lama untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Hal itu pun akan menjadi kebiasaan yang dilakukan hampir setiap hari. Tetapi tak banyak yang menyadari bahwa ada beberapa bahaya duduk terlalu lama bagi kesehatan kamu, lho.

Bahaya duduk terlalu lama bagi kesehatan

Setelah berjam-jam duduk menatap layar monitor, kamu pun pulang dengan duduk di kendaraan pribadi ataupun umum. Hal tersebut ditambah dengan duduk selama menonton serial televisi atau film favorit.

Risiko yang timbul adalah otot justru akan lemah karena kurang aktif bergerak. Di samping itu, bahaya duduk terlalu lama pun bisa berakibat fatal jika kamu membiarkan kebiasaan buruk ini dilakukan secara terus menerus. Berikut ini lima bahaya duduk terlalu lama bagi kesehatan yang perlu diwaspadai: 

1. Masalah otot

bahaya duduk terlalu lama
Pegal-pegal. (Gambar: http://Liputan6.com)

Bahaya paling utama yang sering terjadi jika kamu duduk terlalu lama adalah masalah otot. Hal tersebut terjadi karena otot kaki dan bokong terus menerus relaks dan terlatih yang membuat otot akhirnya mengalami pelemahan.

Apabila kondisi seperti ini terus didiamkan begitu saja, justru akan semakin berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja, otot kaki dan bokong bisa mengalami atrofi otot. Kondisi tersebut yang akan membuat rentan mengalami cedera.

Di sisi lain, bahaya duduk terlalu lama pun tak baik untuk otot lain seperti otot punggung, bahu, dan pinggul. Otot-otot tersebut bekerja lebih banyak yang justru menjadi kaku, pegal, dan kaku.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk memastikan kembali postur duduk dengan benar. Di samping itu, ada baiknya untuk mulai mengubah kebiasaan duduk terlalu lama dan diselingi oleh aktif bergerak.

2. Meningkatkan risiko obesitas

Selama bergerak, otot akan melepaskan molekul lipoprotein lipase. Molekul tersebut berfungsi untuk membantu tubuh dalam membakar lemak dan gula agar tidak menumpuk dalam tubuh.

Baca Juga:  Konsultan Kesehatan Indonesia Banten 2021-2025 Resmi Dilantik

Oleh karena itu, bahaya duduk terlalu lama adalah meningkatnya risiko bertambahnya berat badan. Bahkan, worst case yang bisa dialami oleh banyak orang adalah kemungkinan kelebihan berat badan.

Obesitas ini sendiri dipicu tak hanya karena kamu tak bergerak aktif. Pemicu lain yang memungkinkan risiko obesitas ini meningkatkan drastis adalah mengonsumsi makanan tak sehat dan banyak mengandung gula.

Saat duduk terlalu lama dan pola hidup tak sehat ‘bergabung’, lemak pun akan menumpuk dalam tubuh. Lama-lama dibiarkan, hal tersebut justru bakal menyebabkan kegemukan hingga obesitas.

3. Meningkatnya risiko penyakit diabetes dan jantung

bahaya duduk terlalu lama
Masalah jantung. (Gambar: http://thestar.com.my)

Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit jantung dan diabetes adalah dua penyakit mematikan yang wajib dihindari. Tanpa disadari kebiasaan duduk terlalu lama ternyata menjadi salah satu penyebab timbulnya kedua penyakit tersebut. 

Bahaya duduk terlalu lama ini terjadi akibat menurunnya sensitivitas sel tubuh terhadap insulin. Penyerapan gula darah ke dalam sel proses pembentukan gula menjadi energi justru akan terganggu sebagai akibatnya.

Tak hanya itu, duduk terlalu lama pun mampu meningkatkan tekanan darah, gula darah, dan lemak tubuh. Dengan begitu, risiko penyakit mematikan seperti diabetes dan jantung pun akan meningkatkan.

4. Melemahkan kekuatan otak

Bahaya duduk terlalu lama berikutnya adalah melemahnya kekuatan otak. Bahaya ini bisa terjadi karena tubuh yang terbilang pasif karena tak melakukan gerakan aktif selama duduk untuk bekerja.

Walaupun terbilang aktif digunakan, otak nyatanya bisa melemah karena terlalu banyak duduk. Pasalnya, saat bergerak aktif dan melakukan kegiatan, darah dan oksigen akan terus menerus dipompa ke otak.

Hal tersebut yang akhirnya memicu pelepasan zat kimia dalam otak. Nah, dengan melakukan kegiatan aktif, otak justru diasah untuk bekerja efektif yang membuatmu bisa mengerjakan pekerjaan dengan baik.

Baca Juga:  Fakta Viral! Deddy Corbuzier Alami Badai Sitokin setelah Negatif Covid

Namun, fungsi otak akan lebih lambat jika kamu duduk terlalu lama. Penyebabnya adalah tak lain dan tak bukan karena peredaran darah dan oksigen ke otak yang berjalan lebih lambat dibanding biasanya.

5. Rentan varises

bahaya duduk terlalu lama
Timbul varises. (Gambar: http://halodoc.com)

Rentan terhadap varises adalah bahaya duduk terlalu lama lainnya. Walaupun terbilang bukan masalah kesehatan yang berbahaya, bahaya satu ini wajib dihindari karena beberapa alasan. Alasan pertama adalah pembuluh darah yang bengkak dan kentara. Bagi beberapa orang, terlihatnya varises pada bagian kaki khususnya justru dapat menghilangkan kepercayaan diri karena mengganggu penampilan.

Di samping itu, varises sendiri bisa mengganggu aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan. Pasalnya, jika dibiarkan terus-terusan, varises bisa menimbulkan rasa nyeri bagi para penderitanya. Satu masalah serius yang mungkin bisa terjadi jika masalah varises tak diurus adalah pembekuan darah. 

Baca juga: Bisa Picu Penyakit Mematikan, Ini Bahaya Mager yang Harus Diwaspadai

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top